Artikel terbaru

Cara install android sdk secara offline

Android sdk
Android SDK (Software Development Kit) Merupakan software yang digunakan para Developer untuk membuat aplikasi, biasanya software ini digunakan bersama dengan Eclipse. Yang biasa digunakan para programmer untuk coding software berbasis C++, C# dan Java. Kali ini saya ga akan membahasa masalah coding mengcoding karena saya sendiri masih belum bisa bahasa Java atau C dan kerabatnya :D

Untuk membuat aplikasi android kita membutuhkan software SDK ini untuk membantu menjalankan aplikasi yang telah kita buat dengan komputer. Jadi, dalam membuat aplikasi android kita ga membutuhkan hp android. Buat kamu yang ga punya android jangan khawatir karena disini sudah disediakan emulator android yang langsung bisa kamu jalankan di komputer kamu.

Cara install android sdk secara offline

Kali ini saya hanya berbagi tentang Cara install android sdk secara offline, untuk download sdk-nya sendiri akan saya posting di tulisan berikutnya. Saya harap disini kalian sudah download yang namanya SDK Manager. Oke lah mari kita install software* pendukung yang ukurannya 80mb-150mb an ini.

Pertama, buka SDK Manager


cara install android sdk secara offline
Jika sudah pilih file yang mau di download. Misalnya: Google API, Sysimg. Cari di internet file yang mau kamu download. Udah banyak kok sourcenya, kalo ga gitu nanti akan saya posting file-file tersebut biar bisa di download lewat idm. Karena filenya selalu update jadi saya ga bisa posting jadi satu.

Saya harap kalian sudah punya filenya yang sudah didownload melalui IDM, jika sudah  lalu Download setelah beberapa detik STOP. tekan tombol yang ada gambar tangan itu. Fungsinya ini agar SDK Manager membuat folder bernama temporary














Nah dalam folder Temporary itu terdapat file yang kita download tadi. Sekarang coba buka.
android sdk offline

















Kalo sudah, Copy dan Paste file yang sudah kamu download ke dalam folder temporary. Jika ada notif replace, replace aja.
Jika sudah close SDK Manager, lalu buka lagi.
sdk manager offlline
















Contreng file yang sudah kamu download melalui idm tadi, lalu install package.
sdk offline installer
















Tunggu, lagi di install.
install sdk offline















Nah, sudah terinstall dengan sukses.

Buat yang bingung, ini maksudnya gimana? baiklah saya jelaskan. Intinya kita download package android melalui idm dan kita install secara offline, dengan menggunakan bantuan sdk manager. Sebenernya bisa tanpa sdk manager tapi agak ribet yaitu kita hanya perlu mengekstrak file yang kita download ke dalam folder yang seharusnya namun cara ini ribet dan kalo nama filenya salah malah ntar ga terdeteksi sama SDK manager ini.

Sedangkan kalo install sdk manager secara online ini memakan waktu yang lama karena kita harus mendownload ulang file yang kita butuhkan melalui sdk manager. Hal ini ga cocok buat mereka yang koneksi internetnya lemot. Untuk file sdk yang dibutuhkan insyaallah nanti akan saya posting di tulisan berikutnya. Baca juga: Tips cara mempercepat koneksi internet


Post Comment

Thanks for your comment