Artikel terbaru

Logo?

Apa itu logo
Apa itu logo?

Sangat banyak istilah yang berkaitan dengan logo, karena itu diperlukan suatu landasan pengertian agar mengerti secara definisi saja. melainkan pemahaman yang menyeluruh. Kita perlu memahami apa yang sedang kita kerjakan supaya mendapatkan sebuah hasil kerja yang maksimal.

Kali ini saya akan membahas tentang Apa itu logo? Meskipun saya seorang Amdes tapi saya akan berbagi pemahaman tentang logo.




Sebelum membuat logo, ada baiknya kita memahami apa itu logo. Masing-masing istilah ini tidak berdiri sendiri melainkan saling terkait satu sama lain, jadi lebih baik bila dibaca dan dipahami secara keseluruhan supaya medapat pemahaman yang lengkap dan tidak salah persepsi.
Menurut wikipedia
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.  Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.
Wikipedia
Arti logo
Logo adalah hal yang paling penting ketika kita bicara mengenai merk atau sebuah produk. Logo ini harus sesuai dan mencerminkan kredibilitas sebuah perusahaan dan yang tidak kalah penting juga logo itu harus identik dengan produk atau merek. 

Selain itu logo juga harus Memorable atau gampang di ingat dan di identifikasi.



Coba anda sebutkan logo perusahaan apa yang diatas?


Pasti kamu taukan? itulah pentingnya logo yang mampu membangun sebuah identitas perusahaan. Tidak peduli perusahaan itu besar ataupun kecil pasti perusahaan itu memiliki sebuah wajah yang berupa logo. Dengan sebuah logo yang hebat sebuah perusahaan akan terus menggema. Makanya membuat logo itu butuh proses yang tidak gampang!


Ada dua kunci elemen yang masuk dalam pengembangan sebuah logo. Yang pertama Logo Teks,
Dalam desain grafis, menampilkan nama perusahaan adalah sama pentingnya dengan visual grafis atau gambar yang menyertainya. Tidak hanya kata-kata menyampaikan makna, "melihat" kata menyampaikan arti juga.  

Desainer grafis yang hebat tahu bagaimana menggunakan font yang berbeda untuk menyampaikan makna dan emosi yang berbeda untuk khalayak mereka. Tentu menggunakan font yang tepat adalah penting untuk keterbacaannya juga, karena kamu juga harus tahu tempat dimana logo itu lebih banyak digunakan.
Biasanya Logo Teks ini disebut dengan Logotype.

makna logo
Logotype

Logo ini berasal dari bahasa Yunani logos, yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi. Pada awalnya yang lebih dulu populer adalah istilah logotype, bukan logo. Pertama kali istilah logotype ini muncul pada tahun 1810-1840, yang memiliki arti sebagai: tulisan nama entitas yang didesain secara khusus menggunakan teknik lettering atau memakai jenis huruf/font tertentu.




Jadi awalnya logotype adalah berupa elemen tulisan saja. Pada perkembangannya orang membuatnya makin unik dan berbeda satu sama lain. Mereka mengolah huruf/font itu, menambahkan elemen gambar, bahkan tulisan dan gambar berbaur jadi satu, dan semua itu masih banyak yang menyebutnya dengan istilah logotype.

Ada beberapa logo yang mengandung Hidden Meaning. Sebuah logo yang memiliki makna tersembunyi di dalamnya

Dan ini juga memiliki fungsi
  1. Identitas diri. Untuk membedakannya dengan identitas milik orang lain.
  2. Tanda kepemilikan. Untuk membedakan miliknya dengan milik orang lain
  3. Tanda jaminan kualitas
  4. Mencegah peniruan/pembajakan
Yang kedua Logo gambar, gambar dan grafis adalah hal yang banyak di ingat orang mengenai log yaa memang pada dasarnya manusia lebih mudah mengingat sebuah gambar daripada nama/teks.

Gambar desain logo sering menjadi komponen kunci pemasaran setiap perusahaan. Selama jangka panjang, logo elegan bisa mendatangkan bisnis lebih dari iklan. Desain logo yang baik bukanlah suatu pilihan bagi setiap bisnis yang ingin bertahan dalam bisnisnya. 

Desain logo yang baik adalah suatu keharusan. Mampu menempatkan desain logo yang hebat, dan unik pada semua materi promosi perusahaan dan administrasi adalah langkah pertama untuk menciptakan pengenalan merek yang kuat. Dengan logo yang dirancang dengan baik, sebuah perusahaan akan selalu menempati yang terdepan. Logo gambar ini juga biasa disebut Logogram  Yaa meskipun pemahaman ini ada sedikit kekeliruan.
Apa itu logogram
Logogram

Jika logotype adalah elemen tulisan pada logo, maka umumnya orang beranggapan logogram adalah elemen gambar pada logo. Kemungkinan besar istilah logogram ini telah mengalami perubahan makna dikarenakan kemiripan kata dengan logotype.




Sebenarnya logogram adalah sebuah simbol tulisan yang mewakili sebuah kata/makna. Contoh: angka-angka dan lambang-lambang matematika. '1' mewakili 'satu, '+' mewakili 'tambah'.
Fungsi: untuk mempersingkat penulisan sebuah kata, contoh: '&' untuk menyingkat 'dan', '#' untuk menyingkat 'nomor'. Logogram sering juga disebut ideogram (simbol yang mewakili sebuah ide/maksud)
Logo dan brand
Brand
Berbagai bidang memandang sebuah brand dari sudut pandangnnya masing-masing, antara  lain: bisnis dan keuangan, marketing, advertising, sales, promotion, public relation, komunikasi, desain grafis, semiotic, psikologi, statisktik, antropologi, sosiologi, dan lain-lain.

Karena itu makna brand menjadi sangat luas. Alina Wheeler menulis dalam bukunya 'Designing Brand Identity': "Makna brand dapat berubah sesuai dengan konteksnya. Kadang brand sebagai kata benda, kadang sebagai kata kerja. Kadang menjadi sama dengan nama perusahaan dan harapan konsumen."
Di masyarakat umum, brand secara populer dianggap sama dengan logo, merek, atau nama entitas. Semua bersifat fisik semata.

Padahal sebenarnya brand lebih merupakan rangkuman pengalaman dan asosiasi terhadap sebuah entitas, jadi jauh lebih dalam dari sekedar fisik saja.
Sedangkan branding adalah kegiatan membangun sebuah brand. Membuat identitas, termasuk logo, merupakan salah satu kegiatan branding.
Brand memiliki makna yang jauh lebih dalam dan luas daripada logo. Logo berbentuk benda fisik yang bisa dilihat, sedangkan brand mencakup keseluruhannya, baik yang fisik, non-fisik, pengalaman dan asosiasi.
Seumpama manusia:
  • Logo adalah wajahnya
  • Identitas adalah penampilan fisiknya (termasuk logo), komunikasi dan perilakunya. 
  • Brand adalah keseluruhan manusia itu, jiwa dan raganya (termasuk identitas, otomatis termasuk logo juga).
Brand merupakan rangkuman nilai-nilai esensial dari entitas.
Untuk mengerti apa itu logo maka kita harus mengerti Untuk apa itu logo?

Logo itu untuk... Identifikasi 
Sebuah logo mengidentifikasi sebuah perusahaan atau produk melalui penggunaan tanda, bendera, lambang, simbol atau tanda tangan. Sebuah logo tidak menjual perusahaan secara langsung melainkan menggambarkan bisnisnya. Logo itu merupakan sebuah makna penggambaran dari kualitas yang ada pada simbol.

Logo ada untuk di identifikasi, singkatnya arti atau makna logo itu lebih penting dari apa yang terlihat.
Untuk menggambarkan konsep ini coba pikirkan logo sebagai Orang. Kamu pasti suka kan dipanggil dengan nama kamu bukan kamu yang dipanggil dengan penjelasan. Contoh: si A yang suka tidur di kelas. si B yang berambut pendek dan mamakai setelan ini dan itu. 

Dengan cara penggambaran itu logo tidak benar-benar menggambarkan apa yang dilakukan pada bisnisnya melainkan untuk mengidentifikasi bisnis itu dengan cara yang mudah dikenali dan diingat. Dan yang perlu untuk di catat ketika logo jadi terkenal itu dimaksudkan untuk kita bisa mengenali "Orang"  melalui namanya.
Logo adalah identifikasi bisnis atau produk dalam bentuk yang paling sederhana.

Hope you understand !! 

Bagi yang sudah mengerti apa itu logo bisa juga membaca Proses atau langkah-langkah membuat logo 

Sumber: Buku "mendesain logo", Surianto Rustan, S. Sn. dan berbagai sumber
 

Post Comment

Thanks for your comment