Artikel terbaru

Cara mudah membuat animasi gif di photoshop dengan

Kangen melati
Halo sobat otodidaxx kali ini kita mencoba belajar photoshop, kali ini kita coba membuat animasi bergerak (animasi gif maksudnya) Itu contoh gambarnya seperti di atas. Itu adalah hasil akhir dari cara membuat animasi gif di photoshop. Saya menggunakan Photoshop cs6, sepertinya versi cs sudah bisa membuat animasi gif semacam ini. Coba cek di bagian window, apa ada yang namanya animation?

Jika ada mari kita coba membuat animasi gif dengan photoshop. Pertama tentukan dulu, gif/gambar bergerak yang gimana yang mau kita buat? siapin gambarnya.  Dari semua cara yang ada pembuatan animasi gif ini intinya sama yaitu memanfaatkan frame-by-frame. Yaitu, dengan menyatukan banyak gambar jadi satu.

Sebelum menginjak ke tutorial yang expert, marilah kita mulai dari yang mudah dulu, semua hal sulit diawali dari hal yang mudah sebagai pondasi awalnya. Seperti cara membuat #InstagramInHand yang saya post kemaren itu juga termasuk yang mudah. Cekidot.

Cara membuat animasi gif dengan photoshop

Oke pertama, Buat File baru. File > New untuk ukurannya terserah aja, saya disini memakai 1000px X 1200px. Isi background color dengan warna putih, tekan aja tombol 'D' kalo sudah sekarang buka  Window > Animation

Fungsinya untuk menampilkan Toolbar animasi di bagian bawah. Jika sudah buat tulisan sesuka kamu, sebagai contoh saya menulis 'Aku kangen kamu mel'
Aku kangen melati




















Yang perlu di ingat, Tiap kata harus berada pada 1 layer. jadi kalo misal kamu mau nulis 'Cara membuat animasi gif' itu dihitung 4 kata dan 4 layer. coba lihat gambar diatas. Cara buatnya gampang, cukup pilih Text Trus klik pada layer, lalu tulis Aku Trus tekan Move Tool lalu pilih Text lagi dan tulis Kangen pilih move tool lagi, lalu text dan tulis Kamu. Begitu seterusnya sampai kamu sudah menulis semua kata-kata kamu.

Jika sudah coba lihat gambar diatas, tanda panah kanan, kotak kanan. Hitung gambar yang ada simbol T ada berapa? apa sudah sesuai dengan jumlah kata, kata-kata kamu?

Jika sudah here we go.Sekarang coba lihat tanda panah kiri, di bagian window animation. Duplikat layer sampai jumlahnya sama kayak layer di bagian kanan. Jadi dalam kasus ini saya mencopy layer sampai 4 x. untuk mencopy layernya gampang, klik pada layer bagian animation itu CTRL+C lalu CTRL+V.

Oh ya mungkin kamu bertanya-tanya kenapa pada screenshoot tutorial membuat animasi diatas, saya memiliki 5 layer? baiklah saya jelaskan untuk membuat animasi gif kali ini saya memiliki skenario, saya pengen di awal frame hanya ada background putih, lalu baru muncul tulisan. jadi saya buat 5 layer, layer pertama hanya background putih.

hehe, jadi kamu copy paste sampai 5 layer yaa?
Animasi gif di photoshop



















Oke lah mari kita lanjutkan cara membuat file gif ini, perhatikan gambar diatas. Kamu sudah memiliki 5 layer kan? Sekarang klik layer nomer 1 dibagian kiri. Jika sudah coba pindah di bagian kanan dan klik layer background (mungkin di kamu namanya beda, yang jelas layer paling bawah sendiri) lalu nonaktifkan semua layer selain layer background, caranya cukup klik simbol mata coba lihat gambar atas yang ada kotak kecil.

Perhatikan layer di bagian atasnya, ga ada simbol matanya kan?
Software animasi gif



















kalo sudah klik layer 2 di bagian kiri, lalu klik layer 2 (layer 'aku') di bagian kanan, dan aktifkan layernya. yang lain nonaktifkan aja layernya. jadi yang aktif layernya (yang ada simbol matanya) cuma dua

Tutorial membuat gambar bergerak




















Pindah ke layer 3, klik layer 3 dibagian kiri. pindah ke layer 3 dibagian kanan (Layer 'kangen') aktifkan layernya. jadi ada 3 layer yang aktif, yang lain sama kayak diatas nonaktifkan aja. Ulangi hal diatas untuk samapi layer terakhir yang layernya aktif semua.
Kurasa sampai disini kalian sudah paham.

Jika sudah mari kita lanjut cara membuat animasi gif di photoshop ini. Pahami aja dulu dan ulangi lagi bacanya kalo masih belum paham. kalo udah paham sekarang waktunya kita atur time tiap layer
Proses membuat animasi












Perhatikan gambar diatas, silahkan pilih mau berapa detik gambar yang kamu pilih akan ditampilkan? Atur untuk semua layer, saya menggunakan 0.1 di layer pertama, lalu 0.5 di layer 2 dan seterusnya, dan layer terakhir saya atur 1 detik.

Kalo sudah sekarang coba tekan tombol play di layer animation? jika cara yang kamu lakukan sudah benar maka gambar kamu akan seperti animasi gif di awal postingan ini. Coba lakukan eksplorasi pada bagian ini (bagian layer animation) biar kamu memahami fungsi utamanya.

Kalo sudah sekarang waktunya di save
gif di photoshop cs6


















Caranya pilih File > Save for WEB & Devices lalu save
cara save animasi gif












Jika sudah, jangan melakukan perubahan apapun, langsung save aja. dan sekarang coba buka file gif yang kita buat tadi pake windows viewer? Taraa, sudah jadi bukan? sekarang kita sudah bisa membuat gambar bergerak dengan mudah menggunakan photoshop.

Sekian tutorial kali ini, baca juga cara membuat hope poster

Post Comment

1 comments:

Click here for comments
09 May, 2015 16:01 ×

thanks buat tutornya gan,, sangat memabantu sekali..

Selamat obat tradisional polip rahim dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment