Friday, June 3, 2022

Mengenal Pengertian Bahasa Pemrograman PHP dan Keunggulannya

Apa itu PHP? Dalam artikel kali ini istilah PHP bukanlah singkatan dari pemberi harapan palsu, melainkan kependekan dari Hypertext Preprocessor, sebuah bahasa pemrograman yang dirancang untuk mengakomodir proses pemngembangan sistem berbasis website.

Bagi blogger maupun web developer, bahasa pemrograman PHP mungkin sudah tidak asing lagi. Karena bahasa PHP juga digunakan oleh berbagai CMS populer seperti WordPress atau Joomla.

Agar kamu mengenal lebih dalam terkait PHP, pada artikel kali ini sudah kami siapkan berbagai kelebihan bahasa pemrograman PHP yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan ketika kamu ingin membuat website menggunakan layanan hosting murah atau VPS dengan spesifikasi rendah.

Kelebihan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

apa itu php

1.Lebih Gampang untuk Dipelajari

Mudah dipelajari adalah salah satu kelebihan dari bahasa pemrograman PHP yang perlu kamu ketahui. Hal ini sangat penting karena programmer pemula sering kali merasa frustasi ketika tidak berhasil memahami konsep bahasa pemrograman tertentu pada awal mula belajar.

Baca juga:

 Jika kamu ingin terjun sebagai web developer atau programmer, PHP merupakan bahasa pemrograman yang recommended untuk dipelajari meskipun masih dalam tahap belajar. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan berbagai contoh studi kasus, tutorial, hingga dokumentasi yang disediakan dengan sangat lengkap dan jelas.

2.Memiliki Dukungan Komunitas yang Besar

Adanya komunitas pengguna PHP yang cukup besar menjadi kelebihan berikutnya yang patut kamu pertimbangkan. Kehadiran komunitas sendiri nantinya akan sangat berguna ketika kamu mengalami deadlock atau kasus error yang tidak bisa diselesaikan. 

Jika masih dalam proses belajar, kamu bisa bergabung dengan komunitas pengguna bahasa pemrograman PHP dari seluruh dunia. Sementara di Indonesia sendiri saat ini ada komunitas PHP ID yang rutin berbagi informasi dan update perkembangan seputar dunia pemrograman.

3.Bahasa Pemrograman yang Dirancang untuk Website

Di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini semakin banyak bahasa pemrograman baru berbasis framework yang bisa digunakan. Namun, berbagai bahasa pemrograman tersebut sayangnya kerap kali tidak cocok dengan sistem yang sedang kita buat.

Terlepas dari itu, jika project yang sedang kamu buat merupakan sistem web based atau seluruhnya berbasis website, maka bahasa pemrograman PHP sudah sangat tepat. PHP sendiri sejak dari awal memang sudah dirancang agar bisa lebih optimal ketika digunakan untuk membuat website, jadi kamu bisa lebih mudah meracik tampilan maupun fungsi sesuai keinginan.

Baca juga : coding adalah? 

4.Jumlah Pengguna PHP Sudah Banyak

Mengutip dari survey Wikipedia pada tahun 2019 silam, setidaknya bahasa pemrograman digunakan sebanyak 78,8 persen untuk mengakomodir infrastruktur situs website yang ada di seluruh dunia. 

Angka tersebut tentu sangat luar biasa mengingat saat ini sudah ada belasan bahasa pemrograman lain yang dianggap lebih modern dan advance untuk mendukung kebutuhan ekosistem digital.

Penggunaan bahasa pemrograman PHP sendiri juga sangat fleksibel untuk mengakomodasi segala jenis website. Mulai dari website e-commerce, blog personal, company profile, hingga situs media sosial.

Keuntungan lainnya dalam mempelajari bahasa PHP yakni nantinya akan lebih mudah mendapat pekerjaan, karena sebagian besar website sampai sekarang masih dibangun dengan mengandalkan bahasa pemrograman PHP sebagai tulang belakang. 

5.Tidak Berbayar

Keunggulan lainnya dari bahasa pemrograman PHP adalah lisensinya yang berbasis open source sehingga pengguna tidak harus mengeluarkan sepeserpun uang. Ya, kamu tidak salah baca, meski sudah banyak memiliki basis pengguna dan komunitas global, bahasa pemrograman PHP sampai sekarang bisa didapatkan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi atau kebutuhan perangkat lunak tertentu. Sangat menarik, bukan?

6.Fleksibel

Fleksibilitas a=merupakan poin penting ketika bicara soal bahasa pemrograman. Beruntungnya, PHP memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi ketika digunakan untuk membuat berbagai kebutuhan.

Web developer bisa mengembangkan fungsional website kapanpun sesuai trend jika dibutuhkan tanpa harus merombak ulang struktur PHP yang sudah dituliskan. Karena setiap perubahan fungsi yang dilakukan akan tetap bisa berjalan beriringan dengan kode lama yang sebelumnya sudah ada.

7.Tersedia di Banyak Platform

Aspek penting lainnya dari bahasa pemrograman PHP adalah ketersediaan di berbagai platform. Kamu bisa menggunakan bahasa PHP di windows, Linux, Mac OS, atau Unix. Sehingga tidak perlu menyiapkan perangkat baru untuk mulai belajar PHP.

8.Lebih Banyak Kontrol di Tangan Web Developer

Untuk bisa menghasilkan sebuah sistem atau platform yang dinamis dibutuhkan kontrol penuh di tangan web developer. Bahasa pemrograman PHP sadar betul akan hal ini, sehingga tidak ada lagi hambatan berupa script code yang rumit dan panjang seperti pada bahasa pemrograman lain. 

Nah, itulah sekilas rangkuman terkait apa itu PHP dan keunggulannya. Secara umum, PHP adalah bahasa pemrograman populer yang memiliki berbagai kelebihan, terlepas dari peruntukannya yang memang didesain untuk mengakomodir proses pembuatan website, PHP juga sangat mudah dipelajari oleh pemula yang ingin terjun ke dunia teknologi. Jadi, kamu tidak perlu ragu jika ingin mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini.