Artikel terbaru

Arti Singkatan dan Kepanjangan COD Yang Sebenarnya

Arti Singkatan dan Kepanjangan COD Yang Sebenarnya, buat kamu yang bisa beli barang online baik di fjb kaskus, situs jual beli seperti olx, berniaga atau toko bagus. Pasti ada istilah Singkatan COD, yang namanya COD sebenernya sudah umum di kalangan penjual atau pembeli yang melakukan transaksi online.

Namun taukah kamu makna COD yang sebenarnya? apa sih kepanjangan COD itu? mari kita bahas lebih lanjut soal arti kata cod ini.

Arti Singkatan dan Kepanjangan COD


Kepanjangan COD berasal dari bahasa inggris yaitu Cash on Delivery atau bisa juga Collect on Delivery.

  • Cash on Delivery: Dibayar saat pengiriman
  • Collect on Delivery: Pungutan (biaya) pengiriman
Dua arti kata cod tersebut memiliki makna yang sama tapi umumnya kebanyakan orang mengartikan Cash on Delivery, yaitu pertemuan antara penjual dan pembeli di suatu tempat yang telah di sepakati dan akan dibayar pada tempat tersebut sesuai harga yang telah di sepakati.

Contohnya: kita sebagai pembeli, mau beli hp ke seorang penjual bernama si mr X, nah si Mr X nentuin tempat untuk pembayaran, misalnya di alun*. Nah, kita sebagai pembeli juga berhak menentukan tempatnya karena biar sama* diuntungkan. Kalo sudah deal tempatnya pembayaran akan dilakukan di tempat tersebut.

Kira-kira seperti itu arti kata cod, namun makna tersebut sebenernya salah.


Kepanjangan COD
yang sebenernya

Sesuai arti katanya Cash on delivery, makna sebenernya adalah kita bayar saat barang telah terkirim. COD adalah sistem pembayaran melalui kantor pos dan pembayaran akan dilakukan setelah barang sampai. Jadi sebenernya kita ga perlu lagi keluar dari rumah atau ketemuan di suatu tempat untuk melakukan pembayaran.

Jadi makna sebenernya COD itu kayak kita pesen pizza, nah itu kan dianter? saat barang sampai kita tinggal bayar. kalo ga bayar yaa barang bakal kembali lagi ke seller/penjualnya. jadi kita tinggal santai aja di rumah.

Tapi berhubung maknanya udah beda, mau ga mau kita harus ngikutin makna yang kita bayar di tempat janjian yang sudah di sepakati. Nah, COD sendiri identik sekali dengan yang namanya bisnis online. Seperti misalnya kamu membeli baju dari toko online dan toko tersebut menyediakan pembayaran COD maka makna COD bakalan menganut makna yang pertama, yaitu kamu pesan barang terus kamu tinggal nunggu aja barang tersebut sampai rumah kamu dan untuk pembayarannya nanti kamu cukup kasih uangnya kepada kurir yang mengantar. 

Seharusnya pembayaran lewat COD ini bisa menjadi salah satu Peluang Bisnis Online karena menurut saya tidak banyak lhoo toko yang menyediakan fitur pembayaran COD, kalaupun ada biasanya hanya terbatas di beberapa kota saja dan tidak bisa menjangkau seluruh indonesia. Saya sendiri lebih suka dengan pembayaran COD karena kita baru bayar ketika barang sudah kita terima dan kita tidak perlu khawatir lagi dengan yang namanya seller nakal.

Setidaknya, dengan adanya pembayaran COD kita bisa menarik kepercayaan pembeli kepada kita sebagai penjual. So, udah tau kan Arti Singkatan dan Kepanjangan COD Yang Sebenarnya? jadi saat ada yang bilang cod kamu ga perlu bingung lagi. hehe. Baca juga: Arti fap fap

Post Comment

Thanks for your comment