Artikel terbaru

Cara edit foto blur belakang dengan photoshop

Cara edit foto blur belakang dengan photoshop

Kali ini saya akan share bagaimana Cara edit foto blur belakang dengan photoshop. Ini adalah tutorial dasar yang sangat sederhana sekali dan mudah untuk dipraktekkan. Aplikasi yang digunakan pun juga ga perlu versi yang tinggi. Dengan aplikasi Photoshop cs ataupun photoshop biasa cara membuat background gambar jadi blur bisa dilakukan.

Tujuan kita kali ini adalah belajar bagaiman cara mengedit background jadi blur dengan photoshop. Sebenernya banyak cara untuk editing foto jadi blur ini karena Tools yang ada di photoshop tidak hanya satu dan beberapa tool itu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Yang akan kita praktekkan kali ini adalah menggunakan fitur Quick mask.

Quick mask adalah salah satu fitur yang ada di photoshop, yaitu fitur menyeleksi objek dengan menggunakan Brush.


Edit foto blur dengan photoshop

cara mengedit background jadi blur
Baiklah kita mulai cara edit foto ini, silahkan siapkan gambarnya terlebih dahulu atau bisa juga gunakan gambar yang diatas. Kita akan mencoba mengedit background dari gambar anonymous diatas menjadi blur.
cara edit foto
Pertama silahkan buka foto yang mau dijadikan blur menggunakan Photoshop. Jika sudah pastikan Foreground dan background (yang kotak merah) seperti gambar. Jika tidak tekan aja D di keyboard. Lalu tekan tombol Q pada keyboard dan pilih brush tool.

Sapukan Brush tool ke gambar, Sapukan semua sampai gambar terlihat berwarna merah.
foto blur
Jika sudah tekan tombol X untuk mengganti warna foreground jadi putih dan sapukan/hapus pada bagian anonymous atau bagian yang tidak termasuk background untuk jadi blur. Silahkan hapus pada objek fokus-nya dengan teliti biar kelihatan rapi, hapus/sapukan seperti biasa. Jika sudah rapi silahkan tekan lagi tombol Q untuk membuat seleksi pada bagian yang tidak berwarna merah

mengedit foto

Jika sudah benar hasilnya para anonymous menjadi terseleksi. Jika sudah tekan tombol SHIFT+CTRL+I yang fungsinya untuk Invert yaitu mengganti bagian background yang terseleksi.

background blur
Nah, kalo sudah pada tahap ini silahkan pilih Filter > Blur > Gaussian Blur.

edit foto blur
Lalu atur/geser pada bagian radius sesuai keinginan kalian. Ini fungsinya untuk mengatur intensitas blur pada gambar. Silahkan atur sesuai selera.
editan foto blur
Jika sudah maka editan foto blur ini sudah jadi. Gampang bukan? untuk Cara edit foto blur belakang dengan photoshop. dan selesai sudah tutorial photoshop dasar kali ini. Silahkan baca juga: cara membuat gambar gif dengan mudah


Perlu di ingat untuk cara mengedit foto ini Warna Hitam untuk mewarnai dan warna putih untuk menghapus saat ada pada mode Quick Mask. Yaitu saat kalian menekan tombol Q jika tutorial diatas masih ga bisa coba perhatikan lagi barangkali ada kesalahan, misalnya Foreground dan warna background tidak hitam dan putih. Untuk mengubah hitam menjadi putih tekan tombol D. Baca juga: Cara memperbesar resolusi foto agar tidak pecah


Post Comment

2 comments

Click here for comments
20 February, 2016 13:19 ×

haha keren gan tutorialnya
kalo saya kenapa ya kalo buat kaya gini ribet benar, jadi terlalu perfek :3
tapi kalo liat tutor kaya gini boleh lah jadi agak simple'a
makasih gan

oya kalo ada waktu kunjungi juga blog saya ya :)
http://www.situsrpp.com

Balas
avatar
admin
21 February, 2016 00:08 ×

Iya sama*, kalo mau lebih perfect lg pake pen tool.

Udah liat bntaran itu spertinya situs gnews :)

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment