Artikel terbaru

Apa Sih Perbedaan RAM dan ROM?

Kamu mungkin bingung dengan Perbedaan Ram dan Rom, karena keduanya serupa tapi tak sama. Nah, di dalam dunia IT kita pasti tidak asing lagi dengan yang namanya RAM ataupun ROM, soalnya tanpa kedua hal tersebut bisa dipastikan sebuah sistem operasi tidak mungkin bisa dijalankan. Maksudnya kalo ga ada ram atau rom pc kamu ga bakalan bisa hidup!!

Kenapa bisa begitu? makanya, simak aja terus penjesalan mengenai beda ram dan rom, soalnya saya akan memberi penjelasan mengenai hal itu supaya kamu tidak salah lagi dalam membedakannya. Dan disini saya ga akan memakai bahasa yang sulit untuk dipahami, karena saya akan berusaha menggunakan bahasa yang lebih umum.

Perbedaan RAM dan ROM

Sebelum saya memulai memberi penjelasan, disini saya akan sedikit membahas mengenai pengertian ram dan rom. Pengertian RAM, ram merupakan singkatan dari Random Access memori. Kalo Pengertian ROM, itu singkatan dari Read Only Memory. Buat orang awam pasti bingung dong mendengar penjelasan seperti itu, padahal faktanya untuk memahami apa itu ram dan rom itu sangat mudah sekali.

Baik ram ataupun rom, ini selalu ada pada pc, laptop atau mac, juga termasuk di semua tipe HP, entah itu yang berbasis java, Symbian, iOS ataupun Android. Untuk lebih mudahnya saya akan mengambil contoh penjelasan menggunakan hp android aja. karena semua orang sekarang pasti sudah memiliki yang namanya smartphone ini.

Pengertian Rom

Perbedaan rom dan ram
Supaya kamu ngerti soal pengertian ROM, ada baiknya coba kamu amati gambar diatas, terutama yang ditunjuk oleh arah panah. Nah, yang ditunjuk arah panah itulah yang dinamakan rom dan yang perlu kamu perhatikan adalah tulisan ini: 2,84GB used, 119,22MB free. Saya coba jelaskan satu persatu:
  • 2,84GB used = Ini maksudnya jumlah total ROM yang terpakai dan
  • 119,22MB free = Ini maksudnya jumlah total rom yang belum terpakai
Jadi, hp saya ini punya rom berukuran 3gb dan yang bebas cuman 119mb. Biasanya kalo kamu beli hp baru dengan ukuran rom yang sama seperti itu kebanyakan ukuran yang bebas enggak 3gb, karena 3gb tersebut cuman total jumlah rom di hp kamu. Sisanya sudah terpakai untuk aplikasi sistem. Kenapa kok bisa begitu? karena rom ini fungsinya untuk meletakkan sejumlah aplikasi sistem yang diperlukan.

Dan Ukuran Rom ini ga bisa kamu lihat dengan menggunakan file manager biasa soalnya rom ini letakknya di dalem hp kamu. Kalo kamu pengen lihat total romnya kamu wajib menggunakan aplikasi semacam Root Explorer. Fungsinya apa kok ga bisa terlihat? Yaa supaya kamu sebagai pengguna ga bisa mengakses rom tersebut karena, kalo kamu asal dan tiba* menghapus salah satu file/folder penting disana otomatis hp android kamu ga bakalan bisa berfungsi.

So, kalau sudah begitu cara satunya cuman flash ulang. Ini gambaran lain lagi dari ROM.

apa itu rom

Fungsi Rom

Seperti gambar yang kamu lihat diatas, kalo fungsi rom sendiri itu untuk meletakkan berkas file yang diperlukan. Terutama untuk hp android, saat kamu instal sebuah file di android. File APK yang kamu install tersebut bakal dipindahkan ke dalam folder system. Yang dinamakan rom, makanya kenapa kalo rom kamu habis kamu bakalan mengalami error seperti Ruang Penyimpanan telah habis ataupun Googleplay telah berhenti.

So, simplenya fungsi rom itu cuman untuk menaruh berkas aplikasi yang kita install. Sama halnya kayak Program Files yang ada di komputer. Lebih jauh lagi, sebenernya ada 2 tipe lokasi penyimpanan rom. Yang pertama, lokasi yang bakalan hilang saat hp di hard reset dan yang kedua lokasi yang file ga bakalan hilang walau di hard reset puluhan kali.

Pengertian Ram dan Fungsinya

pengertian ram
Sudah paham kan soal rom? nah kalo sekarang ini soal RAM. Mana sih yang dinamakan RAM itu? Coba lihat gambar diatas dan gambar dibawah ini.

beda ram

apa itu ram
Itulah yang dinamakan ram, dan jangan lupa perhatikan warna ijo yang paling bawah sendiri.. memori bebasnya naik turun bukan?

Fungsi Ram

beda ram dan rom
Fungsi Ram itu gunanya untuk menjalankan sebuah aplikasi. Jadi tiap kali kamu membuka sebuah aplikasi atau menjalankannya. tiap aplikasi tersebut membutuhkan sebuah ram supaya bisa berjalan dengan normal. makanya kenapa sebuah game bisa ngeLag? karena aplikasi tersebut membutuhkan jumlah ram yang cukup banyak dan hp kamu tidak memiliki banyak ruang makanya bisa ngelag.

Sederhananya ram kamu itu penuh karena saking banyaknya proses berjalan di hp kamu, makanya kenapa ram itu bisa dibersihkan dengan cara mematikan aplikasi yang sedang berjalan seperti yang ditunjuk oleh arah panah diatas.

Kesimpulan

ROM: Itu menentukan sebarapa banyak aplikasi yang bisa kamu install, seperti BBM, Instagram, Line ataupun Whatsapp. hal tersebut memerlukan ROM dan untuk bisa menjalankannya kamu perlu ram.

RAM: Itu menentukan seberapa banyak aplikasi yang bisa kamu buka atau jalankan dalam satu waktu. Hal ini biasanya menentukan apakah hp kamu bisa berjalan normal saat melakukan multitasking.

Gampangnya, Flashdisk, Harddisk, Disket, CD rom, Dvd rom, dan memori card (mmc) yang kalo di android dinamakan memori eksternal yang bisa di lepas. Semua yang saya sebutkan tadi itu semua namanya ROM. Kalo ram, ini ada bentuk fisiknya dan cuman di laptop atau komputer aja RAM bisa diganti, kalo di dalam sistem lain seperti di hp android, hp nokia, hp samsung, hp sony erricson, RAM ga bisa diganti karena ram sudah tertanam di dalam sistem mereka.

Gimana? sudah paham kan soal pengertian ram dan rom? Baik ram maupun rom, keduanya itu sangat penting dan dibutuhkan supaya sebuah sistem berjalan dengan normal. makin banyak rom dan ram maka semakin bagus.

Post Comment

Thanks for your comment