Artikel terbaru

Kok Anime Bagus Tidak Ada Lanjutannya & Manga Bagus Tidak Ada Animenya??

Pertama, sebelum membahas itu mari kita pahami 1 kata ini, yaitu BISNIS. Kalo kita bicara soal bisnis maka apa yang bakalan kita cari?? Dan apa sih yg ada dipikiranmu kalo denger kata tersebut?? Coba deh artikan hanya dalam 1 kata aja bisa ga??

Hmmm, apa yaaa?? Sukses bukan? Hmm, iya bener. Untung?? Bener juga tapi yg paling bener itu cuman 1. Uang, yup! Itulah kenyataan yg tetjadi di dunia industri anime dan manga. Semua orang yang pergi berbisnis pasti ingin dapat untung dan sukses kan tapi dibalik semua itu ada motif dibaliknya, yakni uang. Karena baik untung dan sukses ujung*nya ada sangkut pautnya dengan uang.

Kenapa Banyak Anime Bagus Tidak Ada Lanjutannya & Manga Bagus Tidak Ada Animenya??

memahami industri anime dan manga di jepang

Jadi jangan heran kalau misal kamu menyukai suatu anime dan kamu menonton seri tersebut sampai habis dan kamu pengen nambah lagi? Mana nih lanjutannya kok ga ada? Jika kamu bertanya mengenai kok tidak ada lanjutannya, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan yaitu antara lain:

  1. Manganya sudah tamat ga?
  2. Animenya mengadaptasi sampai berapa chapter di manga?
Kalo yang pertama misal manganya sudah tamat tapi masih tetap tidak dilanjutkan sampai tamat yaa jangan berharap lebih karena kemungkinan tidak akan ada lanjutannya lagi, jadi silahkan aja baca manganya sampai selesai karena bisa jadi animenya tidak dilanjutkan adalah karena saat dibuat animenya tidak menguntungkan pihak studio.

Supaya suatu anime bisa mendapatkan season lanjutan kriteria yang harus dipenuhi adalah laris atau tidaknya penjualan Bluray Disk atau mudahnya kaset DVDnya itu. Jadi kalau kaset dvdnya tidak terlalu menjual yaa jangan berharap kalo bakalan ada lanjutan dari anime tersebut karena pihak studio hanya mengambil keuntungan dari bd sales. 

Minimalnya supaya ada season lanjutan dari suatu anime, paling tidak penjualan bluray harus mencapai 10.000 keping. Hmm, banyak bukan? Terus bukan hanya itu saja, studio pembuat anime tersebut juga menjadi salah satu faktor ada tidaknya lanjutan dari anime tersebut. Jadi meskipun penjualan bd sudah mencapai target tapi pihak studionya terkenal akan tidak membuat season lanjutan kedua atau ketiga yaa tetap saja tidak akan ada. Kalo Manga gimana??

Manga ini kok tidak ada animenya??

Nah, begitu pula dengan manga. Namanya juga bisnis jadi ga semua manga yang menurut kamu bagus bakalan dibuat versi animenya. Kenapa? Karena jika seandainya manganya bagus tapi saat dibuat animenya malah tidak menjual hal itu tentu saja bakalan membuat rugi pihak studio kan? Pihak studio pun dalam memilih manga mana yang akan dibuat versi animenya pun juga pilih-pilih.

Biasanya pihak studio bikin anime yang sumber material dari manga maka mereka bakalan pilih manga yang benar-benar sukses besar dan terkenal. Tapi terkadang pihak studio juga pilih amannya saja  seperti test pasar terlebih dahulu.

Contohnya anime boku hero no academia, kenapa season 1 kok cuman 13 episode? Yaa itu karena mereka ingin melakukan test apakah boku hero ini bakalan laku atau tidak. Nah kalo udah laku, lihat sendiri kan? Season 2nya malah dibuat sampai 25 episode. Lalu selanjutnya kalo beneran laku keras bakalan ada season 3nya. Bahkan boku hero pun sudah direncanakan bakalan ada season ketiganya.

Kok Tidak Banyak Anime Yang Episodenya Kayak One Piece Atau Naruto Sih?

Pernah terpikirkan seperti itu? Udah punya gambaran ga kenapa kok sedikit sekali anime yang kayak BIG 3 (Big 3 ini biasanya: Naruto, One Piece, Bleach +Fairy Tail). Sedikit sekali kan anime yang punya episode terpanjang? ada 2 hal yang mempengaruhi kenapa animenya tidak dibuat long running saja.

1. Manganya Terkenal Ga?

Hal pertama yaa tentu saja manga tersebut terkenal ga sehingga versi animenya dibuat versi long runningnya. Tau ga sih maksud long running itu? Itu lhoo biasanya kan anime itu punya episode antara 11-13 atau 22-25. Nah biasanya kalo anime punya episode seperti itu artinya itu anime musiman alias per season. Kalo long running itu punya episode lebih dari itu dan tidak terbatas oleh musim. Animenya bakalan lanjut hingga manganya tamat. Walau ga semua bakalan lanjut sampai manganya tamat sih, jadi tergantung situasi dan kondisi. Apakah selama manganya lanjut masih bagus atau ga manganya.

Karena biasanya di dalam manga tiap bulan atau tiap minggu gitu bakalan ada survey untuk melihat manga mana yang menjadi favorit. Kalo manganya mengalami penurunan peringkat yaa siap-siap aja manga tersebut bakalan terpaksa di axed (baca dihentikan paksa) dan pihak penerbit akan memberitahukan kepada mangaka untuk segera menamatkan atau membuat versi terakhir dari manganya tersebut.

Salah satu contohnya yaa beelzebub, lihat aja animenya tidak lanjut sampai manganya tamat dan manganya terkena Axed. Jadi jangan heran kalo ceritanya sedikit maksa.

2. Studionya  

Hal lain yang mempengaruhi adalah di studio manakah anime tersebut dibuat karena kebanyakan studio lebih memilih untuk membuat anime per season saja daripada dibuat versi long runningnya. Salah satu contoh studio yang selalu ada seri long runningnya adalah Studio Pierrot yang merupakan studio yang juga membuat anime tokyo ghoul yang sekarang sudah ada season 3-nya. Salah satu contoh anime panjang yang dibuat studio tersebut adalah Boruto, Naruto, Bleach dan yang lainnya.

Yaa jangan heran yaa kalo namanya industri kreatif seperti itu karena namanya juga manusia pasti semua butuh uang kan untuk hidup. Bukan hanya untuk memuaskan hasrat penonton saja, soo pada akhirnya jangan terlalu berharap jika ada manga lawas yang episodenya putus di tengah jalan dan kamu berharap bakalan ada season lanjutannya, hal seperti itu hampir bisa dibilang tidak mungkin. Kecuali memang kalau pihak studio sudah kehabisan akal dan ide soal mau ngambil bahan yang mana.

Yaa, bagaimana? apakah kamu sudah paham soal dunia industri anime dan manga? Sudah ngerti kan kenapa banyak anime bagus tidak ada lanjutannya dan manga bagus tidak ada animenya. 

Post Comment

Thanks for your comment