Wednesday, October 11, 2023

Daftar Urutan Nonton Anime Sword Art Online

Pengen nonton anime sao tetapi tidak tahu bagaimana urutan yang benar? Kalau begitu mari yuk kita bahas lebih lanjut disini. Bagi yang baru saja kenalan dengan dunia anime dan baru tahu juga dengan adanya anime bernama sword art oline pasti sedikit bingung ketika nonton seri ini. Kenapa? Karena anime sao termasuk ke dalam salah satu anime yang punya banyak judul.

Sehingga rasanya tidak asik kalau ada bagian film yang belum kita lihat karena kita tahu tentang urutan sword art online yang benar. Anime sao sendiri ceritanya itu diambil dari light novel yang dikarang oleh Reki Kawahara. Kisahnya ialah tentang pemain game online yang terebak di dalam game yang dimainkan. Karakter utama di dalam anime ini ialah si Kazuto Kirigaya atau mudahnya kita sebut dengan kirito.

Anime Sword Art Online

urutan sword art online

Cerita dimulai ketika di tahun 2022 sebuah game Virtual Reality berbasis MMO dirilis. Nama game tersebut adalah bernama sword art online, sebuah permainan rpg yang mirip banget dengan game yang biasa kita mainkan. Yaitu sebuah game yang memiliki sistem dimana kita bisa melakukan grinding dengan memburu monster untuk menaikkan level. Permainan SAO sendiri di dalam anime ini cukup populer.

Download juga:

Meski begitu penjualan dari game sao itu sendiri sangat dibatasi. Karena cuma tersedia 10 ribu copy saja dan semuanya itu langsung terjual habis. Lalu tragedi dimulai ketika di awal peluncuran game ini. Yaitu semua player yang punya salinan gamenya login ke dalam game tersebut. Awalnya sih tidak ada masalah karena gamenya cukup asik dan menyenangkan.

Lalu di suatu senja yakni waktu di dalam gamenya dimulai, semua player di kumpulkan jadi satu. Dari sinilah sang Admin atau Game Master permainan SAO memberikan informasi kalau para player tidak akan bisa logout sebelum bisa menamatkan gamenya. Sejak itulah petualangan si kirito di anime sao dimulai. Kalau begitu langsung saja yuk kita bahas daftar urutan anime sao ini.

Daftar Urutan Nonton SAO

Inilah daftar urutan nonton sao yang benar.

  • Sword Art Online Season 1
  • Sword Art Online: Progressive (Opsional)
  • Sword Art Online: Extra Edition
  • Sword Art Online Season 2
  • Sword Art Online Ordinal Scale
  • Sword Art Online: Alicization
  • Sword Art Online Alicization War of Underworld
  • Sword Art Online Alicization War of Underworld Part 2

Urutan sword art online yang tepat itu adalah seperti daftar diatas, akan saya jelaskan sedikit tentang masing-masing judul seri sao ini. Hanya saja kamu akan mendapatkan sedikit spoiler, namun saya usahakan untuk tidak terlalu memberikan spoiler yang bisa mengganggu asyiknya nonton anime ini waktu pertama kali. Tetapi kalau kamu benci spoiler lebih baik skip saja tulisan saya di bawah ini.

Sword Art Online Season 1

Untuk mengawali cerita maka kamu harus nonton seri sword art online season 1 yang tayang di tahun 2012 dengan total 25 episode. Seri pertama inilah yang akan menjelaskan bagaimana awal mula si kirito terjebak di dalam gamenya. Serta apa saja yang bakalan dia hadapi dan temukan disana.

Sword Art Online: Progressive (Opsional)

Kalau kamu ingin nonton urutan sao secara tepat, maka setelah kamu melihat anime sword art online season 1 di episode 3 langsung saa kamu melihat seri sao bernama progressive berikut. Kenapa? Karena seri inilah yang bakalan menjelaskan secara lengkap hubungan si kirito dan asuna. Seri ini termasuk ke dalam versi the movie dan ketika tulisan ini dibuat film sao progressive berikut masih belum rilis.

Urutan untuk nonton film ini sebenarnya ketika kita selesai nonton episode 3 atau berapa gitu. Yang jelas cerita yang ada pada versi the movie sao ini masih fokus di lantai awal. Tetapi kamu bisa menonton versi progressive berikut setelah selesai nonton versi sao season 1. Terserah sih pilih yang mana lagian nonton the movie sao progressive sub indo ini termasuk opsional kok. Dengan kata lain bisa dilihat dan juga bisa tidak.

Sword Art Online: Extra Edition

Urutan sword art online selanjutnya ialah kita harus nonton versi spesial dulu sebelum lanjut nonton seri season 2. Yah, walaupun melakukan skip pada film sao spesial ini pun juga tidak masalah. Soalnya sao extra edition ini sebagian besar cuma recap doang. Kalau tidak salah 90% recap dan sisanya adegan baru.

Sword Art Online Season 2

Setelah selesai nonton film spesial, maka kamu bisa langsung nonton versi season 2 sampai habis yang punya 24 episode. Kalau sudah tamat, disini kamu punya beberapa pilihan yaitu nonton anime sao yang lain atau langsung lanjut sesuai urutan ke versi sekuelnya. Seri lain yang saya maksud disini adalah anime sao yang berjudul Gun Gale Online.

Sword Art Online Ordinal Scale

Film satu ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya karena berupa the movie dan bukan tv series. Tetapi kalau kamu ingin nonton sao secara berurutan maka kamu tidak boleh melewatkan film the movie yang bernama ordinal scale berikut.

Sword Art Online: Alicization

Akhirnya sampailah kita pada seri bernama alicization dimana si kirito sekatang sudah pindah game. Di film ini fokus utamanya adalah tentang membuat AI atau kecerdasan buatan.

Sword Art Online Alicization War of Underworld

Kisah anime sao masih berlanjut dan ketika kamu sudah selesai menyaksikan season sebelumnya maka kita bisa beranjak ke part dua bernama Alicization War of Underworld. TV series satu ini nantinya dibagi menjadi dua part sehingga kalau sudah tamat langsung saja lanjut ke part 2.

Sword Art Online Alicization War of Underworld Part 2

Urutan sao yang terakhir adalah bernama Alicization War of Underworld Part 2 yang merupakan kelanjutan secara langsung dari seri sebelumnya. Film ini masih punya cerita yang sama karena memang masih termasuk ke dalam proyek alicization. Dari sinilah seri anime sao terhenti dan kita harus menunggu beberapa tahun lagi sampai muncul versi season terbaru.

Nanti versi terbaru tersebut bakalan dinamakan dengan Sword Art Online Unital Ring yang sampai kini ceritanya masih berlanjut. Itulah dia daftar urutan anime sao yang bisa saya bagikan kepada kamu. Semoga tulisan ini bisa membantu buat yang pertama kali kenal dengan anime bernama sword art online. Kalau begitu saya akhiri tulisan ini dan selamat menonton.