Artikel terbaru

Cara memperbesar resolusi ukuran foto agar tidak pecah

memperbesar resolusi ukuran foto agar tidak pecah

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang tutorial Photoshop yaitu Cara memperbesar resolusi ukuran foto agar tidak pecah. Biasanya saat kita mencoba memperbesar resolusi gambar yang mulanya resolusinya sangat kecil saat dibesarkan gambar tersebut akan pecah-pecah atau kotak kotak. Ini karena ukuran resolusi awalnya sangat kecil, biasanya ini terjadi karena gambar tersebut telah di crop atau karena memang diambil denngan kamera HP yang memiliki pixel rendah.

Lalu bagaimana cara memperbesar ukuran gambar agar tidak pecah? ada 2 cara untuk mengatasi hal itu.


Memperbesar resolusi ukuran foto agar tidak pecah

Cara pertama untuk memperbesar resolusi foto yaitu dengan memanfaatkan Smart Object pada photoshop. Cara ini sangat tidak saya sarankan namun bisa dicoba, mungkin hasil bisa berbeda untuk tiap foto namun dari percobaan saya hasilnya menurut saya sama aja dengan cara memperbesar dengan cara biasa.
memperbesar resolusi foto
Pertama buat lembar kerja baru di Photoshop, lalu isi width dan height terserah (Ukuran 1000x1000 itu sudah bagus namun jika pengen lebih bagus isi dengan 2000x2000) dan pada bagian kotak merah yang Resolution isi dengan angka 300.

Lalu buka gambar kamu yang ingin kamu besarkan ukuran fotonya. Jika sudah Drag & Drop foto kamu ke lembar kerja baru tadi. Atau yang paling gampang pake cara File > Import dan cari gambar kamu.

memperbesar ukuran gambar

Jika sudah silahkan klik kanan pada gambar yang sudah kamu drag tadi dan pilih Convert to smart object lalu tekan CTRL+T dan silahkan disesuaikan ukurannya, jika sudah klik enter.

Nah kalo pake yang teknik import cukup besarkan aja langsung tanpa convert ke smart object karena saat di import gambar sudah dalam kondisi smart object. Nah gampang kan cara memperbesar ukuran foto ini?

kalo cara pertama itu ga bisa, pake cara yang kedua yang sangat rekomended banget dari saya.

Cara kedua

Memperbesar ukuran resolusi foto dengan cara pake teknik smudge tool. Ini cara yang sangat ampuh karena memang kita akan 'membentuk' foto itu lagi. Cara ini sangat bagus untuk memperbesar ukuran resolusi foto ke ukuran HD atau berapapun. Karena teknik ini merupakan teknik Retouching foto.

Untuk caranya kita hanya akan menggunakan fitur brush dan Smudge tool yang ada di Photoshop. Untuk tutorial lebih detailnya silahkan cari sendiri di google :p karena memang saya belum membuat postingan tutorial ini karena tutorial ini akan sangat menyita waktu. 1 foto aja bahkan bisa smpe 1 sampai 3 jam. Sekian dulu artikel singkat ini. (Baca juga: cara membuat Hope Poster obama)



Post Comment

Thanks for your comment