Artikel terbaru

Cara Terampuh Mengatasi Layanan Google Play telah berhenti

Pernah mengalami "Sayangnya, Layanan Google Play telah berhenti" kan? tentu beberapa orang yang memakai android pasti mengalami hal ini, apalagi untuk yang Androidnya tidak memiliki cukup Rom atau Ram di dalamnya.

Hal ini sering terjadi, malah beberapa orang melakukan hal ekstrim untuk mengatasi hal ini yaitu dengan cara Hard reset di androidnya yang menyebabkan semua data akan hilang, dan pastinya HHnya akan kembali ke seperti sedia kala yaitu waktu pertama kali beli.

Hal itu ga salah kok, itu juga salah satu cara untuk mengatasi Layanan Google Play telah terhenti itu, namun menurutku hal itu terlalu ekstrim dilakukan. Nah, disini saya akan share Cara Mengatasi Layanan Google Play telah berhenti tanpa hard reset, ataupun flash atau install ulang dan yang lainnya. Sangat mudah? penasaran? soalnya ini juga sudah saya trial oleh saya sendiri. semua tutor disini sudah saya coba dan trial sendiri dan tidak copas manapun. So pastinya bekerja. Soalnya saya bukan tipe orang yang kasih informasi abal*.

Cara Mengatasi Layanan Google Play telah berhenti

Cara Terampuh Mengatasi Layanan Google Play telah berhenti

Cara pertama atasi Google Play telah berhenti

Cara yang pertama ini tentu sudah banyak yang tau dan sudah sangat sering di share di blog* milik orang. Yaitu dengan cara mematikan secara paksa semua layanan google play, caranya:

  • Pertama pergi ke Pengaturan/setting lalu masuk ke bagian kelola apl, nah untuk yang kelola apl ini ada banyak versinya maksudnya tergantung android kamu. Biasanya cuman tulisannya APL doang, trus ada yang setting apk dan yang lainnya, kalo di saya cuman tulisan APL jadi intinya pergi ke pengaturan dimana ada opsi instalan apk yang ada di hp kamu.
  • Kedua, jika sudah silahkan pergi ke tab menjalankan 

Cara Mengatasi Layanan Google Play telah berhenti
  •  Atau kalo ga ada cari tab yang namanya Proses pokoknya tab itu ada daftar kumpulan aplikasi yang sedang berjalan. lalu klik satu persatu yang ada tulisannya google play, atau yang ada hubungannya sama google. Ingat cuma google play aja jangan file system atau yg lain.

Baca juga: Cara Ubah Bahasa COC ke Indonesia

Cara Memperbaiki Google Play
  •  Nah kalo sudah nanti akan muncul gambar yang serupa seperti diatas, jikas sudah silahkan klik berhenti satu persatu sampai di tab Proses atau Menjalankan tadi hilang semua yang ada hubungannya sama google play.
Baiklah harusnya sampai sini pesan Layanan Google Play tadi sudah hilang dan teratasi. Masih belum hilang juga? Lanjuut deh..

Sayangnya, Layanan Google Play telah berhenti

  •  Kalo cara diatas sudah ga bisa, masih ada cara lain lagi kok tenang aja, cara untuk layanan google play terhenti pada android yaitu silahkan cari tab semua atau silahkan cari apl google play di setting apk. lalu silahkan paksa berhenti, hapus data dan hapus cache seperti gambar diatas.
Jika sudah sini, layanan google play akan sementara tidak muncul namun masih akan muncul lagi. nah, cara berikutnya yang akan jadi poin utama untuk artikel Cara Terampuh Mengatasi Layanan Google Play telah berhenti ini karena intinya ini yang mau saya sampaikan dan sudah saya coba di android temen saya.

Baca juga: Misteri GTA San Andreas


Cara Memperbaiki Google Play

Cara kedua Atasi Google play terhenti

Yaitu dengan cara downgrade playstore kamu, kenapa perlu kamu downgrade? soalnya alasan kenapa google play bisa terhenti adalah karena tidak adanya cukup ruang baik di ram ataupun Rom di android kamu. Biasanya ini terjadi untuk Google Play versi terbaru yang ukurannya sangat* gede. mengingat kalo android kamu hanya punya ram sekitar 256 atau cuman 500mb.

Nah apa kekurangan cara ini ?

Kekurangannya cuman 1, yaitu jika kamu pakai aplikasi yang perlu google play untuk menyimpangame seperti COC otomatis kamu harus upgrade google play dan akan mengalami hal yang sama lgi yaitu layanan akan berhenti terus.

jadi solusinya?

Tentu dengan uninstall aplikasi lain yang ukurannya cukup besar jika kamu tidak ingin downgrade googleplay kamu..Kayak game* yang tidak perlu, apalagi jika hp kamu minim rom dan ram, baca disana soal pengertian rom dan ram. Intinya kenapa hal itu bisa terjadi adalah karena aplikasi google tidak bisa write di hp kamu karena tidak adanya ruang yang cukup. ini juga berlaku untuk sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti. 

Cara yang lain jika aplikasi google kamu sudah versi sangat lawas adalah dengan upgrade ke versi sedikit diatasnya.

Cara lain:

Pertama, pastikan dulu kalo HP Android kamu sudah tidak memiliki banyak Aplikasi dengan ukuran besar! Karena jalan satu*nya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara memberi sedikit memori bebas pada ROM hp kita.

Jangan Install aplikasi yang ga penting

Aplikasi apa aja yang ga penting?? yang kurang penting itu seperti Go Keyboard, Go Launcher atau Launcher sejenis. Kalo hpnya aja romnya sedikit jadi jangan memakai aplikasi kayak itu, soalnya sama aja menuh*in rom. Solusinya yaa copot pemasangan alias hapus aplikasi tersebut.

Downgrade Aplikasi selain playstore

Ga cuma playstore aja kok yang bisa di downgrade, melainkan aplikasi yang lainnya seperti BBM. Seperti yang sudah saya bilang diatas kalo cara atasi hal ini adalah dengan "memberi sedikit memori bebas pada ROM hp kita". Jadi, kamu tau ga sih kalo ada aplikasi yang kurang penting menjadi aplikasi system di hp kita? Misal kayak BBM, Instagram, Line, atau Whatsapp yang ga bisa dihapus.

Nah, jika hp kamu punya aplikasi semacam itu tapi ga bisa dihapus maka kamu tinggal downgrade aja aplikasinya. Soalnya downgrade ini merupakan salah satu cara untuk mengakali aplikasi yang ga bisa dihapus. Sudah paham kan? jadi cuman itu aja dan cara ini sangat bekerja dan telah saya uji coba. Semoga beruntung!

Post Comment

28 comments

Click here for comments
11 October, 2016 20:30 ×

Aq dah coba. Tapi gagal tolong bantuin... Bingung ni. Hp aq Xiaomi mi 4. Aq dah ikutin smua tp ga bisa. Tapi kalo downgrade blom. Cz ga tw caranya. Tolongin yah. Butuh bimbingan. Sangat terganggu dgn playstore yg traktir sndiri. Ga bisa download

Balas
avatar
admin
11 October, 2016 20:33 ×

Aq dah coba. Tapi gagal tolong bantuin... Bingung ni. Hp aq Xiaomi mi 4. Aq dah ikutin smua tp ga bisa. Tapi kalo downgrade blom. Cz ga tw caranya. Tolongin yah. Butuh bimbingan. Sangat terganggu dgn playstore yg traktir sndiri. Ga bisa download

Balas
avatar
admin
11 October, 2016 21:16 ×

Udah di root? Aplikasinya ada berapa? coba uninstall yg ga perlu? kalo pengen downgrade silahkan cari playstore versi yang ukurannya kecil. Caranya pergi ke google pakai kata kunci "apkpure playstore" download ps di link yg ada di apkpure.com, trus install seperti biasa.

Balas
avatar
admin
12 October, 2016 09:42 ×

Min pnyaku awalny d root, trus ada bbrpa system apl+apl google service yg khpus yg mnybabkn google service brhnti. Gmna cara blikin system apl yg khpus sy gtau system apl aj yg khpus

Balas
avatar
admin
12 October, 2016 15:38 ×

Kok bisa? Harusnya kalo apl system pas ngehapus pasti ada notif terlebih dahulu walau itu kondisi di Root..

Buat balikin yaa? ada beberapa cara:

1. Download ulang aja apl yg kehapus lalu install kayak biasanya, selama hp situ masih belum bootloop ya gpp! Kalo cuman aplikasi googleplay sih ga seberapa pengaruh, paling pengaruhnya kita ga bisa buka playstore aja sih.

Kalo situ ga tau aplikasi apa aja yg hilang coba di identifikasi sendiri? Misal: kayak aplikasi musik, tiap buka lagu ga bisa jadi coba download musik playernya sendiri.

Kalo APL system yg kehapus, terutama APL yg penting android situ pasti bootloop, kalo ga bootlop brarti aplnya ga sbrapa penting/mempengaruhi kinerjanya.

Klo kasusnya kayak gitu coba download ulang playstorenya dan install kayak biasanya??

2. Di flash, cz soalnya kalo kita factory reset apl yg kehapus terutama apl system ga bakal bisa balik lagi jadi cara buat balikin bisa dengan di flash memakai stock ROM yg sama persis.



Tapi kalo ngeflash ini cara terakhir, jadi jangan di flash dulu.

Balas
avatar
admin
09 November, 2016 01:08 ×

nanya dong masta . masalah dan kendala sama pisan dgn penjelasan di atas . bahkan sudah sampai factory reset alhasil tetep zonk .kendala muncul saat update layanan google play . tpi klo layanan nya di downgrade aman dan ga ada muncul notif" layanan google llay tlh brhenti . nah maslahnya karna hal itu jdi tdk bsa maen coc atau pun smua hal yg berhubungan atau membutuhkan layanan google play . apa ada solusi pasti dan akuratnya buat atasi masalah ini?

Balas
avatar
admin
09 November, 2016 02:20 ×

upgrade lagi Googleplaynya, trus kalo udah COpot pemasangan aplikasi yg ukurannya besar,,,

Pernah ga install aplikasi yg APKnya punya ukuran 100mb atau 50mb'an gitu?? Nah copot 1 atau 2 aplikasi kayak gitu..

Balas
avatar
admin
14 November, 2016 11:16 ×

min ane udh ngikutin semua cara ,tetap aj layanan google berhenti muncul terus,bahkan udh hard reset masih juga min,tolong solusinya..?

Balas
avatar
admin
14 November, 2016 11:48 ×

Masa? berarti kalo udah di hard reset hasilnya tetep sama yaa tinggal downgrade Playstore...

Udah dicoba?

Balas
avatar
admin
16 November, 2016 10:14 ×

udh min,sepertinya msalah saya sama kyak comment bhagus yg di atas min,stelah dowgrade aman, tpi setelah diupgrade tuh google play,malah muncul lgi min, ada solusinya min ..?

Balas
avatar
admin
16 November, 2016 15:12 ×

Ini: "Pernah ga install aplikasi yg APKnya punya ukuran 100mb atau 50mb'an gitu?? Nah copot 1 atau 2 aplikasi kayak gitu.."

Kalo agan ga pernah maen game online yg perlu playstore mending biarin aja gan, kalo perlu yaa solusi satu*nya cuman hapus aplikasi yang ga penting yg punya ukuran besar.

Balas
avatar
admin
17 November, 2016 09:59 ×

tpi gan udh hard reset otomatis file yg ukuran besar engga ada lgi,tpi masi aj muncul nih layanan,gmna solusinya?

Balas
avatar
admin
17 November, 2016 11:30 ×

Udh di root? Itu pake HP apa yaa??

Jalan satu*nya yaa downgrade playstore gan...

Coba baca ini gan http://www.otodidaxx.com/2016/11/perbedaan-ram-dan-rom.html

Intinya sih yaa, ROM hp agan habis.. So, kalo di Root kan ntar bisa liat sisa free memorynya brp...

Kalo ane bisa tau jumlah rom di dalemnya ntar ane bisa kasih saran. Oh ya, yang bisa di downgrade bukan cuman playstore aja kok gan. Misal: BBM,

Balas
avatar
admin
24 November, 2016 10:06 ×

Kasusnya sama sprt pny sy advan S5J+ plus
dah hardreset, flashing, free ram dah 1 GB lbh, mslhnya tiap upgrade google play service tetap muncul terhenti
klw tetap versi downgrade, bxk aplikasi tdk ke buka utamanya gmail

Balas
avatar
admin
24 November, 2016 10:54 ×

Yg jadi masalah bukan free ram gan tp ROM.. Coba deh agan install CPU Z, dan cek di TAB System, lalu lihat di bagian Available Storage, itu berapa persen??

Itu total Rom yg tersisa gan..

Balas
avatar
admin
08 December, 2016 20:48 ×

Nah gan ngosongin si rom tersebut gimana gan? Minimal di senggangin gitu, kan udah di hard reset juga tapi tetep gitu saya baca di artikel satu lagi kalo udah di hard reset ada beberapa yang masih nempel di rom nya, nah senggangin nya gimana tu gan? Mohon pencerahan nya

Balas
avatar
admin
08 December, 2016 21:35 ×

Susah juga gan, mungkin bisa coba ganti rom. cz ane sih ga pernah coba yg itu, coba cari yg ringan..

Saran ane yaa coba di root dulu utk cara kosonginnya caranya beda tergantung tiap hp, abis di root kan kita bisa bebas buat lihat* isi daleman hp kita dan coba cari tau sendiri kiranya mana aja file sampah di hp kita. kalo cuman hard reset cuman ngilangin aplikasi yg kita install sendiri. Aplikasi bawaan ga bakalan hilang.

Saran saya, coba sering* hapus data aplikasi bawaan semisal BBM, di saya aplikasi bbm makan rom 100mb'an lebih lhoo.

Terus jgn kebanyakan install game online, yg saya tau game kek seven knight. Ini makan rom abis 200mb'an.

Intinya sih hard reset kadang ga nyelesai'in masalah soalnya dia cuman ngehapus file di folder* trtentu. Yg agak membantu itu yaa flash ulang tapi kalo flash ulang ga nyelesaiin masalah yaa

Yg terakhir! Beli HP lagi :wakakak

Soalnya kita ga bisa maksain kapasitas rom hp kita,,

Balas
avatar
admin
18 December, 2016 06:44 ×

Saya sdh coba Bos, sampai Hard reset sdh tapi tetap aja muncul setip mau masukan akun google, hp saya c3 ramai 1 bos, mohon selusin,thanks

Balas
avatar
admin
26 January, 2017 21:12 ×

mas, saya awalnya unfortunately google play has stopped terus sekarang malah jadi bootloop handphonenya. kok bisa ya???

Balas
avatar
admin
26 January, 2017 23:13 ×

Mengheningkan cipta mulai :run

Emang diapain aja kok bisa bootlop? Harusnya yaa bootlop terjadi krn ada file system yg kehapus ataupun fungsinya terganggu. Kok bisa? utk hal ini jawaban pastinya saya kurang tau tp kemungkinan kalo "unfortunately google play has stopped" itu trjadi karena ROM habis, krn biasanya aplikasi jalan juga makan rom. Aplikasi biasanya bikin Semacam temporary files gitu.

Nah berhubung rom tggl dikit, kan aplikasi ga bisa bikin file temporary. Jadi pas dihidupin lg hpnya harusnya awalnya bisa bikin file temporary tp malah ga bisa so makanya bootlop..

Balas
avatar
admin
14 February, 2017 06:20 ×

terima kasih, mantap sekali metodenya...

Balas
avatar
admin
18 March, 2017 00:12 ×

Ini saya udh lakuin semua cara tapi google play, google+, layanan google play, hangouts semua terhenti gitu notifikasinya ngespam, gmn ya susah bgt balikinnya

Balas
avatar
admin
18 March, 2017 00:13 ×

dan udh sampai saya reset pun tetap error

Balas
avatar
admin
25 March, 2017 16:20 ×

Min,ga bisa juga playstore saya, asal mau download ad keterangan playstore terhenti dan keluar sendiri. Kalau buka playstore j bisa tp kalau mau download ga bisa. Play store saya macm nie waktu saya root min. Sebelum saya root baik saja min. Tolong pencegahannya.

Balas
avatar
admin
25 March, 2017 16:39 ×

Apa aja emang?? kalo emang dirasa ngeganggu dan aplikasi yg di install tidak banyak ataupun memori rom banyak yg bebas bisa di freeze aja. Atau dibekukan! Pake aplikasi apa?/ terserah, bisa lucky patcher, bisa juga greenfiy?!

Balas
avatar
admin
25 March, 2017 16:46 ×

Kalo saya sih ga bisa kasih pencegahan, tapi cuman kasih saran saja :D

Menurut saya, entah itu abis di root ataupun belum, tidak berpengaruh pada aplikasi playstorenya. Entah yaa, itu cuman pemahaman saya aja. Bisa juga kayak gitu tapi karena faktor lain...

Saran saya, coba cek deh total rom yang bebas ada berapa?? mungkin aja romnya tinggal dikit. kayak kalo punya bbm jangan lupa seminggu sekali cachenya dihapus krn bbm ini biasanya yg makan rom.. Tapi kalo dilihat dai masalahnya mending jgn download lewat playstore tapi lewat apkpure aja ataupun tmpat download yg lain.. =D

kenapa? karena playstore itu PASTI punya batasan minimum ga bisa install. Mungkin sekitar 10% gitu?? biasanya kalo rom kita sisa tinggal segitu nanti akan ada pemberitahuan "Aplikasi penuh" atau apa gitu, lupa. krn saya sendiri ga pernah download lewat playstore :yareyare

Balas
avatar
admin
18 June, 2017 10:59 ×

Gan kenapa cara yg diatas gak berhasil gan padahal sudah saya paksa berhenti.bukan cuma layanan google play nya aja tpi semuanya juga terhenti gan .hp saya lenovo.mohon balasan nya secepatnya gan

Balas
avatar
admin
24 June, 2017 01:07 ×

Biasanya kan ada tulisan "Copot Pembaruan" Nah, coba di hapus aja pembaruan playstorenya. Soalnya makin lama ukuran aplikasi playstore makin besar.

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment