Artikel terbaru

Penjelasan dan Misteri God Eater

Mungkin kamu bingung sama anime ini, apa sih god arc? Oracle cell dan bias factor itu? dan beberapa hal lainnya yang akan saya jelaskan dalam postingan ini. Tentu saja disini saya akan memberikan Penjelasan dan Misteri God Eater, menurut saya anime ini sangat epic karena awal munculnya aragami sudah dijelaskan di animenya walau itu agak membingungkan buat sebagian orang untuk di pahami.

Yaa tenang saja, disini saya akan mencoba menghilangkan kebingungan kamu dan berusaha menjelaskan sejelas-jelasnya tentang semua hal yang ada di dunia God Eater.  Sebelum saya membahas tentang misteri god eater saya akan memberi penjelasan dulu tentang beberapa hal yang perlu kamu ketahui disini.


Penjelasan dan Misteri God Eater

Penjelasan dan Misteri God Eater

Saya hanya membahas poin-poin penting saja, semua info ini didapat dari game dan juga wikia dan tentunya sudah saya sampaikan dengan bahasa dan gaya pemahaman saya. So cekidot.
Baca juga: Cheat God eater Burst PPSSPP

Apa itu oracle cell?

Apa itu oracle cell
Oracle cell itu adalah sekumpulan sel yang hidup dan bersatu menjadi satu dan membentuk aragami.
Bingung? Gini ibaratanya Oracle cell itu manusia, nah misal kalo ada 1000 manusia berkumpul menjadi satu dan kumpulan manusia itu membentuk menjadi sebuah raksasa (kayak Attack on titan) maka tiap manusia itulah yang dinamakan Oracle sel. 1 sel yang memiliki kecerdasan sendiri* yang berkumpul jadi satu, hanya ada 1 sel dalam tubuh aragami yaitu ya tadi oracle sel. Sel ini berasal dari macam*  baik dari tumbuhan, atau hewan, baik yang nyata atau cuma legenda. Lalu sel-sel tersebut hanya dikendalikan 1 otak yang disebut CORE.

Aragami tidak bisa dibunuh kecuali dengan mengambil core tersebut, walau core tersebut diambil tetap aja oracle cell yang terbang ke udara akan balik lagi berkumpul dan kumpulan itu akan membuat core yang baru dan melahirkan aragami baru dan itulah kenapa amamiya-san-sa bilang kalo aragami itu tidak bisa dibunuh.  Core inilah yang membuat aragami itu aktif.

Apa itu Bias Factor?

Oh ya, kamu pernah merasa lapar? nafsu? atau penasaran akan sesuatu? terus kamu juga punya makanan favorit dan makanan yang tidak kamu suka kan? nah itulah yang disebut dengan bias factor, keinginan dan kecenderungan akan suatu hal. Kecenderungan itulah yang membuat aragami itu beda-beda.
Baca juga: Save Data God Eater Burst PPSSPP 100% Complete

Apa itu singularity atau devouring apocalypse?

Aragami menghilang misteri god eater
Sebenernya istilah ini ada di gamenya namun tidak apa-apa kan kalo kita bahas karena masih berhubungan dengan cerita animenya tentang bagaimana memusnahkan aragami. Kita bahas dulu soal devouring apocalypse, kamu tau kan soal dinasaurus? dan kamu juga tau kan apa yang dikatakan Dr sakaki soal 'pemangsa'? Apa yang menyebabkan dinasaurus punah? meteor kan, nah devour apocalypse semacam itu yaitu membuat ledakan yang membunuh segalanya. Namun teori dari Dr Sakaki adalah tentang adanya 1 yang terkuat yang bisa memangsa semua aragami dan ketika semua aragami lemah termangsa maka tinggallah satu aragami terkuat itu, (entah meledak mungkin kali yaa) sesudah itu saat aragami terkuat tadi binasa maka semuanya bakal hilang.

**Spoiler Alert*** (jangan baca, langsung skip aja kalo belum main gamenya)

Dan di tubuh shio (core miliknya) terdapat singularitas yang bisa mengaktifkan devouring apocalypse tadi. Nah kalo kamu maen gamenya kamu pasti tau kalo shio pergi ke bulan kan? nah karena proses tadi maka di bulan ada kehidupan gara* si shio ini. (Oke cukup, ini spoiler)

Dari mana asal oracle cell (Aragami)?

Hmm, soal ini saya masih belum begitu yakin karena saya masih kurang percaya pada terjemahan sub indonesia kadang terjadi kesalah pahaman yang mengakibatkan tidak dapat memahami suatu inti cerita. Tapi dari yang saya tangkap aragami itu berasal dari oracle cell yang ditemukan oleh 3 ilmuwan, yaitu si Aisha, Johannes dan Dr sakaki. Mereka itu ilmuwan dari fenrir yang kalo ga salah mereka menemukan oracle sell dari dalam laut dan menelitinya, mereka meneliti ini karena mereka bisa berharap bahwa sel oracle ini akan bisa jadi sumber daya (harapan) umat manusia. 

Asal oracle cell

Namun sayang malah sel ini berkembang jadi makhluk hidup yang tidak mempan dibunuh oleh senjata apapun kala itu, akhirnya mereka melanjutkan penelitian ulang soal ini dan menemukan suatu zat anti aragami. Lalu membuat oracle sel yang ditanamkan pada tubuh manusia.

Apa itu God Arc?

Apa itu god arc
God Arc atau bahasa jepangnya dinamakan Jin-Ki yang maknanya pun sama, yaitu Aragami buatan yang ditempelkan pada suatu senjata. Jadi god arc itu senjata yang terbuat dari aragami dan hanya senjata inilah yang bisa menghancurkan (mengekstrak) core yang ada dalam tubuh aragami. Senjata lain ga bisa dan ga mempan karena aragami ini bisa berevolusi jadi hanya sesuatu yang sejenis dengannya yang bisa membunuh/melukai tubuh aragami.

Namun sayang, God Arc ini punya 1 aturan. Yaitu sama kayak aragami, god arc ini punya 1 core dan punya bias factor. Apapun yang akan disentuhnya akan dimakan, bahkan itu berlaku sama manusia. So, kenapa god eater ini bisa memakainya? karena para god eater sudah disuntik dan di injeksi dengan Oracle sel dan tentunya bias factornya sudah disamakan dengan God Arc itu sendiri, karena kalo ga sama maka sang god eater bakal dimakan.

Itulah alasan kenapa tiap god eater ga boleh menyentuh God Arc milik orang lain.

Gelang God Eater

God arc god eater
Seperti yang saya bilang tadi kalo God Arc itu punya Core dan yang ditengah adalah Core utama dari God Arc dan sisanya adalah Core yang disambungkan ke tubuh para god eater (manusia) yang telah di injeksi dengan god arc supaya bisa dikendalikan. Jadi gelang itu ibaratkan cuma penghubung antara senjata dengan tubuh para god eater, dan tentunya agar bisa mengendalikan god arc itu harus memakai gelang tersebut.

Misteri god eater
Nantinya ke empat core kecil itu akan masuk ke lubang yang ada di gelang para god eater.

Jadi untuk apa injeksi Oracle cell ke dalam tubuh manusia?

Yaa itu sebagai kamuflase kalo mereka manusia itu adalah "aragami" kalo ga yaa mereka bakal dimakan. Bingung? baca lagi deh.

Berapa Jenis Aragami?

Banyak, tergantung dari bias factornya. Coba baca lagi soal bias factor diatas. Misal nih yaa, kamu punya ikan di aquarium dan kamu juga punya petasan di dekatnya. Nah, nanti kalo kedua hal tersebut di 'infeksi' oleh oracle cell maka akan melahirkan aragami baru yang berbentuk ikan yang ada di aquarium dan tentunya memiliki kekuatan peledak. paham kan? So, macam* aragami ada banyak, vajra, ogre tail, Arda Nova dan yang lainnya. Ada juga aragami yang gabungan dari Kuda dan Tank.

Apa nama Aragami terkuat?

Yang terkuat menurut saya adalah, kalo di anime sepertinya Ouroboros karena ukurannya yang besar. Selain itu baik di game dan anime yaa si Dyaus Pita (Vajra Hitam). lalu disusul oleh, Arda Nova dan yang terakhir adalah Hannibal. Ini khusus untuk seri burst lho yaa.

Bagaimana terciptanya God Eater ?

Saya kurang tau jelasnya yang jelas si god eater ini tercipta berkat souma, entah bagaimana karena si souma ini bisa dibilang campuran manusa dan aragami. Dan sepertinya Oracle cell si souma di injeksi ke tubuh mereka manusia biasa.


Misteri God Eater

Baiklah akhirnya masuk ke pembahasan misteri God Eater, masih ada hal yang belum terjelaskan soal ini baik di anime dan gamenya.

Kenapa God Arc si Amamiya-san Rusak?

Misteri god eater god arc amamiya san sa

Perlu kamu tau God Arc milik si Amamiya ini Rusak makanya dikunci (di seal) dan ga boleh digunakan alasannya karena kalo god arc ini lepas maka si sakuya bakal dimakan god arc ini dan menjadi aragami. Nah misteri pertama adalah kenapa si God Arc milik Amamiya ini bisa rusak? dan apa penyebab rusaknya god arc ini? ada 2 orang yang god arcnya rusak, yaitu si Amamiya-san sa sendiri dan juga si Gen. kalo kamu maen gamenya pasti tau siapa si gen, namun tetap aja masa lalu mereka belum di tunjukkan kenapa mereka berdua god arcnya rusak. Kemungkinan mereka berdua adalah 1 unit dan 1 team.

Darimana asal shio?

**Spoiler Alert*** (jangan baca, langsung skip aja kalo belum main gamenya)

Asal shio misteri god eater
Perlu kamu tau, hanya ada 2 makhluk setengah aragami dan setengah manusia yaitu si Souma dan si Shio. Nah, kalo si souma dilahirkan, sedangkan si shio?? Ini yang jadi misteri karena sebelumnya di game si shio bilang kalo dia senang ketemu si souma dan si shio juga bilang kalo aragami di tubuh si souma itu lapar.

Di animenya si shio udah muncull lhoo di episode EXTRA, dan dia ngelihat ke helikopter milik souma dan sepertinya shio tau kalo ada orang lain seperti dirinya.

Masa lalu Sakuya dan Lindow

masa lalu sakuya dan lindow

Misteri God Eater lainnya yang masih belum jelas adalah masa lalu sakuya dan lindow, bagaimana mereka berdua bisa bersama dan masuk ke fenrir? Padahal si souma, alisa dan Lenka sudah di tunjukkan. Namun mereka masih belum dan kemungkinan bakal dijelaskan kalo ada season 2 god eater. Oh ya, kita abaikan si amamiya karen dia bukan bagian dari Unit 1, hehe. Yang jelas kalo dijelaskan tambah menarik.

Si kouta juga belum tapi ini kurang penting karena si kouta masih belum kehilangan keluarganya dan juga dia sudah bilang kalo ingin jadi god eater hanya ingin melindungi ibu dan adiknya. Btw, apakah lindow mati? silahkan temukan jawaban spoilernya di

Tamatnya Aragami dan God Eater

Kamu tau kan, bagaimana aragami itu itu tamat dan berakhir? Nah, kalo yang ini silahkan baca kelanjutannya di postingan saya: Akhir dari para Aragami dan God Eater

Post Comment

Thanks for your comment