Artikel terbaru

Misteri Alter Ego: Diriku yang lain

Misteri Alter Ego
Banyak yang tidak tau apa itu alter ego, dan biarlah saya menjelaskannya karena ini adalah salah satu fenomena unik dari sisi lain manusia. Alter ego ini hanyalah istilah lain dari Kepribadian Ganda. Kalo diterjemahkan Alter ego memiliki makna "Diriku yang lain". Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang kalo diterjemahkan lewat google translate punya makna "Aku yang kedua" atau "Teman karib yang dipercayai" yang maknanya sih masih sama.

Sebagai contoh, yaitu seorang artis yang tiap main film dengan judul yang berbeda dan tentunya main karakter dan sifatnya berbeda pula kan? Nah, bisa dibilang seorang artis atau aktor itu adalah orang yang punya kepribadian ganda namun kepribadian mereka dibuat*.  Secara kan mereka cuma akting?


Alter Ego dan Kepribadian Ganda

Ada yang bilang alter ego adalah kelainan psikologis, padahal kalo menurut saya sih bukan, karena ada beberapa alter ego yang memang tidak sengaja tercipta karena suatu Trauma. Beda lagi dengan yang namannya skizofrenia.

Malah ada yang pengen menciptakan Alter Ego dan salah satunya termasuk saya, saya pengen menciptakan kepribadian yang lain. Kepribadian saya tersebut akan muncul pada saat* genting, dan pada saat ada hal yang tidak bisa saya hadapi. Jadi saya menjadikan alter ego sebagai kepribadian sekunder.

Baca juga: Masih muda sudah ubanan?

Jadi alter ego bisa dibilang juga dengan 2 jiwa 1 tubuh, ga semua alter ego itu negatif dan biasanya alter ego akan berlawanan dengan sifat asli kita. Kalo misal sifat asli kita itu orangnya banyak omong, ekstrovert, dan supel. Malah untuk alter ego jadi sebaliknya, dia akan jadi pendiem dan introvert. Beda lagi dengan alter ego yang sengaja diciptakan dan yang itu bisa jadi sifatnya perpaduan dari hal berlawanan tadi atau tergantung yang menciptakan kepribadian tersebut, dia pengen kepribadia yang seperti gimana. Paham? 

Terciptanya alter ego itu dari trauma. Trauma adalah salah satu penyebab terciptanya kepribadian ganda, menurut saya kepribadian ganda itu dibagi jadi 2


Kepribadian Ganda Berat

Kepribadian ganda yang berat adalah kepribadian ganda yang kedua kepribadian itu sama* dominan, saat kepribadian yang lain kita aktif maka kepribadian asli kita akan terasa seperti tertidur, jadi lebih mirip kesurupan gitu. Kita ga nyadar apa aja yang kita lakukan, atau malah kita nyadar tapi ngerasa hal itu seperti mimpi. Maksdunya kita ngelihat apa yang kita lakuin tapi kita ga bisa berkutik apa* soalnya kepribadian kita yang lain yang mengambil alih. begitu juga sebaliknya, untuk yang berat ini kita agak sedikit kehilangan kontrol atas kendali tubuh kita. Jadi ntar akan silih berganti.


Kepribadian Ganda Ringan

Yang ini kepribadian utama yang lebih dominan, jadi kita masih bisa mengendalikan kepribadian kita yang lain. Yaa bisa disebut SUARA HATI. Suara* yang membisikkan ke kita atas kejadian yang ada di sekitar. Bisa menjadi penyemangat diri kita, mensupport atau malah yang lain.

Baca juga:Bahaya Selfie

Kata beberapa orang alter ego itu lebih mengarah ke Kepribadian ganda yang berat. jadi sang penderita ga nyadar kalo punya alter ego. Oh ya, barangkali ada yang tau sama gambar di pembuka'an artikel ini. Itu adalah salah satu anime yang paling banget saya sukai. Yaa, meskipun kalo dilihat dari segi kontennya anime/manga diatas itu sangat terlalu kejam apalagi genrenya memang ke arah Gore.

You know gore? Salah satu genre yang bersifat sadis dan penuh adegan berdarah* dan menjijikkan tapi saya bukan suka sama yang gore melainkan saya suka sama tokoh utama yang punya kepribadian ganda. Dan juga tokoh utama selalu dipenuhi tragedi. *kasihan* gimana enggak cobak? Lha dari kecil udah ditinggal bapaknya, trus pas masih SD eh udah ditinggal ibunya, trus abis itu tinggal sama tantenya yang jahat. ahh, sudahlah curhatan saya.

Yang jelas ini anime hampir* mirip dengan Yu-gi-oh yang sama* sang tokoh utama punya alter ego. Lalu apakah kamu juga punya Alter Ego? atau kamu malah sudah menciptakannya? Sharing pendapatmu di komentar.

Post Comment

Thanks for your comment