Artikel terbaru

Jenis layar sentuh pada smartphone

jenis layar sentuh pada smartphone

Jenis layar sentuh pada smartphone

Smartphone merupakan teknologi yang sedang ramai saat ini, apalagi smartphone yang berbasis android. Kini teknologi android telah menguasai pasar dibandingkan Blackberry, iOS ataupun windows phone.

Masyarakat pun sepertinya telah dimanjakan oleh smartphone yang berbasis open source yaitu pengguna bisa melakukan modifikai pada phone tablet mereka. Namun, dibalik itu tahukah kamu tentang jenis layar pada smartphone? Kebanyakan saat kita membeli sebuah ponsel pintar kita tidak memperhatikan baik jenis maupun kualitas pada layar device kita.

Padahal hal ini juga penting, well. Sekarang saya akan kupas mengenai jenis layar pada smartphone masa kini.

Resistive touchscreen

Yaitu touchscreen yang cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan 2 buah lapisan transparan yang berfungsi untuk mengukur perbedaan resistensi apabila disentuh. . Berasal dari kata resistansi jadi layar jenis ini penggunaannya membutuhkan tekanan pada jari ataupun pada stylus. Ciri utama layar ini adalah kita bisa menekan layar ini dengan menggunakan benda tumpul apapun seperti pulpen misalnya. Kekurangan layar ini adalah tidak bisa multitouch. Yaitu menekannya dengan 2 jari atau 3 jari secara bersamaan.

Capacitive touchscreen

Merupakan jenis layar sentuh pada kebanyakan smartphone masa kini. Yang memiliki Cara kerja dengan mengukur interaksi yang diberikan dengan menggunakan gesekan sinyal elektrik yang terjadi antara sentuhan jari kita dengan layar transparent grid. Layar inipun sudah mendukung multitouch dan layar ini juga bisa menggunakan stylus yang bersifat konduktor. Penggunaan layar inipun kita tidak perlu menekannya terlalu keras.

Jadi layar berjenis capacitive tidak bisa menggunakan sembarangan stylus seperti halnya pada layar berjenis resistive.

Untuk mengetahui jenis layar sentuh pafa smartphon klian cukup mudah. Coba sentuh layar kalian menggunakan kuku kalian. Cukup gesekkan kuku kalian perlahan, jangan terlalu keras. Dan jika layar merespon dengan sentuhan kuku berarti layar kalian berjenis Resistive dan jika tidak merespon beraryi berjenis capacitive.

Itulah Jenis layar sentuh pada smartphone. Bagaimana, sudah tahukan layar sentuh jenis apa yang sedang kalian pakai?


Post Comment

Thanks for your comment