Artikel terbaru

Tips membeli kamera untuk Pemula yang ingin belajar Photography

Tips membeli kamera

Tips membeli kamera untuk Pemula yang ingin belajar Photography


Tips membeli kamera, ketika kalian masuk dunia fotografi kalian diwajibkan mempunyai sebuah kamera. Nah, benda satu inilah yang wajib dimiliki setiap fotografer. Kalian akan diwajibkan memilih satu diantara sekian banyak jenis dan model kamera.  Namun, bagi seorang pemula mungkin akan bingung dalam memilih sebuah kamera. Berikut tipsnya.

Sesuaikan dengan Budget anda
Sesuaikan budget kalian, hal terpenting adalah melihat budget/dana yang kalian miliki. Jangan terlalu ingin membeli kamera dengan harga yang terbilang mahal karena hal itu akan percuma jika kalian tidak bisa menggunakannya dengan baik dan juga hal itu akan sia-sia jika kalian membeli kamera hanya untuk selfie semata. Sesuaikan dengan kantong kalian karena mahal belum tentu baik, yaa meskipun dengan harga yang mahal kita juga bisa mendapatkan fitur yang lebih.

Pilih Sistem yang sesuai
Sistem yang di maksud di sini adalah seperti ProSumer, DSLR, & Mirorrless, sedikit informasi mengenai hal diatas, Prosumer (Profesional Consumer) adalah Kamera Pocket (Ukuran sensor sama dengan kamera Pocket) yang memiliki Kemampuan setting manual layaknya kamera Profesional (DSLR & Mirorrless), dengan memakai jenis sistem ini kalian bebas mengatur Aperture (Bukaan/Diafragma), Shutter Speed, dan juga ISO, bentuknya juga lebih Compact jika di bandingkan dengan DSLR. Untuk DSLR pasti anda sudah tau, sedangkan Mirorrless adalah sebuah pembaruan teknologi dari DSLR, jadi spesifikasi 11-12, yang membedakan hanya Mirorrless tidak memiliki Kaca pemantul yang berguna untuk memproyeksikan ke Viewfinder (Jendela Bidik), jenis Viewfinder yang di gunakan di DSLR adalah OVF (Optic View Finder), sedangkan di Mirorrless menggunakan EVF (Electronic View Finder), tidak semua mirorrless memiliki EVF, kebanyakan mengandalkan LCD seperti kamera Pocket, intinya Mirorrless sudah full Electronic, sedangkan DSLR masih setengah menggunakan Konvensional.


Balik lagi ke massalah sistem kamera, untuk anda yang memang masih belum mengerti sama sekali mengenai dunia Photography disarankan untuk memilih Prosumer sebagai langkah awal, karena Prosumer penggunaanya sangat mudah dan simple seperti kamera Pocket pada umumnya, tidak terlalu banyak tombol, dan menu yang membingungkan, tapi tetap masih bisa diatur Manual settingan kamera. Dengan Prosumer anda di sarankan untuk belajar dasar dari Photography, mulai dari belajar mencari Angle atau Posisi foto yang benar, juga mendalami settingan di berbagai keadaan. Prosumer juga tidak terlampau mahal untuk anda yang ingin belajar Photography dengan Budget tipis, beberapa Prosumer yang di rekomendasikan contohnya: Canon SX520HS, Canon Powershot S110, Samsung EX11, Fujifilm S4300, Fujifilm HS35EXR, Nikon P-Series, dsb.
Sedangkan sistem DSLR & Mirorrless di tujukan kepada anda yang sudah mengetahui lebih dalam tentang Photography, untuk anda yang masih pemula pun juga tidak apa* untuk membeli jenis kamera DSLR, terkadang lebih baik pelajari yang sulit dulu baru yang mudah.
Balik lahi ke Urusan Budget jika mau membeli DSLR maupun Mirorrless.


Pertimbangkan Merk
Untuk tips membeli kamera cobalah pertimbangkan mengenai merk. Disini saya tidak berharap kalian terlalu memfavoritkan salah satu brand. Namun akan membantu mempermudah anda dalam menentukan pilihan, semakin banyak sebuah brand kamera yang di pakai di sekitar anda, semakin mudah pula hal yang bisa anda coba secara langsung kamera yang anda inginkan, tidak hanya bertanya melalui forum, “kamera x apakah bagus?” dsb, anda lebih enak jika mencoba sendiri, untuk membedakan mana yang bagus dan mana yang tidak adalah dengan adanya banyak hal yang dipilih. Meskipun masing-masing brand mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jangan terlalu banyak membeli Acesories
Karena anda masih sangat awam dengan Photography, saya sarankan untuk tidak terlalu berlebihan membeli  Acesories, cukup yang standart saja seperti, Tas, Filter, Cleaning Kit, dan Dry Box jika memungkinkan, jangan sampai anda langsung membeli Speedlite, Tripod, lensa tambahan lagi, Batterygrip, dsb, cobalah kenali kamera anda dulu, coba semua aliran photography yang ada, semua Acesories di atas akan sia-sia jika anda masih dalam tahap belajar, butuh proses untuk anda bisa dan tau kegunaannya.

Belajar Photography itu susah-susah gampang, tergantung niat kita apakah ingin belajar mendalaminya lagi, jangan lupa terus mencoba memotret, jangan sampai patah semangat, sering-sering main di forum-forum untuk membantu anda, posting foto anda di sana, minta pendapat kepada mereka yang lebih berpengalaman, silahkankan juga anda bertanya untuk settingan dari hasil foto yang anda lihat menarik, kemudian terpkan dan di coba.


Itulah sedikit tips membeli kamera untuk Pemula yang ingin belajar Photography
-Salam Jepret-

Post Comment

Thanks for your comment