Artikel terbaru

Plot hole: Membuat film bagus jadi jelek

Bagi para penikmat film pastinya sudah tau dengan apa yang dinamakan Plot Hole. Nah, plot hole ini bisa membuat film bagus malah jadi jelek alasannya karena kita sadar dan bilang "Haaah, kok gitu sih" atau malah kita ngerasa film itu kok kesannya aneh ya? Kesalahan ini bisa disengaja dan juga bisa tidak, lagian ga cuma di film hal ini bisa kita temui. Bisa juga ada di komik, novel, anime atau yang lainnya.

Sebenernya saya bingung mau kasih judul apa, karena tidak banyak yang tau mengenai hal ini makanya akan saya bahas secara lebih lanjut mengenai apa yang dinamakan Plot Hole


Apa itu Plot Hole

Seperti namanya, Plot = Alur, Hole = Lubang. Jadi Lubang pada cerita. Maksudnya lubang adalah ketika suatu cerita tidak sesuai logika kita. Untuk logika sendiri sebenernya bukan diukur dari logika kita melainkan dilihat dari logika di dunia film itu sendiri. Misalnya nih:

Film romantis, yang punya logika yang sama dengan di dunia nyata lalu tiba* dalam film tersebut malah muncul Alien dan Robot*an ala transformers. Kan aneh? Misal lagi nih, di film joget* ala india pas lagi ada adegan joget*nya trus tiba* sesosok ninja muncul langsung ikut joget.

Nah, itulah yang dinamakan plot hole. lain lagi kalo film tersebut berjenis Sci-fi yang mana munculnya alien adalah hal yang wajar. Atau genre Action, munculnya ninja itu juga wajar. Sudah paham kan? Plot hole itu juga ada 2 macem, yaitu plot hole besar dan plot hole kecil. kalo yang besar itu semua penikmat film menyadarinya, kalo yang kecil hanya orang yang teliti aja yang sadar. Yaa meskipun ga seberapa mengganggu jalan cerita tetep aja ngerusak suasana kita yang lagi nonton.

Apa itu Plot Hole
Sebagai contoh coba lihat adegan anime diatas. sang anak ga bisa ngelepasin seatbelt di mobil. Padahal ceritanya itu lagi mau dibunuh sama pembunuh. mau kabur ehh malah ga bisa lepasin seatbelt. Kalo secara logika saya harusnya seatbelt itu mudah banget buat dilepasin. Walau 'itunya' masih nancep ngapain buat ngelepas coba? toh tinggal angkat talinya ngelewatin tubuh udah beres.
Baca juga: Cara membuat aplikasi nembak cewek di android
Nah hal sepele kayak gini kadang saat kita sadar akan ngerusak suasana nonton film. Paham kan? bukan malah terbawa suasana tapi malah bikin jengkel. yaa kayak sinetron indonesia *upss*. Jadi intinya plot hole itu adalah segala sesuatu yang tidak sesuai logika di dunia film itu sendiri. Pastinya tiap film itu punya alam (universe-nya) masing*.

Itu juga tiap genre yang sama juga punya universe masing* jadi ga bisa dicmpur aduk'kan malah jadinya nanti bakal kacau. Oke, sudah tau kan apa itu plot hole? lalu apakah kamu punya film lain yang menurutmu ada plot hole? Silahkan sharing disini lewat komentar.



Post Comment

Thanks for your comment