Artikel terbaru

Pahlawan tanpa tanda jasa dalam dunia komputer

Halo Anuerz, ketemu lagi sama saya Mr.Anu :D
Salam anu,,

Oke kali ini aku akan membahas tentang Orang yang berjasa dalam dunia komputer. Yah, dalam jaman era modern seperti sekarang dunia tak terlepas dari apa yang namanya Komputer.
Dunia sekarang sedang memasuki Era Digitalisasi. Tapi taukah kamu orang yang paling berjasa dalam dunia Komputer?



Oke, tapi sebelum itu aku akan ajak kalian untuk menebak. Diantara gambar dibawah ini manakah yang menurut kalian paling berjasa dalam dunia perkomputeran?


Adakah Orang yang kalian kenal?
Tidak ada, bagaimana dengan Gambar ini?

Gimana?
A. Dennis Ritchie
B. Steve Jobs atau
C. Bill Gates
Silahkan pilih tapi kurasa rata-rata kalian pasti akan memilih Steve Jobs (Founder Apple.Inc) atau Bill Gates (Founder Microsoft). Sebenernya itu tidak salah tapi jawaban yang paling benar adalah A. Dennis Ritchie.
Buat kalian yang awam dalam dunia komputer kalian pasti tidak tau siapa itu Dennis Ritchie. Dialah orang yang paling berjasa dalam dunia Komputer!

Dennis M. Ritchie. Pria kelahiran 9 September 1941 ini adalah seorang ilmuwan komputer yang telah  membuat bahasa pemrograman C dan berbagai sistem Operasi Unix yang dia kembangkan bersama Ken Thompson.

Tahukah kamu dia adalah orang yang sangat berpengaruh dalam dunia Komputer sekarang. Hanya beberapa orang yang tau siapa itu Dennis Ritchie, dan beberapa orang itu adalah seorang Programmer atau aplikasi Developer. 

Dialah orang yang telah menemukan Bahasa Pemrograman C yang Akhirnya berkembang jadi C++ atau C#. Keberadaannya seakan hanya angin lalu bahkan Kematian tentang dia pun tak seheboh Kematian Steve Jobs, pendiri dari Produk terkenal Apple yang terkenal karena kemewahannya dan juga Inovasi-inovasinya yang menggebrak. dan juga tentu terkenal akan kemahalannya :p

Sang Maestro ini wafat tepat seminggu setelah wafatnya Steve Jobs, yaitu tanggal 12 Oktober 2011. Kalau berita wafatnya Jobs "sangat menghebohkan", Dennis Ritchie wafat dalam suasana hening. Dan yang harus diingat adalah tanpa adanya Dennis Ritchie, Bill Gates atau Steve Jobs tidak akan pernah dikenal seluruh dunia.

Dari dua orang ini Steve Jobs dan Dennis Ritchie meninggal pada tahun di bulan yang sama. Steve sebagian besar dianggap pahlawan, dan sementara itu Dennis diabaikan oleh dunia . Hanya segelintir Programmer yang tau Jasa dari seorang Dennis Ritchie dan juga kematian beliau.

Padahal tanpa Steve jobs tidak ada yang namanya iPhone, iPod, iPad atau Macintosh, namun tanpa Dennis Ritchie tidak ada yang namanya C. Tanpa C ga ada yang namanya Unix, Windows atau Linux. Tanpa C ga ada yang namanya C++ maupun Objektif C.  ga ada C berarti ga ada juga yang namanya  MacOS X, iOS, Photoshop, Corel,  FLStudio, Firefox, Google Chrome, Playstation (PS 1, PS 2, PS 3), Xbox, Java dan masih banyak lagi.
Tanpa dia kita akan membaca bilangan binary yang berupa ngka-angka saat kita menyalakan komputer!

Faktanya, 90% Aplikasi di dunia ini ditulis memakai Bahasa Pemrograman C, C++ maupun Objektif C.

Jadi, siapa yang paling berjasa?
Secara teknis Dennis lah yang melahirkan tokoh besar sperti Steve Jobs dan Bill Gates, namun sangat disayangkan keberadaan Dennis seakan tidak dianggap. kematian Steve Jobs mampu membuat dunia menjadi heboh maka kematian Dennis Ritchie hanya dianggap sebagai angin lalu saja. Ternyata, dunia ternyata lebih berpihak pada segala sesuatu yang glamor.

Dialah pahlawan tanpa tanda jasa dalam dunia perkomputeran, meskipun dia sudah banyak menerima berbagai penghargaan bergengsi. namun tetap saja bagiku dia adalah seorang pahlawan yang tak dianggap dunia.
Bapak dari Bahasa C.

Go Open Source!!

Credit:
http://memobee.com
http://codepolitan.com

Post Comment

Thanks for your comment