Artikel terbaru

Persamaan Orang Jawa dan Orang Jepang (hal yang hilang dari suku jawa)

Saya rasa ada sedikit persamaan antara orang jawa dengan orang jepang, walaupun saya ga tau benar gimana orang jepang itu jadi saya rasa saya ga bisa menilai secara sepihak. Dan ini berdasarkan pengamatan dari sudut pandang saya sendiri dan barangkali ada orang yang sudah pernah tinggal di jepang untuk mengoreksinya yaa silahkan.

Disini saya akan membahas persamaan orang jawa dengan orang jepang, dimana kalo dari yang saya lihat keduanya memiliki persamaan, lantas apa saja itu?


Persamaan orang jawa dan orang jepang

orang jawa dan orang jepang

Kamu tau kalo orang jepang dan jawa itu sangat beda jauh, yakni terbatas antar negara. namun kamu sadar ga sih kalo ada sedikit kemiripan antara orang jawa dengan orang jepang??

1. Baik orang jawa dan orang jepang itu punya tata krama

Maksud saya disini adalah cara memanggil orang muda kepada orang yang lebih tua. Jepang sendiri memiliki tata krama tentang bagaimana memanggil orang yang lebih tua terutama orang asing supaya lebih sopan, begitu juga orang jawa.
Baca juga: Teori Bumi Datar
Misalnya orang jepang memanggil orang yang lebih tua biasanya memakai panggilan -san, ataupun -sama. Coba perhatikan! Orang jawa juga begitu, perhatikan tata bahasa baik orang jawa dan orang jepang.

Kalo di Jawa kita mengenal dengan bahasa krama inggil, bahasa yang biasa kita gunakan untuk berbicara pada orang yang lebih tua. Terus ada juga bahasa ngoko yang gaya bahasanya agak sedikit kasar. duadaunya punya persamaan dalam memanggil orang yang lebih tua dengan gaya bahasa yang sedikit berbeda.

2. Sama-sama punya baju adat

orang cewek jawa dan cewek jepang

Kalo di jepang punya kimono, maka orang jawa punya yang namanya kebaya. Saya kurang tau soal kimono dipakai untuk acara apa aja tapi saya sedikit ngerti kalo kadang kimono ini biasa dipakai oleh orang* yang disebut geisha. Kalo kebaya sendiri ini masih banyak dan biasa dipakai saat adat pernikahan, kalo kamu orang kejawen dan mengikuti tata krama orang jawa maka bisa dipastikan saat kamu nikah nanti pasti memakai pakaian adat jawa. Bukan malah memakai gaun gitu!

3. Dua-duanya sama-sama punya tulisan latin

Kamu tau katakana? dan hiragana? Nah, orang jawa juga punya bahasa latin sendiri yang disebut dengan hanacaraka, yang mana tulisan latin bahasa jawa kini sudah hampir punah. Malah saya rasa jarang atau bisa dibilang enggak ada orang indonesia yang memperlajari tata cara penulisan 'hanacaraka', malah kebanyakan dari mereka belajar tentang tata cara menulis katakana ataupun hiragana.
Baca juga: Pokemon Go Jellybean
banyak orang yang belajar bahasa jepang tapi sedikit orang yang belajar bahasa jawa, keberadaan bahasa jawa sendiri terutama krama inggil pun saya rasa sudah sedikit hilang dari peradaban (saat ini). Kadang saya sendiri malu ketika berbicara kepada orang yang lebih tua tapi saya memakai bahasa ngoko. Padahal saya aja enggak terlalu bisa untuk bilang krama inggil.

Kenapa saya ga bisa? karena saya tidak terbiasa, tidak terbiasa mendengarkan orang-orang sekitar rumah mengucapkan bahasa 'sopan' tersebut. Makanya kenapa saya kadang dimarahai oleh orang tua karena enggak bisa 'Boso'. Boso disini maksudnya bahasa kalo diterjemahin tapi maknanya sendiri adalah berbahasa yang sopan menggunakan krama inggil pada orang yang lebih tua.

Nah sebenernya salah siapa jika seorang anak enggak bisa 'boso'?? Itu bukan salah anaknya karena enggak tau, enggak tau itupun bukan karena tidak belajar malah karena tidak dibelajari. Tau kan kalo anak itu meniru orang tua? Jika orang tua setiap hari aja terbiasa Boso, maka barulah salahkan si anak kalo dia tetap enggak boso kalo ortunya sendiri tiap hari boso.
Baca juga: Rahasia GTA PS2
So, apa kamu akan membiarkan tata karama orang jawa hilang dan tergantikan tata krama yang lain? bahkan orang jepang sendiri pun bangga dengan tata krama mereka dan juga bahasa mereka lantas kenapa kita orang jawa enggak bangga dengan tata krama kita? Yakni termasuk tulisan latin hanacaraka dan tata cara pengucapan yaitu ngoko, krama dan karam inggil?

Jika kamu peduli dengan hal ini silahkan dishare artikel ini supaya banyak orang jawa sadar kalo masih ada hal yang bisa dibanggakan dari suku kita!

Post Comment

Thanks for your comment