Sunday, July 12, 2015

Cara memindahkan data game ke Sd card


Cara memindahkan data game ke Sd card
Jika anda penggemar games sekaligus pengguna HH berbasis android rasanya anda cukup kebingungan untuk Memindahkan data aplikasi/game ke Sd Card namun itu sangatlah mudah, Ukuran game yang biasa ada di Android cukup besar dan hal ini tidak mungkin kita menyimpan ke penyimpanan memori Internal yang biasanya ukurannya cukup kecil. ada yang 1 gb, 2gb, bahkan cuma 500 mb. Tergantung Vendornya menyediakan seberapa besar dalam penyimpanan memori internal.

Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana cara memindahkan data Obb ke dalam memori Eksternal/Sd card. Baiklah kita mulai memindahkan aplikasi ke sd card.


Cara memindahkan data aplikasi ke Sd card

Pertama siapkan dulu bahan-bahan untuk memindahkan data kita ke sd card
  • FolderMount Download Via Playstore (membutuhkan akses root)
  • File data/obb aplikasi yang mau kita pindahkan
Baiklah, pertama android kamu harus di root, mudah kok cara Root-nya dan jika gagal Root saat ini tidak menyebabkan efek apa*. Jika pengen meRoot android kamu baca artikel saya sebelumnya Cara Root android dengan mudah. Jika sudah Install FolderMount lalu buka dan Exit.

Lalu masuk ke penyimpanan di android kam
u, cari game yang mau di pindahkan ke memori sd card.

memindahkan data ke eksternal

Lalu letakkan di SD Card/Android/obb atau bisa juga di Sd Card/Android/data, Ingat data android itu ada 2, yaitu Android/obb dan Android/data. android DATA, yang merupakan sebuah data game/aplikasi yang memuat Cache dan progress yang sudah kita mainkan dalam game. Letaknya di Android/data Biasanya data disini berisi tentang cache/level yang telah kita mainkan pada sebuah game. sedangkan data Obb yang berisi file-file yang dibutuhkan dalam game agar game bisa berjalan dan letaknya ada di Android/obb

Pindahkan data obb ke dalam folder eksternal Android/obb
cara memindahkan data ke memori eksternal

Jika sudah sekarang copy nama folder data aplikasi yang mau kamu pindahkan.
Sekarang masuk ke penyimpanan Internal, lalu buat folder baru di dalam folder Android/obb dan paste nama folder yang telah kamu copy tadi. Intinya disini kita membuat 2 buah folder dengan nama yang sama, 1 di internal dan satunya lagi di sdcard. Dan di dalam folder sd card tersebut terdapat data Obb game kita.
memindahkan data aplikasi
Jika sudah sekarang buka Foldermount yang sudah kamu install tadi. lalu klik pojok kiri atas dan pilih apps analyzer. cari Game yang datanya mau dipindahkan. Misalnya disini saya mau memindahkan data game Plant vs Zombie 2, jika sudah ketemu lalu klik Klik
plant vs zombie
Pilih Create Pair pada bagian Obb, seperti yang saya katakan diatas. Silahkan pilih pada data yang mau di pindahkan. jika mau memindahkan datanya pilih create pair pada bagian data, begitu juga dengan Obb. kamu bisa juga memindahkan keduanya. 

Berhubung saya mau memindahkan data obb jadi saya pilih Create pair pada bagian Obb.

memindahkan data game ke sd card
Jika ada pilihan Yes atau No pilih No aja, trus klik pada bagian destination lalu cari Folder yang berisi file Obb di memori eksternal
memindahkan data aplikasi ke sd card
Jika sudah klik centang pada bagian kanan atas, lalu nanti akan jadi seperti ini.

memindahkan aplikasi ke sd card
Lalu centang pada bagian Exclude from media scan, jika tidak dicentang juga gpp tapi ntar malah ada keanehan pada memori sd cardnya. Oh ya, jika ini tercentang maka nanti memori internal tidak akan terbaca pada komputer. Jadi, kalo mau mindah data ke komputer dulu uncentang dulu yang Exclude from media scan.
install aplikasi di sd card

Jika sudah klik pada simbol berbentuk paku sampai warnanya jadi hijau seperti gambar diatas.
data plant vs zombie
Jika sudah cek ukuran game kamu, jika ukurannya menjadi besar seperti gambar diatas, maka Cara memindahkan aplikasi ke sd card ini sudah berhasil. Oh ya, tiap kali kamu restart/reboot kamu harus mengaktifkan tombol paku sampai menjadi hijau. Jika tidak ingin repot aktifkan saja secara otomatis lewat pengaturan di settings. Selesai deh, gimana mudah bukan ? hal ini bisa dilakukan pada semua game dan caranya seperti diatas. Oh ya, jika kamu penggemar Coc, kamu wajib baca Simbol illuminati pada coc

1 comment