Artikel terbaru

Trik Cara Setting PPSSPP Gold di Android Agar Smooth dan Lancar

Siapa yang ga suka maen game ppsspp? Nah, karena adanya android yang serbaguna kini kita bisa memainkan game apa aja dalam 1 HP. Salah satunya adalah game psp, yang kita butuhkan untuk bisa memainkan game psp ini hanyalah emulator itu sendiri yang bernama PPSSPP. Tak cuman game psp aja lhoo, kita juga bisa memainkan game ps1, NDS, GBA, NES, JAR bahkan game ps2 juga. Tentunya memakai emulator masing-masing yang support game tersebut.

Untuk ps2 sendiri namnya pcsx namun hanya tersedia untuk versi pc, untuk pcsx versi android masih belum ada. Mungkin karena saking beratnya kali yaa? soalnya ukuran file ISO game ps2 lebih besar dari psp itu sendiri. Malah ada yang sampai 5gb?? Wow. Yaa, balik lagi ke topik bahasa kita tentang cara setting ppsspp di android, karena android ini hanyalah emulator tentunya memainkan game psp tidaklah selalu mulus.

Bahkan kita sering mengalami LAG atau tidak lancarnya dalam memainkan game ppspp ini. Disini saya akan share bagaimana Cara Setting PPSSPP Gold di Android Agar Lancar dan Smooth supaya tidak ada lagi yang namanya lagging saat bermain game.

Cara Setting PPSSPP Gold di Android

Cara Setting PPSSPP Gold di Android

Disini saya hanya akan menjelaskan bagaimana settingan pada umumnya beserta fungsi-fungsinya dan saya tidak akan menjelaskan kalian harus memakai patokan settingan ini pada game kalian soalnya tiap game itu beda-beda dan tiap device android itu juga beda pula kapasitasnya. jadi settingan yang saya gunakan belum tentu bisa diguanakan di HP yang lain. Lalu bagaimana Cara Setting PPSSPP Gold di Android yang benar?

Trik Cara Setting PPSSPP Gold di Android Agar Smooth dan Lancar
Yang utama adalah yang ini yaitu pada bagian 'Mode' biasanya saya gunakan mode 'Non Buffered Rendering' ini artinya saat kamu main game, gamenya tidak perlu di kompres lagi. Bingung? Gini, misal hp kamu punya resolusi 1080p trus kamu set game ke Non Buffered Rendering  maka game tadi akan tetep ngeplay di resolusi tersebut.

Jadi gimana dong cara setting ppsspp di ram 512 supaya lancar? Yaa tentu aja kamu setting ke yang Buffered rendering. So, hal ini berguna buat hp kamu yang layarnya kecil dan punya ram 512 yang fungsinya untuk sedikit menurunkan kualitas dari gamenya. Oh ya tapi sebelumnya kamu coba dulu pake yang Non Buffered rendering. Kalo gamenya lemot silahkan coba buffered rendering dan next step soalnya ini masih ada lanjutannya.

setting ppspp gold tidak lag

Frameskipping matikan aja, ini fungsinya untuk membuat pergerakan gamenya agak lebih cepat. Jadi kalo misal game yang kamu mainkan lemot maka coba pakai frameskipping.
Prevent FPS from exceeding 60: Nah, untuk yang ini saya nonaktifkan karena hanya akan membatasi FPS (frame per second) tidak boleh melebihi 60, yaa ini bagus untuk membuat game lancar tapi tergantung dari tiap-tiap gamenya. Kalo di naruto ini saya matikan akrena bikin game patah-patah.
Alternative speed: Nah, ini juga sama, saya set unlimited. Kalo pake Speedup lemot maka coba set di bagian ini.

Baca juga: Kumpulan Gambar Base COC keren

Postprocessing shader: ini lanjutan dari yang atas, kalo kamu pake buffered rendering kamu coba gonta-ganti bagian ini. Fungsinya sama kayak efek di instagram. Yaas sederhananya gitu. Ada yang bikin efek kayak layar TV lawas atau CRT, ada yang inverse/mode hitam putih kayak film foto. Kalo ini berfungsi buat game yang settingannya gitu.

Stretch to display dan Small display: Ini sebenernya ga terlalu pengaruh sama lancar tidaknya game psp yang kita mainkan soalnya ini hanya membuat ukuran layar game lebih kecil atau lebih besar.

Immersive Mode: Ini membuat gambar jadi lebih 3D. Hmm, gimana yaa bilangnya. Pokoknya nonaktifin aja yang ini jika android kamu punya ram 512mb atau lebih kecil.

cara setting ppspp agar tidak lag

Rendering Resolution: Ini bisa aktif asal kamu pake mode buffered rendering
Mipmaping: Aktifkan aja, soalnya fungsinya kalo kamu nonaktifin ini gamenya akan punya detail yang lebih bagus jadi jika ini diaktifin fungsinya untuk meredam tampilan texture/detail. Buat yang punya spek bagus ini wajib di nonaktifin tentu nanti akan berakibat game tambah lag.

Hardware transform: akan membuat game lebih cepat tergantung GPU jika diaktfikan.
Vertex cache: Matikan kalo kamu lihat texture/glitch aneh. Cuman buat boost performance aja
Lazy texture, retain changed, Low Quality: kalo di saya ini tidak saya centang, nah kalo kamu uncentang aja. pas maen lemot? nah baru ini di centang. Ini fungsinya buat maksimalin aja buat yang punya spek rendah.

Upscale Level: Fungsinya untuk ningkatin texture gamenya.
Upscale Type: Ini tipe jenis texturenya yang jelas kalo HH kamu punya spek bagus ini aktifin dan silahkan pilih. Kalo ngelag maka nonaktifin aja.

cara setting ppsspp agar lancar


cara setting ppsspp di ram 512 mb


Sisanya settingan ppsspp diatas ga seberapa pengaruh sama smooth ga nya sebuah game jadi nonaktifin aja.

Baca juga: Cara Hack Wifi di Android

Hack setting
Kebanyakan game ga support sama yang ini jadi hati*.
Disable Alpha Test Meningkatkan performa buat yang pake chipset powerVR

Disable alpha test saat saya aktifkan

cara setting ppsspp di android ram 512 mb

Disable alpha test saat saya non aktifkan (matikan)

Cara setting game ppsspp agar lancar

 Jelasn banget kan perbedaannya?

Disable Stencil Test [Sudah jelas ini fungsinya apa]
Force Depth write [Sudah jelas ini fungsinya apa]

Nah, yang gambar ini saat force depth write saya aktifkan, coba bandingkan sama gambar diatas? Lebih detail yang ini kan? soalnya gambar background terlihat sedangkan yang diatas tidak.

setting ppsspp work lancar no lag


Texture Coord Speedhack [Sudah jelas ini fungsinya apa]
Enable Alpha Mask: Kalo yang ini akan ngaruh khusus buat game 3rd Birthday

Lanjut tips setting ppsspp gold ini

Kita masuk ke bagian system, nah disini saya jelaskan fungsi utamanya aja. Kalo game kamu tidak lancar atau lemot setting di bagian ini.

Multithreaded: Ini bisa ningkatin performa game tapi ini masih tidak stabil dan bisa bikin aplikasi crash. Soalnya bisa ngebuat multi tasking di waktu yang bersama'an.
CPU Clock: Ini nih yang penting, biasanya CPU ppssp berada di 222Mhz, standardnya speed CPU ppspp. Tentunya speednya bisa dinaikin dan dikurangin. Bingung?

Baca juga: Cara Merubah Bahasa COC ke Indonesia

Menambah Clock CPU: Kamu akan mendapatkan speed beberapa persen (%) lebih baik tapi mengurangi FPS.
Mengurangi Clock CPU: Kalo yang ini malah sebaliknya, FPS lebih bagus tapi speed kurang beberapa persen (%)

Apa itu FPS? itu lhoo, kalo game kamu patah*, kamu harus setting di bagian ini yaitu mengurangi CLOCK CPU. paham kan?

Tips ppsspp gold biar lancar tidak lag

1. Hidupkan Frameskipping, dan set ke auto atau ke angka ganjil (1, 3, 5) ini pilihan yang terbaik. Angka genap (2, 4, 6) biasanya akan ngebuat game kedap kedip. Menyetel ini akan membuat banyak perubahan dan mempengaruhi kinerja utama dan tergantung dari FPS tiap game itu sendiri, sebagai contoh. Game yang punya 60 FPS performanya akan lebih baik menggunakan angka ganjil, sedangkan game dengan 30 FPS performanya lebih baik jika menggunakan angka genap.

Dan hal ini berlaku jika kamu pake mode Non Buffered Rendering, So jika kamu baik pake buffered dan non buffered masih ngelag. Yaa coba pakai Non buffer dan setting lagi di bagian ini.

Gimana saya bisa tau ini game 60 FPS atau 30 FPS? yaa caranya aktifin menu show FPS di bagian Overlay Information, kalo angkanya kepala 3, misal 30, 32 atau dibawahnya berarti itu gamenya punya 30 FPS.

2. Set game ke Non Buffered Rendering, namun ntar akan membuat ngadat/game tidak jalan untuk beberapa game yang membutuhkan Buffered Rendering.

3. Pastikan kamu ngeset mode hanya ke Buffered rendering bukan Read Framebuffers to Memory (CPU) atau Read Framebufers to Memory (GPU) soalnya 2 pilihan itu bakal bikin game lemot, alias speed killing (patah-patah) dan hanya gunakan KHUSUS UNTUK GAME yang emang cocok dengan mode tersebut, sebagai contoh game Danganronpa.

4. Hidupkan hardware transform, ini bikin game lebih lancar. Emang beneran soalnya sudah saya coba di Nauto Ultimate ninja Impact. Dan juga Vertex cache, yaa fungsinya sama kayak cache gitu. beberapa game bekerja lebih baik kalo kedua hal tersebut OFF.

5. Hidupkan Low quality spline/bezier curves ini bakal ngurangin kualitas gambar, namun hanya berlaku buat game yang emang pakai ini sebagain contoh: LocoRoco, Gods Eater Burst (langitnya) and Final Fantasy IV (efek sihir)

Ga paham? Coba perhatikan kedua gambar ini.

Low Quality
setting game ppsspp lancar
High Quality

cara setting game ppsspp grafik bagus

6. Setel hanya di Low Rendering Resolution yaitu 1x atau 2x rendering resolution. Itu lhoo yg ada di bagian atas mipmaping, namun ini hanya berlaku kalo kamu pake Buffered rendering lhoo yaa?

7. Change CPU CLOCK, nah ini seperti yang sudah saya jelaskan diatas. setting di bawah (default:-222MHz), seperti 111MHz atau 60-80 MHz. Buat kamu yang punya Android Low End, hal ini bakal ningkatin kecepatan game dan menambah kelancaran main game, jadi lakukan eksperimen sendiri settingan mana yang lebih baik.

Baca juga: Rahasia GTA San Andreas

8. Matikan semua aplikasi di latar belakang, kalo mau maen ppssppp biar tidak lag.

9. Hidupkan Preven FPS 60, ini bakal membuat banyak perubahan dan bikin performa jadi lebih baik.

10. Hidupkan Multithreaded. Nah, yang ini berlaku buat kamu yang androidnya punya beberapa Core soalnya nanti ppsspp akan menggunakan lebih dari satu core dari android kamu. tentu saja ini akan ningkatin performa ngegame dengan ppsspp.

11. Hidupkan Disable Alpha Test, ini hanya ada untuk Android yang pakai PowerVR. Mti'in jika ada yang aneh.

12. Jika saat setting ppsspp gold game yang kamu mainkan layarnya berwarna hitam, coba matikan di bagian mipmaping. beberapa game ga support yang ini.

13. Biasanya ketika kamu mengubah setingan psp gold ini kadang kamu harus keluarin dulu gamenya dan mulai dari awal, soalnya untuk beberapa kasus jika kamu mengubah setingan dan berharap ada perubahan itu ga akan terjadi soalnya kadang psp menyimpan cache yang sebelumnya. Misal kamu bikin setingan game yang ngebuat texturenya jadi jelek, trus kamu ubah lagi tapi kok ga ada perubahan? padahal sudah dibalikan ke posisi awal nah itu artinya kamu harus keluarin ppsppnya baru dapet settingan yang awal tadi.

Kesimpulan:
Jadi untuk membuat game ppsspp lancar atau tidak lag adalah dengan menyetting dengan settingan yang benar dan tentunya tiap settingan itu beda-beda karena tergantung HP android yang kamu pakai. Sudah saya tekankan di awal kalo semuanya tergantung dari game kamu dan android kamu. Jadi disini kamu wajib melakukan beberapa percobaan sendiri biar kamu tau, gimana kualitas terbagusnya makanya saya hanya menjelaskan beberapa fungsi dari settingan ppspp diatas.

Post Comment

21 comments

Click here for comments
Anonymous
27 June, 2016 09:17 ×

Pengen tanya nih,
Ko ultimate ninja impactnya malah gabisa dibuka(sebelum dan sesudah di setting).
Cuma item aku kira loading tapi ga keluar" kenapa yah :v

Device : Asus Zenfone 5 ram 2gb

Balas
avatar
admin
27 June, 2016 15:34 ×

Kalo item, yg bagian bikin item itu kalo ga salah di mipmapping atau hardware transform..

Sbnernya kalo kasusnya kayak gitu sih artinya settingannya salah alias itu settingan ga cocok sama Device ente gan..

Balas
avatar
admin
20 October, 2016 13:22 ×

Kak naruto ultimate ninja impact ku layar nya kedap kedip

Balas
avatar
admin
20 October, 2016 13:43 ×

Saya lupa itu settingnya yg diubah di bagian mana, dah lama ga main ppsspp lagi, coba satu persatu nonaktfin pengaturan yg aktif kayak Stencil map, mipmaping, dll.

Kalo ga gitu pake settingan naruto psp milik saya aja, ada kok disini..

Balas
avatar
admin
25 October, 2016 17:21 ×

Gan ane mau tanya.... Ane maen game midnigt club dub 3 edtion, di ram 512. Klo pake buffered rendering ngelag ,tapi kalo pake non buffered rendering lancar terlihat dari speednya, tapi gada gambarnya... Tolong gan solusinya..???

Balas
avatar
admin
25 October, 2016 18:17 ×

Hmm, agak susah jg sih kalo ga liat/pake sndiri, soalnya ntar ga tau hasilnya. Coba pake ini gan..

Coba cntang: prevent from 60fps, lalu cntang smua dibagian performance.

Udah muncul gmbrnya? kalo ga coba set ke buffered rendering, keknya emg ga cocok pake non buffered.

lalu cntang kayak diatas, trus jangan lupa cntang juga yg force depth write. Kalo masih ngelag coba frameskipping dihidupin, trus hidupin juga CPU Clock. dan set dibagian sana,penglaman saya set dibagian disana lumayan berpengaruh pas main (lupa nama gamenya :kiai )

Balas
avatar
admin
01 November, 2016 16:58 ×

Gan,kalo main code lyoko suara nya crash gan(rusak*)

Balas
avatar
admin
01 November, 2016 19:12 ×

kalo suara emg rata* gitu gan... Mati'in aja deh...

