Artikel terbaru

Alasan Kenapa Musik Itu Haram?

 Ada yang tau ga sih kenapa ada yang bilang musik itu haram? Disini saya mau bahas tentang itu namun saya tidak membahas perkara hukumnya melainkan saya ingin membahas kenapa musik bisa dianggap haram? Tulisan saya tentang musik haram ini murni dari pemikiran saya sendiri.

Jadi ini hanyalah opini pribadi saya, kalau kamu tidak setuju tidak apa-apa toh tidak ada paksaan. Oke mari kita mulai, pembahasan kita. Kamu pernah berpikir tidak sih kenapa musik bisa dikatakan haram? Kalau saya pernah makanya saya menuliskan pemikiran saya pada artikel ini.

Haramnya Musik

musik haram

Hal yang pertama yang bisa membuat musik itu haram adalah musik bisa bikin manusia lupa. Lha kok bisa? Gini, kamu pernah denger musik tidak sih? Apakah kamu pernah denger musik yang bisa bikin kamu sedih, bikin kamu marah atau seneng? Nah, menurut saya pokok permasalahan musik itu ada disini. Musik itu bisa mempengaruhi kondisi emosi seseorang, oleh karena itu tidak heran kalau musik bisa dikatakan haram.

Tahukah kamu kalau setan itu bisa melalui masuk kepada diri kita melalui emosi, sebatas pengetahuan saya setan bisa masuk melalui emosi negatif yaitu marah, sedih, galau, gelisah dan yang lainnya. Nah, saya rasa ini ada hubungannya dengan musik, kalau kamu dengerin musik yang bisa bikin emosi kamu berubah bukankah hal ini bisa jadi salah satu pintu masuk setan kepada diri kamu?

Bahkan keberadaan musik sendiri biasa digunakan utuk dugem, orang yang ingin menghilangkan stress dan lain sebagainya. Padahal musik ini hanyalah solusi sementara. Hubungan musik bisa menjadi haram adalah karena musik bisa saja salah satu faktor yang bisa membuat kita melupakan keberadaan tuhan semesta alam. Inilah yang menurut saya musik bisa dikatakan haram karena bisa mempengaruhi kondisi emosi seseorang.

Selain itu hal lain yang tidak saya sukai soal musik adalah tentang liriknya, jujur aja sih saya suka dengerin musik tetapi saya tidak sembarang suka dengan segala musik apalagi musik masa kini. Nah hal lain yang bikin saya benci tentang musik adalah tentang video clip musik sekarang yang dipenuhi dengan hal yang mengundang syahwat.

Coba lihat beberapa video clip musik semisal rihanna, beyonce, katy perry, taylor swift dan lain-lain. Berapa banyak video mereka yang mengumbar dan mempertontonkan tubuh mereka? Saya rasa hampir 97% video mereka dipenuhi dengan hal ini. Terutama video clip yang lagunya dibuat oleh orang barat mana saja, walau tidak semuanya. Lihat saja musik seperti despacito yang saya sendiri belum pernah melihat secara penuh video clipnya namun saya tau kalau lagu ini dipenuhi dengan hal diatas.

Alasan lain kenapa musik itu haram adalah karena musik adalah salah satu sarana setan untuk menjauhkan kita dari ketuhanan. Membuat kita terbiasa melihat hal yang harusnya tidak biasa, seperti tubuh wanita. Kalau mau contoh lain kamu bisa coba search di google atau youtube dengan kata kunci musik, kamu pasti menemukan video clip yang mengandung unsur diatas.

Salah satunya saya tidak sengaja mencarinya di google dengan menulis kata kunci music namun yang keluar malah ada salah satu video clip yang ada wanita menggunakan baju renang. Padahal niat saya ingin mencari gambar ilustrasi untuk tulisan ini. Itulah kenapa saya lebih suka dengan musik yang tidak memiliki unsur diatas di video clipnya.

Yaa seperti video clip dari band Owl City, dan yang lainnya karena saya kurang tau band-band masa kini yang tidak ada unsur yang saya maksud. Makanya saya selalu menghindari video clip musik yang terlalu vulgar karena alasan hal ini.

Kesimpulan

Musik haram adalah karena bisa mempengaruhi emosi seseorang yang bisa membuat setan masuk dengan mudah ke dalam diri mereka dan kedua musik sekarang dipenuhi dengan hal-hal yang menjauhkan kita dari ketuhanan baik itu lirik dan video clipnya.

Bagaiamana menurut kamu? Itu saja sih yang bisa saya pikirkan kenapa musik bisa disebut sebagai haram. Jadi daripada dengerin musik kamu bisa mencoba dengerin ceramah ustad, tilawah al quran, atau malah kamu bisa baca quran, dzikir dan perbanyak sholat dan berbuat baik ketika kamu merasa hidup kamu hampa dan tidak punya tujuan.

Yaah daripada dengerin musik yang cuma bikin kamu sedih dan galau saja mending melakukan hal diatas. Karena terkadang kita juga perlu mengobati hati dan otak kita dengan hal-hal yang positif.

Post Comment

Thanks for your comment