Artikel terbaru

Bahaya selfie: Selfie-lah pada tempatnya

bahaya selfie

Selfie, merupakan kegiatan memfoto/memotret diri sendiri. kegiatan ini hanya dilakukan seorang diri. yaa, namanya juga berasal dari kata Self yang berarti diri sendiri. saya tidak tau siapa yang pertama kali menciptakan selfie ini tapi yang jelas popuernya selfie dimulai dari munculnya ponsel yang memiliki kamera yang bisa menghasilkan gambar bagus. terlebih HP android.

Bahkan karena saking populernya dan mewabah malah ada yang dinamakan selfie Syndrome. Sebuah syndrome yang membuat kita ketagihan akan menselfiekan diri kita. jadi yaa kerjaan kita kegiatannya cuma memfoto diri sendiri. Ga usah jauh*, siapa yang terkena penyakit ini. Liat aja disekitar kita, kebanyakan yang kena penyakit ini adalah seorang cewek meskipun cowok juga. atau mungkin setengah cewek dan setengah cowok (transgender)  juga bisa kena.

Saya BUKAN HATERS yang benci selfie, saya cuma heran aja. kalo mau selfie yaa selfie aja, silahkan. terserah BUKAN URUSAN SAYA "Kata pejabat negeri kita" tapi yaa mbok yo selfie-lah pada tempatnya.


Bahaya selfie

Selfie-lah pada tempatnya


dampak selfie

Sebelum kita memasuki bahaya dari selfie, kita bahas dulu mengenai 'kegilaan' dari selfie ini. kegilaan yang biasa dilakukan anak muda jaman sekarang.

Seperti foto yang diatas, yang saya temui di FB. Seorang kakek yang meninggal (dilihat dari statusnya) ditempat di sebuah rumah sakit. Cucunya ini entah karena apa dia seolah tersenyum gembira menunjukkan kepergian kakeknya lewat sebuah status di foto dan jejaring sosial ini. What the hell? Saya ga tau harus berkata apa tapi saat itu juga saya langsung meremove dia dari pertemanan saya namun sebelum itu saya screenshot dulu untuk mengabadikan kemirisan saya terhadap anak ini.

Entah, tiap orang mungkin punya pendapat berbeda menganai hal ini, namun bagi saya. Mbok yo ngerti talah, Masa orang meninggal pake di fotoin segala? dengan wajah bahagia lagi? maksudnya apa? kasihan yang meningga, lagi berduka tapi fotonya bahagia? kejam sekali hatimu. hmmm.
bahaya selfie


 Foto saat orang lagi sakit.

Ini nih masih sama dengan hal yang diatas tapi maksudnya apa juga coba? Pengen dapet ucapan? pengen tenar? atau cuma pengen pamer muka? Ingat kasihan yang sakit, sama kayak hal yang diatas.Mbok yo ngerti, tahan selfiemu itu. Seolah menunjukkan kesusahan kita agar orang lain empati. Emang bagus?

Ini cuma salah satu dari kesekian banyaknya bahaya foto selfie. membuat kita kehilangan rasa malu kita. satu lagi yaitu ngupload foto dalam keadaan nangis atau upload foto dalam keadaan luka (diri sendiri yang luka). kayak ada luka dikit atau darah dikit difoto trus diupload sambil curhat. Haduh, kasihan banget ini orang. kalo saya bukannya merasa empati tapi merasa kasihan dan miris. malah nunjukkin kalo orang itu kurang perhatian atau kasih sayang sehingga membuat dia ingin di like atau sekedar dikmentari.

dan juga kadang saya juga bosen melihat foto cewek yang selfie buaaaaanyaaaaak banget. tiap hari, bangun tidur selfie, mau makan selfie, habis mandi selfie, semuanya pake selfie. haduh, sorry aja menurut gw meskpipun dia secantik apapun dan semanis apapun tapi kalo kebanyakan foto selfie yaa bosen juga. yang diawalnya jadi cantik jadi biasa* aja. heuheu.

yaa itulah sedikit kisah dari generasi pemuda tanpa malu. semuanya diumbar* lewat foto. Disini saya bukan bermaksud menyebar fitnah, kebencian atau apa, saya hanya memperingati saja karena hal ini.

Yaa sudah cukup basa-basinya, kita memasuki data statistik dari bahaya foto selfie ini, berikut ini dampak dari selfie.
bahaya foto selfie

































Laporan menunjukkan bahwa Kegiatan selfie lebih membunuh daripada serangan hiu. Setidaknya 12 orang telah meninggal akibat insiden yang menyangkut selfie ementara itu hanya 8 orang yang meninggal karena serangan hiu.

Di russia, 2 orang mati karena ingin memfoto dirinya sambil memagang granat yang pinnya sudah dicabut (kalo mau mengaktifkan granat pinnya harus dicabut dulu) dan  seorang pemuda mati karena ingin mencoba menaiki jemabatan kereta api untuk mengambil foto.

Dari situlah pemerintah russia menyerukan kampanye untuk memperingati orang* dari bahaya selfie dengan tanda seperti diaatas.

Yaa, mungkin itu sebagian yang terdata dari bahaya selfie. Mungkin ada ribuan atau jutaa'an kejadian serupa yang belum terdata. mau mati konyol karena selfie? Jika tidak maka selfie-lah pada tempatnya. baca juga: Akun hantu dalam COC

Post Comment

Thanks for your comment