Artikel terbaru

Cara mengecilkan ukuran foto di photoshop

Mengecilkan ukuran foto di photoshop, terkadang ukuran foto kita terlalu besar. Pernah ga sih kalian Punya foto yang berukuran besar yaitu lebih dari 1MB. Hp saya sendiri ketika dibuat memotret otomatis memiliki ukuran foto yang lebih dari 1 MB nah ketika ini foto dikirim ke hp temen saya yang bukan android. Temen saya malah ga bisa membukanya.

Ukuran foto inilah yang jadi penyebab tidak bisa dibukanya pada HP temen saya, yaa padahal niatnya ingin diupload ke fb. Internet yang lemot membuat upload foto menjadi lama. Sayapun mikir sejenak kenapa ga dikecilkan aja ukurannya? Kan ukuran yang besar juga percuma ketika sudah diupload ke fb otomatis foto terkompresi. Akhirnya saya gunakan photoshop untuk mengecilkan ukuran foto temen saya.

 Cara mengecilkan ukuran foto di photoshop

 Siapkan dulu alatnya, Photoshop cs berapa aja tapi yang saya pake disini adalah photoshop cs5.
Cari gambar yang ukurannya mau kita kecilkan.


















Lihatkan ukurannya besar, biasanya yang berukuran besar itu hasil foto dari kamera dslr ataupun scanner karena memiliki resolusi yang besar pula. Oke, kita mulai cara edit foto kita.

















Klik kanan pada gambar lalu Open with dengan photoshop.


















Sekarang save as, lho kenapa kok save as? Hmm, ntar juga akan tau sendiri. Ini cara paling efektif mengecilkan ukuran foto di photoshop tanpa mengubah komposisi image dan juga tanpa cropping.





















Jika sudah ubah dulu namanya, biar foto asli kita tidak hilang.
















Nanti jika sudah muncul tampilan seperti itu, sekarang coba geser slider ke kanan atau bisa juga dengan mengganti angka 12 dengan angka 5 atau 3, tergantung kalian ingin mengecilkan ukuran foto kalian sampai ukuran berapa. biasanya 200 atau 300kb itu cukup.
















Coba lihat gambar diatas. Ukurannya berubah kan? Jika sudah klik OK dan coba cek dimana kalian menyimpan foto tadi dan lihat, ukuran fotonya telah berubah.

Sekian dulu tutorial Cara mengecilkan ukuran foto di photoshop. Nantikan tutorial selanjutnya!

Jika tutorial ini bermanfaat atau kurang jelas silahkan beri komentar dibawah ^^

Post Comment

Thanks for your comment