Balas
avatar
admin
14 November, 2016 15:21 ×

Gan settingan buat ppsspp gold yg versi baru dong

Balas
avatar
admin
25 January, 2017 12:04 ×

Ko ultimate ninja impactnya malah gabisa dibuka(sebelum dan sesudah di setting).
Cuma item aku kira loading tapi ga keluar"

Balas
avatar
admin
25 January, 2017 14:18 ×

Item yaa? Gampang kok, tp saya lupa mana yg perlu diubah. Coba deh diubah dibagian non buffered renderingnya. Intinya sih iru ada 1 settingan yg ga cocok

Balas
avatar
admin
04 February, 2017 17:43 ×

Numpang tanya gan...aku main undead knight main lancar tapi gambarnya gelap banget, susah liatnya..kayak contrast n kurang bnget...device: asus zenfone3, ram 4GB.

Balas
avatar
admin
04 February, 2017 19:55 ×

Pakai non-buffered rendering yaa?? Coba ganti ke buffered rendering atau yg lain. Emg bbrp game ada yg kek gitu, malah ada yang terlalu cerah..

Balas
avatar
admin
05 February, 2017 18:07 ×

Iya pakai non buffered...thx's info n...

Balas
avatar
admin
06 February, 2017 00:17 ×

Oya lupa nanya klo sett ppsspp itu untuk satu game ato semua game...mohon beri pencerahan

Balas
avatar
admin
06 February, 2017 06:35 ×

1 game gan, jadi tiap ganti game harus merubah settingan. Tapi kalo pas main pakai settingan lama ga ada masalah ga perlu dirubah jg gpp. Kan tiap game beda*?

Kalo sekarang tergantung versi ppssppnya yaa, karena ada versi yang bisa bikin kita ngatur settingan tiap game. COba pas main tekan tombol back. kalo ada tulisan "Delete game config" berarti setinganya bisa diatur tiap game.

Coba buka gambar ini http://s3.postimg.org/hhjx56dgj/PPSSPP_20141219_133818.jpg

atau ini

http://s16.postimg.org/vkjonyd51/PPSSPP_20141219_132916.jpg

Balas
avatar
admin
09 February, 2017 10:10 ×

thx min, min tau cara ilangin efek cheat di ppsspp gold gak, soalnya saya kejebak sama efek permanen nih, dan sangat mengganggu, mau restart udah setengah jalan, capek ulanginnya,, game kingdom heart birth by sleep, cheat efek , low gravity sama ventus armor helmetless, thx before min

Balas
avatar
admin
09 February, 2017 10:32 ×

Itu cheatnya gimana yaa?? Btw, udah dihapus file cheatnya yang ada di folder PSP/Cheats/Disini??

kalo udah, coba gini aja.

pasang lgi cheatnya, trus aktifin cheatnya lagi bisa ga pas main? abis itu coba matikan cheatnya, lalu hapus file cheatnya? Ngefek ga? Kalo ngefek bisa disave ulang, Coba deh, cara itu mancing buat nonaktifin cheatnya..

Soalnya ada cheat yg emang ikut kesave di folder ppsspp_state atau savedata, sama halnya kayak cheat uang gitu..

Balas
avatar
admin
09 February, 2017 11:24 ×

cheatnya itu cheat tampilan karakter sama kalo lompat gak jatohnya lambat,oke deh saya coba min,, thx ya min

Balas
avatar
admin
26 February, 2017 12:54 ×

jadi kalau misalkan hpnya ramnya 2 gb pakai yg mode Non Buffered Rendering ya gan ? fast respon gan :D

Balas
avatar
admin
26 February, 2017 13:05 ×

Ga juga, tergantung hpnya juga gan. Kayak GPU tapi kalo pakai itu cocok yaa gpp. Kalo ga cocok yaa tinggal ganti..

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment