Artikel terbaru

Kenapa Kalo Marah Selalu Nyebut Anjing dan Babi?! Padahal Masih Ada Nama Hewan Yang Lain??

Tahukah kamu kalo umpatan anjing dan babi itu hanya ada di indonesia?? Pernah ga sih kamu menyebut salah satu diantara 2 hewan tersebut ketika kamu lagi marah?? Ngaku aja deh, pasti pernah 'kan. Terus kamu nyadar ga sih, kenapa coba kamu nyebut hewan 'anjing' dan 'babi' padahal masih ada nama hewan yang lainnya.

Itulah yang sedikit menggelitik saya sehingga saya mempertanyakan hal itu, saya heran. kenapa yaa? kok orang-orang lagi marah selalu nyebut kata anjing dan kata babi, dengan kenyataan kalo hewan yang hidup di dunia ini bukan cuman 2 hewan itu aja. Pasti dong kamu bisa menyebutkan 10 nama hewan yang ada di pikiranmu sekarang selain 2 hewan diatas.

Kenapa Kalo Marah Selalu Nyebut Anjing dan Babi?

panggilan anjing

Seperti yang sudah saya katakan di awal kalo umpatan anjing dan babi itu hanya ada di indonesia, yaa itupun menurut pandangan saya pribadi. Karena saya sendiri belum pernah sekalipun tau kalo orang bule di luar sana saat marah menyebut 'dog' ataupun 'pig' dimana kedua kata tersebut merupakan bahasa inggris dari anjing dan babi.

Coba deh kamu telusuri youtube, terus kalo kamu bisa menemukan orang bule yang lagi marah dan mengumpat dengan kata-kata diatas berarti kamu hebat. Kalo bisa silahkan kamu bisa memberikan linknya kepada saya. Mari kita lanjutkan, anjing dan babi merupakan salah satu kata kotor yang jika kita ucapkan kepada seseorang yang tidak kita kenal mereka PASTI MARAH. Mau coba??

Silahkan pergi ke mall, kantor polisi ataupun dosen dan guru kalian juga bisa. Lalu dengan keras teriakkan kata "Anjing lo" atau bisa juga "Babi lo" dihapadan mereka yang tidak kamu kenal maupun yang kamu kenal dan lihat reaksinya??  Marah? Sudah pasti, 99.99% orang pasti akan marah mendengar hal itu karena kata anjing dan babi sudah termasuk menjadi kata-kata kotor.

Asal mula kata-kata ANJING sebagai kata kotor!!

Jujur saja, saya tidak menemukan referensi yang valid mengenai asal mula kapan kata anjing ini menjadi kata-kata kotor. Tapi dugaan saya adalah kata ini sudah muncul sejak jaman penjajahan?? Terutama setelah merdeka, apalagi kalo jaman penjajahan dulu kita diperlakukan seperti binatang (anjing) yaaa contohnya aja romusha dan rodi.

Asal mula kata-kata BABI sebagai kata kotor!!

panggilan babi

Sama halnya dengan kata babi, saya pun tidak menemukan referensi satupun mengenai populernya penyebutan kata babi sebagai umpatan. Jadi untuk asal mulanya masih belum diketahui namun yang jelas kata ini sering digunakan untuk menghina, menjelekkan dan yang lainnya. Namun kenapa harus babi dan anjing??

Alasan Penyebutan kata Babi dan Anjing Sebagai Kotor

Kemungkinan jawabannya adalah karena babi itu haram untuk dimakan, begitu pula dengan anjing. Yaitu air liurnya yang najis atau alasan yang lain adalah karena mereka hewab yang kotor. Terutama yang Babi, kalo ga salah babi itu adalah makhluk yang serakah bahkan hingga saking serakahnya kotorannya sendiri pun dimakan sama dia.

Tapi kalo karena hewan yang kotor saya rasa itu kurang masuk di akal, yaitu jika bicara mengenai hewan kotor masih ada kok hewan lain seperti kerbau. "Dasar Kerbau Lo", ga ada deh kata tersebut. Tapi kalau kerbau itu kotornya lebih ke arah kotor sama lumpur yang digunakan untuk membajak sawah. Oke lanjut, gimana kalo serangga (kumbang).

Masih ada hubungannya sama sesuatu yang kotor dan juga ada hubungannya sama kerbau, namanya kumbang tahi kerbau. Jadi, misal kata umpatan diganti jadi "Dasar kau kumbang tahi kerbau" itupun masih terlalu panjang, oke kita ganti dengan nama latin dari kumbang itu aja. "Oohh, Dasar Aphodius Marginellus", lebih enak diucapkan tapi bawaannya malah kayak baca mantra di harry potter.

Oke, kata yang tak sebutkan diatas ga cocok karena dasarnya kata hina'an atau umpatan itu harus singkat, padat dan jelas. Kayak anjing dan babi itu tadi. Apa kamu punya saran kata hewan apa yang perlu kita gunakan dan salahkan ketika kita sedang marah dan kesel?? Silahkan tulis pemikiranmu di kolom komentar.

Post Comment

2 comments

Click here for comments
14 May, 2017 21:22 ×

Ane lebih suka yang "Oohh, Dasar Aphodius Marginellus" gan

Balas
avatar
admin
02 June, 2017 16:51 ×

Hehe. Mari kita viralkan, kalo marah pakai kata itu aja gan. :udud

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment