Sunday, July 3, 2016

BENTUK BUMI ITU DATAR!! Kamu Islam Percaya Bumi Bulat? Otakmu Telah Dicuci !!

BUMI ITU DATAR!! Kamu Islam Percaya Bumi Bulat? Otakmu Telah Dicuci!! ga penasaran kenapa saya bilang gini? judul yang sangat kontroversial huh? Ini kedua kalinya saya membawa-bawa nama agama dalam postingan saya dimana yang sebelumnya saya membahas soal COC Itu haram dan menghina islam.

Seperti yang kita tau dan diajarkan di sekolah bahwa 'katanya' kalo bumi itu bulat?? bahkan kita tidak tau dan belum pernah melihatnya namun percaya begitu saja dengan data dan foto* yang ada yang mana mungkin aja foto* tersebut hanyalah rekayasa CGI.


BUMI ITU DATAR
!!

BUMI ITU DATAR
Pernah ga kita melihat bentuk bumi yang sebenarnya? jawaban kamu pernah? dimana? di foto? emang bisa dikatakan kalo foto itu adalah bentuk bumi yang asli? Dari pertanyaan diatas kamu mungkin masih belum yakin soaal bumi itu datar karena tidak sesuai logika kamu dan kamu muncul berbagai pertanyaan kayak:
  • Jika bumi itu datar lalu bagaimana pesawat bisa terbang bolak balik ?
  • Jika bumi itu datar bagai mana terbitnya siang dan malam?
  • Dan masih banyak lagi pertanyaan yang ada di pikiran kamu.
Tenang aja, nanti semua pertanyaa itu bakal terjawab kok kalo kamu terus membaca dan mengikuti artikel ini sampai akhir.


Bentuk bumi yang sebenarnya dalam islam

Dalam islam sendiri masih belum dijelaskan bentuk bumi itu kayak gimana tapi kalo menganut ayat ini.

ÙˆَالْØ£َرْضَ بَعْدَ Ø°َٰÙ„ِÙƒَ دَØ­َاهَا
Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.

Berarti bumi itu dihamparkan yang artinya bumi itu datar.

lalu bagaimanakah terbitnya siang dan malam jika bumi itu datar??

Bentuk bumi yang sebenarnya dalam islam

Coba perhatikan, yang warna oranye/kuning itu adalah matahari dan sedangkan yang putih adalah bulan, terbitnya siang dan malam itu hanyalah soal persepsi kita. Matahari sendiri hanya bergerak memutar mengikuti pola "Sacred Geometry" bahwa semua benda langit itu mengitari bumi. Bukan bumi mengitari matahari.

Bukti bahwa bumi itu tidak bulat

Bukti bahwa bumi itu tidak bulat
Di dalam agama manapun fakta kalo bumi itu tidak bulat juga sudah umum, baik dalam kristen, buddha, islam dan yang lainnya. Faktanya masih belum ada satupun foto yang mengatakan kalo memang bumi itu benar* bulat, selama ini kita hanya ditunjukkan foto* alam semesta/bumi yang bentuknya bulat yang mana bisa jadi itu hanyalah HOAX atau kebohongan.
Islam sendiri mengatakan kalo bumi itu ada 7 lapisan, dan ketujuh lapisan ini di agama lain dinamakan the firmament. Sesuatu yang transparan tapi tidak dapat ditembus bahkan oleh nuklir sekalipun.

“Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan.” (QS. Ar-Rahman (55):33-34)

Bumi itu datar dan bentuknya itu kayak lempengan DVD yang mana tujuh lapisan langit ini atau yang dinamakan the firmament ini bentuknya kayak mangkok yang dibalik ke dalam sebuah piring. jadi ibaratkan bumi kita itu piring yang dilindungi oleh lingkaran mangkok. Sederhananya bagilah 1 bola menjadi setengah, terus yang lingkaran bola itu adalah lapisan langit di bumi dan di tengahnya itu datar yang merupakan tanah yang kita pijak.

Kamu ga percaya kalo lapisan langit itu tidak dapat ditembus oleh nuklir sekalipun?? INI buktinya, ada 6 video yang membahas semua itu dengan lengkap dan video ini meruntuhkan anggapan dan keyakinan saya kalo bumi itu bulat dan pastinya kalo ada yang bilang bumi itu datar pasti banyak yang mengira orang itu sudah gila.

Silahkan dilihat semua videonya dan barulah kamu bisa memutuskan mau percaya atau tidak.


Episode 2

Episode 3

Episode 4


Episode 5 yang menujukkan bahwa lapisan langit tidak dapat ditembus oleh nuklir.


Jika kamu sudah menonton semuanya pasti kamu bakal mengerti! Video diatas sudah menunjukkan data dan fakta kalo bumi itu datar dan tidak bulat.

Jadi kalo hal ini memang benar adanya maka bisa jadi alien itu memang ada tetapi mereka tidak bisa memasuki bumi karena ada 7 lapisan langit??
Terus kalo ini benar maka belum ada satupun orang yang pergi ke langit atau luar angkasa. So, ini merupakan pembohongan publik. kalo ini benar bisa aja memang ada mahkluk lain selain kita atau hanya kita aja? Semua ini memang penuh misteri.


Bumi bulat atau datar
??

Perdebatan bumi datar dan bulat itu sudah ada sejak dulu. Perdebatan antara SAINS dan AGAMA. Alasan kenapa mereka mengatakan kalo bumi itu bulat adalah untuk menjauhkan kita dari keagamaan. So, kalo mau faktanya silahkan lihat video diatas dan barulah berpendapat dan memberikan komentar. Yang terakhir mau percaya atau tidak sekarang cuma tinggal 1, yaitu tergantung keimanan kita mau percaya ilmu sains atau ilmu agama? pilihannya terserah kamu.

Update 13 Juli 2016

Please, jangan sok pintar. Disini bukan tempat adu pintar, adu argumen dan debat kusir. Artikel ini tidak dibuat untuk membodohi, kalo kamu percaya ini adalah artikel pembodohan. TOLONG JANGAN DIBACA, Kasihan banyak orang yang cuma komen* ga jelas yang isinya hanya umpatan, hidup yang malang. Baca artikel yang tidak dia suka hanya untuk mengkritik. Saya ga meyuruh kamu untuk percaya kalo bumi datar! saya hanya menganggap pembahasan soal bumi datar dan bulat itu menarik untuk dibahas. Btw,  Ini adalah artikel khusus buat orang* yang berpikiran terbuka, saya tekankan lagi Yang terakhir mau percaya atau tidak sekarang cuma tinggal 1, yaitu tergantung keimanan kita mau percaya ilmu sains atau ilmu agama? pilihannya terserah kamu.

Bukti BUMI BULAT ATAU DATAR

Pengen bukti?? bumi bulat atau datar? sekarang gini, kita mau memakai pondasi mana? ilmu sains atau ilmu agama? JANGAN SOK*AN Bilang pake "BARU TAU YANG NAMANYA AYAT, PAKE BAWA AYAT* SEGALA. " Please, itu hanyalah ungkapan orang* yang ga mau menerima yang namanya kenyataan dengan membuat alasan untuk dirinya sendiri untuk tidak percaya.

Saya yakin, kamu terdampar di blog ini entah karena pengen mancari kebenaran atau emang sengaja iseng. Trus buat kamu yang pengen mencari kebenaran lalu tau kalo hal yang benar tidak sesuai keyakinan kamu lalu kamu buat yang namanya argumen dengan mempertanyakan ini dan itu. Nah, masalahnya ini mana yang benar??

Saya tidak mau yang namanya SARA, bukan soal mau bawa* ayat dan agama atau apa tapi saya hanya mengambil beberapa hal yang bisa dijadikan fakta atau landasan. Kalo memang ada ayat atau literatur yang berbunyi ini itu maka saya kumpulkan lalu mencari lagi beberapa fakta hingga terkumpul banyak fakta dan menarik suatu kesimpulan. Apa benar bumi bulat atau datar??

Selama ini kita selalu percaya bumi itu bulat, it's oke. Tapi kepercayaan kita itu berasal dari mana? gambar kan? ada yang tanya gini "Lha gambar foto bumi itu apa? Siapa yang ngambil dan blablabla" Nah masalahnya, emang kamu ga pernah yaa lihat film Box Office Amerika?? Emang yakin foto yang kamu bilang itu bukanlah rekayasa CGI??

Kalo mau bukti bumi bulat atau datar, silahkan buktikan sendiri.

Jangan cuma cari artikel di google dengan mengetikkan "Bumi bulat menurut islam", "bentuk bumi sebenarnya", dan yang lain. Lalu menemukan artikel yang dianggap benar, terus posting disini. padahal artikel itu belum tentu benar, masalahnya artikel itu tulisan manusia dan manusia itu dipenuhi dengan salah dan dosa. Kalo memang mau bukti bentuk bumi sebenarnya cukup gampang.

Cukup buka Al Qur'an, Injil, Taurat atau kitab apapun. lalu pelajari baca dan pahami semuanya dan temukan jawabannya sendiri. Ga cuma itu, cari juga dalil* yang valid yang membuktikan kebenarannya lalu tarik sebuah kesimpulan, jangan cuma terpaku pada 1 fakta tapi cari lagi hingga menemukan jawabannya. Gampang kan? daripada dengerin kata orang dan bisanya cuman adu argumen ga jelas dengan sok*an ngata*in orang ini dan itu.

Terus jangan lupa Lakukan eksperimen sendiri.

Pandangan saya soal bentuk bumi

Dulu saya adalah orang yang percaya kalo bentuk bumi itu datar tapi setelah lihat video diatas, saya jadi kurang percaya. Jadi sekarang, saya lebih percaya ke bumi datar 60% Bumi datar dan 40% Bumi Bulat. Hal yang membuat saya ragu kalo bentuk bumi itu Bulat adalah soal bentuk bulan.

Selama ini dari kecil saya kadang mengamati yang namanya bulan daaan bentuk bulan selalu sama, bentuk disini yang saya maksud adalah bentuk 'corak bulan' atau apalah sebutannya. Faktanya, kalo bulan itu berputar pada porosnya harusnya bentuk bulan itu berbeda.

Misal: Hari ini kita lihat bentuk bulan seperti ini tapi 15 hari lagi kita pasti lihat bentuk sisi bulan yang lain kalo emang benar bulan itu berputar tapi malah yang saya lihat, bentuk bulan selalu sama.

Jadi kalo pengen ngebukti'in hal ini sangat gampang dengan memastikan apakah bulan itu berputar pada porosnya atau tidak dengan cara mengambil foto bulan tiap hari sampai hari ke 30 dan mencocokkan tiap foto tersebut apa ada perbedaan di tiap fotonya?


Yang kedua adalah soal Gravitasi, kalo bumi itu berputar. Kenapa air laut itu tidak 'tumpah' keluar? Pasti jawabannya karena gravitasi, gravitasi adalah gaya tarik bumi. Nah, masalahnya adalah ketika bumi berputar membuat air laut tidak tumpah tapi kenapa bisa perputaran bumi tidak membuat sebuah kapal bergerak sendiri tanpa angin? dan tidak membuat diri kita pusing?

lalu kenapa kapal bisa mengapung diatas air? jika ada yang namanya gaya gravitasi, bukankah seharusnya kapal tersebut bisa tertarik ke dalam laut karena adanya gaya gravitasi?? Pernah merasa kita ini sedang berputar?? Terus kenapa perputaran bumi tidak membuat sebuah mobil yang terparkir bergerak sendiri, apa sekuat itukah yang namanya gravitasi? kalo memang sekuat itu, kenapa gravitasi bisa membuat sebuah balon bisa terbang?

Logika Pesawat Terbang

Gini, kalo Bumi itu bulat terus ada pesawat yang mau terbang ke arah mana saja, harusnya kan jika pesawat tersebut terbang lurus dan tidak menurunkan ketinggian maka pesawat bakalan terbang menjauh ke bumi. kenapa? karena kan buminya bulat?

Bumi itu berputar, ya kan? jika bumi berputar. kalo kamu loncat harusnya letak kamu agak menjauh dari titik awal karena efek perputaran bumi. begitu juga dengan pesawat terbang, kenapa harus susah* terbang melawan arah perputaran bumi kalo kita bisa terbang mengikuti arah perputaran bumi??

Bumi memutari matahari

Ini adalah logika kaum penyembah matahari, buat yang muslim kita selalu sholat menghadap arah kiblat. jika bumi bulat maka akan sangat sulit untuk menghadap ke kiblat.

Bentuk bumi sebenarnya

Bentuk bumi

Kesimpulan

Kamu percaya kalo bulan memutari bumi tapi kamu ga percaya kalo matahari memutari bumi?

Mau percaya atau tidak sekarang dikembalikan pada pribadi masing*, kalo memang mau bukti nyata, silahkan cari sendiri dan lakukan riset. Jangan lupa gunakan LOGIKA karena kita manusia berakal. Lagian terlepas dari kamu (yang baca ini) percaya apa tidak saya ga rugi kok, situ percaya? saya ga dapat apa*. Situ ga percaya? saya juga ga dapat apa*. 

So, jika mau berkomentar silahkan tinggalkan komentar yang baik karena sikap seseorang bisa dideteksi melalui sebuah komentar. Hargailah pendapat sesama, karena kita bebas untuk berpendapat. Jika merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan dan ajak lebih banyak orang untuk tau. Jika tidak yaa anggap aja sebagai bacaan fiksi. Wallahu alam, semua kebenaran hanya tuhan yang tau.

168 comments

  1. sekalian aja bumi segitiga

    ReplyDelete
  2. Kalo bumi itu datar..... berarti kitabisa keluar bumi.dengan mdah dong?

    ReplyDelete
  3. bumi itu datar, iya kayak otak lu datar,, terus itu foto bumi yang datar dapet dari mana? katanya kita gak akan bisa nembus langit? tapi itu kok bisa ngambil foto bumi dari ruang angkasa? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg di foto bukan pergi ke luar angkasa tolol.. itu kan mesin berbentuk daftar, itu contoh nya,

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Bilang aja, dya'a pengen d buktiin dengan d ajak ke luar angkasa naik pesawat antariksa.
    Contoh manusia yang terlalu pintar.

    ReplyDelete
  6. kalo gak percaya bumi bulat, terbang aja sendiri..ato nyewa ulang alik...ke luar angkasa buat mbuktiin....

    ReplyDelete
  7. Kenapa balon terbang???Ketaun gak pernah belajar fisika dan kimia..

    ReplyDelete
  8. Hargai pendapat orang lain.
    Siapa yg paling BENAR!? WauLLAH hu A'lam. Hanya ALLAH SWT. Yg MAHA BENAR!
    Kita ini siapa!!? Manusia biasa...paling JAUH kemana!!!???dah sampe mana??!
    Pintar/tau-nya seberapa..
    Sudah dibilang bukan tempat debat/sok2an!!
    Ini bagus pemikiran lain..agar terbuka pikiran kita..
    Bukan itu2 saja, dicekoki dr kecil terimaaa aja!!!
    Kita sudah dewasa...cari tau!!! Mana benar!!
    Demikian keyakinan agama!!! Gunakan akal pikiran hati nurani!!!
    ..Ini kan ada bukti2 di rangkum..ada juga teorinya/ilmunya..
    Ga trima ya bikin blog sendiri!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan goblok mau ditipuin sama artikel ini, artikel ini yg mencuci otak kalian yg goblok menjadi lebih goblok. Yg percaya lebih goblok. Pikir dulu kalau mau percaya pertimbangkan.

      Delete
  9. Ini artikel yg bagus kok.. Video-nya asli.. Ada bukti2.
    Masuk akal!
    Ini yg komen dah pd liat video-nya belom!? Liat dulu!!
    Kalo sy ya 50-50%..hanya kalo bisa di jelaskan ttg terjadinya pergantian siang dan malam..pergantian hari..bulan dan tahun...
    Dlm th hijriah bulan kliatan bulat pd tgl 14-15..lalu bulan akan tertutup..(Bulan sabit)..dst.. Ada penjeasannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikel yang cukup menarik dan saya setuju dengan komentarnya mas.. secara kasat mata memang bumi itu datar seperti dalam penjelasan.. Namun tanpa adanya rotasi bumi, pastinya kita akan siang terus karena bumi datar matahari selalu ada diatas kita..

      Delete
  10. Pengen piknik ke luar angkasa gratis ya..

    ReplyDelete
  11. boleh juga,masuk akal..tp smua kembali ke diri kita masing2..apa yg kita percaya,tu yg kita yakini..smua boleh berpendapat,hak asasi stiap manusia kok..tinggal kalian mau percaya yg mana..gak sah debat,hargai pendapat org..

    ReplyDelete
  12. Saya baru tahu kalau Bulan itu juga berputar pada porosnya,,bukan kah pergerakan Bulan hanya dua,,Bulan berputar mengelilingi bumi,dan Bulan berputar bersama bumi mengelilingi matahari

    ReplyDelete
  13. Bumi itu bulat...akan tetapi yang dihuni oleh mahluk hidup termasuk manusia adalah pada bagian bumi yang datar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DI MANA KALIAN BERADA MAKA HADAPKANLAH WAJAHMU LURUS KE ARAH MASJIDILHAROM
      JIKA TIDAK LURUS BERARTI BENGKOK ATAU MELINGKAR COBA RENUNGKAN

      Delete
  14. Menurut yg saya ketahui, tahu bulat itu sebenarnya juga datar.
    Bayangkan saja jika tahu bulat benar-benar bulat, bagaimana bisa bumbu dan cabe bubuk bisa menempel tanpa jatuh dari permukaan tahu bulat? Jawabannya hanyalah satu, tahu bulat itu pasti datar. Sungguh artikel anda sangat menarik!

    ReplyDelete
  15. Pertanyaan2 inilah yang menunjukan kamu terlihat seperti keledai. Pemahaman tentang agama dan sains masih kurang, tetapi sudah berani buat artikel seperti ini.

    Pertanyaan yang membuatmu semakin terlihat bodoh

    kenapa kapal bisa mengapung diatas air? jika ada yang namanya gaya gravitasi, bukankah seharusnya kapal tersebut bisa tertarik ke dalam laut karena adanya gaya gravitasi?? Pernah merasa kita ini sedang berputar?? Terus kenapa perputaran bumi tidak membuat sebuah mobil yang terparkir bergerak sendiri, apa sekuat itukah yang namanya gravitasi? kalo memang sekuat itu, kenapa gravitasi bisa membuat sebuah balon bisa terbang?

    ReplyDelete
  16. Aduh..ni yg buat artikel sekolahnya belum lulus yah...apa dulu ujian sering nyontek..mendingan belajar dan ngaji dulu sana..

    ReplyDelete
  17. Mabok lumun X ne orang..
    Boss gimana dengan lo sndri pernah liat langsung kalo bumi itu datar?????
    Jadi pelaut ato pilot boss trus lo pergi k.lling dunia ketemu ujung ya ga???
    Kalo lo bisa buktiin secara lagsung dgen teori lo..gw sembah sujud ama lo
    Lo aj belom prnah liat lagsung kn bumi yg lo bilang datar itu
    Otak lo yg udah d.cuci jadi ga usah bawa"agama

    ReplyDelete
  18. Akal, pengetahuan manusia itu bertingkat-tingkat. Bahkan segala sesuatu yang ada di dunia ini semuanya bertingkat-tingkat. Dulu org menganggap bumi ini datar, sekarang dikatakan bumi ini bulat, ada juga yang mengatakan elips, besok lusa dengan tingkatan pengatehuan yang lebih tinggi bisa jadi bumi ini segitiga atau kotak.
    Jadi, menurut ilmu pengetahuan (agama juga termasuk ilmu pengetahuan) tdk ada yang salah dengan hipotesa2 yang dikeluarkan. Anda punya bukti bahwa bumi ini datar, silahkan yakini, karna sampai disitulah pengetahuan anda. Toh orang lain yg comment juga belum pernah liat dari luar angkasa bumi ini bulat atau datar.
    Sama hal-nya dengan agama. Dulu manusia menganggap batu, pohon, adalah tuhan. Kemudian para nabi datang menjelaskan keberadaan tuhan. Disitulah ilmu pengetahuan mereka meningkat. Bagaimana mereka menjelaskan keberadaan tuhan ? bagaimana membuktikan keberadaan tuhan yang bahkan tdk dapat diindrai ? Tentu lebih sulit daripada menjelaskan bumi datar atau bulat. Penjelasan dengan cara agama saja tidak cukup untuk meyakinkan penyembah batu dan pohon yang berpandangan materialis agar mereka percaya kepada sesuatu yg non-materi. Perlu sains juga untuk menjelaskannya, seperti hadits yg menyatakan "Agama tanpa ilmu = buta, Ilmu tanpa agama = lumpuh".
    Jadi tdk perlu saling menjelekkan hanya karna beda pendapat, belajar sains kemudian jelaskan secara agama. Begitu pula sebaliknya. Karena akal maanusia tidak ada batasnya. Wassalam.

    ReplyDelete
  19. Artikel assuh. Sok tau padahal tidak tau sama sekali, tdk ngerti ilmiah dan ilmu. Lo cuma ngelihat berdasarkan sisi agamanya dan tidak disinkronkan dgn ilmu pengetahuan. Silahkan baca ayat Al Mujadalah ayat 11

    ReplyDelete
  20. Dijamin yg bikin artikel pecinta anime.
    Masih bocah.
    Belum kuliah.

    Pemahaman agama kurang.
    Pemahaman sains juga kurang.

    Saya sarankan kamu belajar ilmu itu nggak hanya referensi youtube dan internet, apalagi sumbernya cuman satu dua aja.
    Dari sini keliatan, yg bikin artikel adalah BOCAH KEKINIAN, yang belum diajarin sitasi dan studi literatur di sekolahnya.
    Hati-hati ya dek kalo browsing, jangan mudah percaya apa yg ada di internet tanpa sumber referensi yang jelas.

    ReplyDelete
  21. MAU BULAR KEK MAU KOTAK KEK MAU DATAR KE MAU LONJONG KEK , BODO AMAT !!

    ReplyDelete
  22. Maaf, sepertinya pemilik blog ini hanya cari sensasi agar blognya sll rame dan dapat benefit dr adsense. Adsense tidak dpt mndeteksi isi bacaan. Yg pnting rame aja. Makanya isi blog ini dibuat sedemikian kontroversi

    ReplyDelete
  23. cetek bgt kamu mengartikan Al Quran,,,
    pengetahuan orang2 bodoh jaman jahiliah kok masi di pake,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kata al qur'an bukan kata org jahiliyah..

      Delete
  24. cetek bgt kamu mengartikan Al Quran,,,
    pengetahuan orang2 bodoh jaman jahiliah kok masi di pake,,

    ReplyDelete
  25. Awas penipuan berkedok agama, jangan percaya dengan artikel ini. Hati2 buat penulis artikel, orang tak bertanggung jawab dan merusak mental

    ReplyDelete
  26. Ayat pertama itu diambil dari surat an-nazi'at ayat 30. Coba dipahami dari ayat 1-46. Kalo menurut saya, surrah itu menjelaskan tentang hari kiamat, dan yang dimaksudkan bumi di hamparkan itu adalah bumi di hancurkan SETELAH ditiupnya sangkakala. Hanya memyampaikan pendapat. No Sara.

    ReplyDelete
  27. dicuci otak oleh alquran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaga mulutmu ini cuma orang orant yg salah mengartikan al-quran.

      Delete
  28. Gimana kalau kita tendang orang ini rame2 keluar dari bumi. Biar dia tau gimana bentuk bumi yg asli. Artikel ngeyel n aneh

    ReplyDelete
  29. Artikel ini pembodohan masal.
    Cobak liat d youtube penjelasan bentuk bumi oleh zakir naik menurut Al-Qur'an.

    ReplyDelete
  30. Kalo bumi itu datar kenapa waktu kita lihat kapal di laut yang jauh mau mendekat kok kayak datang dari bawah belahan bumi yang lain trus naik dan mendekat jadi lebih besar ?

    ReplyDelete
  31. Kalo datar, yg paling pinggir gimana ya ? Bisa nyebrang gak tuh ? Haha

    ReplyDelete
  32. Jangan berpuruk sangka dan janganlah saling memaki bukankah kalian seorang muslim?

    ReplyDelete
  33. Belajar science dulu yg bener brey, artikel ente gak berdasar dan terlalu dipaksakan

    ReplyDelete
  34. Flat earth yang dikaitkan dengan konspirasi dunia, masuk akal.
    Saking masuk akalnya sampai saya mencoba berfikir sebaliknya, apa jangan2 ini konspirasi juga untuk memusuhi NASA dan komplotan elit global lainnya? yang nantinya berujung pada permusuhan global?
    Terlepas Bumi itu bulat atau datar, saya yakin bahwa saat ini Islam sedang dimusuhi sekeras2nya oleh musuh2 Islam di penjuru global dengan segala konspirasi / fitnah yang dibuatnya untuk menjauhkan manusia dari ketuhanan dan kehidupan setelah mati.
    Mengenai ayat tersebut, ada penjelasan yang lebih terperinci pada kitab Daqo'iqul Akbar, silahkan anda baca sendiri. Bumi dihamparkan itu adalah keadaan setelah kiamat, bumi dibuat dataran luas yang mana jarak kepala manusia dan matahari hanya sejengkal.

    ReplyDelete
  35. terserah lo aja mau ngebahas apaan, bahas aja tuh otak lo yang ga jelas...

    ReplyDelete
  36. LU PADA YANG COMMENT DISINI UDAH TAU "FREEMASON" ATAU "ILLUMINATI" BELUM..??
    KALO LU BELUM TAU TENTANG "FREEMASON" ATAU "ILLUMINATI" LEBIH BAIK LU DIAM AJA..!!
    JANGAN SOK PINTER DENGAN MENGEJEK POSTINGAN INI..!!
    OTAK LU PADA UDAH DICUCI SAMA ORGANISASI TUH..!!
    SEAKAN2 HANYA TEORI DIA LAH YANG BENAR..
    APA SALAHNYA MENDENGARKAN TEORI YANG LAIN..
    DASAR SAMPAH.. LEBIH BAIK MATI AJA !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mendengarkannya tidak salah... Artikelnya yg gk bener...
      Komentarnya boleh apa aja..
      Itu gunanya kolom komentar njengg

      #lu yang mati aja
      #benerin tuh nulis kalimat

      Delete
  37. sungguh luar biasa bedah Al'Qurannya , ternyata selama ini kita banyak keliru ya....

    ReplyDelete
  38. "Ini adalah artikel khusus buat orang* yang berpikiran terbuka"

    Saya liatnya jadi seperti..

    Yang mempercayai bumi bulat seakan tutup mata terhadap ilmu" sains ataupun apapun itu yg sudaj ada selama ini.. seerti contoh gravtasi.. hanya dilihat dari kalo gravitasi kiat kenapa gak nenggelemin kapal sekalian.. dll

    Yang gak setuju bumi itu bulat juga ndak menerima argumen" yang ada atau telah disampaikan oleh mereka yg percaya.. mentah" lamgsung cari dimana celah untuk menanggapinya..

    Dua"nya sama" punya kebenarannya masing".. tapi gak ada niat menyatukan kebenaran"nya..

    Kalo sama" kekeh dengab pebdapt masing" tapi gak salinh menerima kebenaran dari pihak lawannya berarti dua"nya gak ada yg berpikir terbuka..

    Daripda bawa" agama untuk hal kaya gini.. mending bikin posting tata cara sholat yang baik.. istimeeanya sholat berjamaah.. dll

    Hal" dasar yang sudah pasti akan lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT..

    Saya pribadi lebih kearah mana yang jdi kesimpulan akhirnya aa nanti.. skrang bentuknya masih argumen ini argumen itu..

    Saya gak punya dasar jg buat mmihak percaya bumi bulat atau datar..

    Sibuk benerin sholat sama ngaji buat diri sendiri aja berat..hehhe..

    Kalo nanti dihdapkan fitnah akhir zamam atau freemason ata illuminati.. saya sih cumam berharap pada saat itu Allah SWT bisa menggolongkan saya dalam orang" yg mendapt hidayahnya

    Terakhir.. untuk artikelnya menarik hanya saja kalo bisa judulnya jgn terlalu membawa agama.. rasanya agak berlebihan..

    Kalo debatnya surga neraka itu bulat atau datar mungkin bawa agama ndak terlalu berlebihan..


    ReplyDelete
  39. Pernyataan diatas sebenarnya agak masuk akal....pemikiran kita hampir sama ....sama2 mengatakan bahwa ilmu pendidikan saat sekarang ini bnyak sekali yg bertolak belakang...yg anda sebutkan di atas adalah perbedaan pendapat antara pelajaran SAINS dan AGAMA......tapi sy memiliki kebingungan sendiri dalam perbedaan pendapat antara pelajaran SEJARAH dan AGAMA.....Bgini sy akan menjelaskan sdikit apa yg sy ketahuii.......''Semenjak sy skolah pertanyaan ini slalu muncul di fikiran sy #Manakah yg duluan ada di bumi apakah zaman nabi atau zaman purba(prasejarah), Guru sejarah sy pernah berkata bahwa manusia yg pertama itu bentuknya masih pithekan tropus ereptus ,dimana masa ini manusia masih berbentuk menyerupai kera(bermuka moyet hampir sma dgn monyet), di masa ini manusia blum tau cara berkomunikasi memakai bahasa, manusia blum tau cara memasak, manusia blum tau cara membaca dan tdk mengenal pakaian jadi bisa dibilang di zaman itu manusia tdk menutup aurat dan tdk bisa membaca al qur'an apalagi sholat ...nah sedangkan dlm pelajaran agama manusia pertama itu adalah nabi ada ..jdi bisa dibilang dlm ilmu agama zaman yg pertama itu adalah zaman nabi...di mana zaman nabi ini manusia bentuknya yah seperti manusia skarang namun bedanya hanya pada tinggi tubuh...dan sperti yg kt ketahui di zaman nabi itu Nabi yusuf dikenal berwajah tampan , jdi bisa dibilang pelajaran sejarah itu salah dong krn di sejarah manusia itu masih bermuka dn berbadan kera , sedangkan nabi yusuf itu tampan, dan gini lgi yah di zaman nabi itu nabi muhammad slalu berdakwa, jdi artinya di zaman itu manusia sdh pintar berkomunikasi dong...dan di zaman nabi juga ada yg menulis al qur'an dlm bentuk suhuf atau lembaran , jdi artinya di zaman nabi ini manusia sdh tau cara menulis ..dan di zaman nabi khususnya istri.nabi muhammad saw memakai cadar jdi bisa di bilang di zaman ini sdh mengenal yg namanya pakaian.......Jadi apa masih bisa dikatakan pelajaran sejarah yg selama ini kita pelajari itu benar........Jika kalian mengatakan pelajaran sejarah itu benar jdi bisa dikatakan kaian tdk percaya bahwa nabi adam adalah manusia pertama di bumi....

    ReplyDelete
  40. http://www.lampuislam.org/2013/09/menjawab-tuduhan-bahwa-al-quran.html?m=1

    ReplyDelete
  41. haha bkin blog udh kaya astronot pke bwa ayat gw kira orang beriman tpi mulut kotor.. emberrrrr

    ReplyDelete
  42. Coba lu tonton ceramahnye doktee zakir tentang bentuk bumi ��

    ReplyDelete
  43. Matahari sumber cahaya, ciri daripada siang adalah adanya cahaya.Kalau bumi datar dan matahari cuma berputar diatas bumi datar maka tak akan ada waktu malam. tak akan ada waktu gerhana, tidak ada peristiwa bulan sabit, bulan purnama dst. pada bagian gambar bumi datar semakin ke pinggir kedalaman tanah semakin tipis. padahal semakin menjauhi pulau kedalaman laut semakin dalam bagaiaman bisa semakin tipis lapisan bumi semakin dalam lautan. Kenapa kapan bisa mengapung karena adanya gaya dorong ke atas. kenapa semakin berat benda semakin besar gaya. sudah pasti ada faktor gaya gravitas.

    ReplyDelete
  44. Saya percaya... Freemason, illuminati, new world order dll... Krn alquran 1400 thn lalu sdh menjelaskan siapa yahudi dan apa agenda mereka... Tp saya kembali kpd kenyataan dibelakang saya ada 3 orang yg harus saya beri nafkah... Berdebat ttg ini tidak bisa menafkahi mereka... Buat anda yg percaya silahkan dan tdk jg todak ada paksaan...life still go on

    ReplyDelete
  45. semakin mejauh kapal laut hanya kelihatan benderanya saja sebelum akhirnya hilang semua. itu sudah cukup bukti bumi itu bulat. Silahkan patahkan pendapat saya anda yakin bumi itu datar

    ReplyDelete
  46. Oh jadi bumi itu datar ya? Terus kalo kapal berlayar itu gimana? Perasaan semakin jauh cuma benderanya aja yang keliatan. Terus kalo bumi datar kapal lautnya engga jatuh.

    ReplyDelete
  47. Emang bumi telah dihamparkan-Nya, tapi lu tafsirnya salah. Hamparan bukan berarti datar

    ReplyDelete
  48. Miliyaran org korban mind kontrol. Cobalah utk bebas berpikir, saya rasa artikel ini ckup jelas pemaparan ny. Dan masuk akal, kalo mw protes, tunjukkan bukti yg kredibel, secara matematika geografi, matematika gerhana, dan penjelasan Antartika. Tks

    ReplyDelete
  49. Miliyaran org korban mind kontrol. Cobalah utk bebas berpikir, saya rasa artikel ini ckup jelas pemaparan ny. Dan masuk akal, kalo mw protes, tunjukkan bukti yg kredibel, secara matematika geografi, matematika gerhana, dan penjelasan Antartika. Tks

    ReplyDelete
  50. Saya kurang setuju kalo bumi itu datar, logika kalo bumi itu datar berarti bumi itu berujung, apa ada foto dan video yang bisa menunjuk.kan ujung bumi..? Dan contoh planet lain, kalo bumi datar berarti juga planet lain selain bumi itu datar, apa anda bisa menunjukan sistem tata Surya kalo semua planet bentuknya datar.
    Dan tolong jelaskan fenomena terjadinya gerhana bulan :)

    ReplyDelete
  51. para blogger aku akan memberikan satu kata saja untuk penulis junior kita ini .."maklum".. ini orang pasti masih kecil, awas dek jangan macam2 dengan agama... kuliah dulu sampai s 1 kayak saya.. haha.. lalu pikirkan dulu secara matang sebelum bertindak sesuatu.. hapus postongan ini dengan segera..

    ReplyDelete
  52. kakak sayang sama adek... jadi rubahlah cara berpikir or paradigma adek yg salah itu tentang bumi yang datar... itulah kerugian yg saya takutkan

    ReplyDelete
  53. Menurut ku bumi itu bulat tapi tidak sepenuh nya bulat....
    jika bumi itu datar....!!! Pasti ada sebuah permukaan yang curam...!!! Itu menandakan bahwa itu batas bumi....
    kan di bumi gak ada yang curam... Yang curam hanya jurang... Dan jurang pasti ada ujungnya.... Jika sesuatu yang curam itu tidak ada ujung nya....!!! Maka itu baru batas bumi dan benar apa yang anda katakan....
    tapi saya lebih yakin bahwa bumi itu bulat....
    jika anda tidak percaya coba silahkan berjalan terus menerus / melakukan perjalanan terus menerus hanya satu arah....
    pasti akan kembali ketempat yang sama...!!!
    apakah anda tau bakteri / mikroba....
    itu kan sangat kecil.... Dan jika ditaruh di atas bola maka bagi dia bola itu seperti hamparan / datar... Karna di ameter bola yang sangat besar.... Itu adalh contoh sekaligus maksud ayat yang ada di Al Quran yang menceritakan bumi....

    ReplyDelete
  54. 1. Menyebarkan informasi yang meleset diharamkan dalam agama khususnya Islam
    2. Cepat atau lambat website konspirasi seperti ini bakal dilupakan / di-report.

    Untuk OP cepet sadar ya, anda cuman 1 dari sekian banyak orang yang akan diadili di hari akhir nanti.

    ReplyDelete
  55. Kasian TS dibuli.
    Gw coba bantu deh.
    Ayo dibuka AlQuran nya.
    Buka dan baca an naba ayat 1 sampe 16
    Secara textual, ayat ini tentang berita besar dan bumi.
    Oh iya secara prinsip dasar, bedanya bumi bulat dan bumi datar yaitu, di bumi bulat, para penghuninya menganggap sebuah planet. Dan di bumi datar, para penghuninya menganggap bumi itu tempat khusus yg dibuat Allah, ayo dibuka lagi alqurannya, siapakah kholifah tempat yg disebut bumi. Dari dua pemahaman itu, manakah yg membuatmu lebih mendekatkan diri ke Allah.

    ReplyDelete
  56. Mau nanyak... Kalu bumi itu datar, lalu di balik kedataran bumi itu ada apa? Kalo bumi nggak berputar, kok bisa ada angin?

    Iya saya emang bodo, tapi tolong jawab pertanyaan saya dengan penjelasan yg mudah ya xD

    ReplyDelete
  57. #Bukansokpintar
    Bumi itu kan 2/3 bagian adalah air
    Kalau misalnya buminya datar apakah air itu nggak mengalir dengan deras.Kalau emang bumi itu datar berati air itu udah habis dari dulu dong.Atau masih ada ? darimana? hujan? .Hujan juga awalanya dari air.Jadi kalau nggak ada air bagaimana bisa terjadi hujan?
    Atau karena gravitasi terus airnya nggak mengalir deras?.Coba lihat sungai , airnya mengalir bukan ? padahal terdapat gravitasi .
    Soal kapal yang nggak tenggelam ditarik oleh gravitasi .Itu karena ada tekanan + ruang hampa.Tekanan kapal lebih kecil di banding tekanan air karena ada ruang hampa di kapal itu.Gravitasi itu ada coba saat kalian ke pantai silahkan berlari ke tengah pantai apakah kalian terapung( kecuali kalau memakai pelampung ).Pasti tenggelam bukan?.
    Jadi apakah bumi bulat / datar ?.Silahkan pesan tiket untuk naik roket . Untuk melihat bentuk asli bumi .Sekian............

    ReplyDelete
  58. #Bukansokpintar
    Bumi itu kan 2/3 bagian adalah air
    Kalau misalnya buminya datar apakah air itu nggak mengalir dengan deras.Kalau emang bumi itu datar berati air itu udah habis dari dulu dong.Atau masih ada ? darimana? hujan? .Hujan juga awalanya dari air.Jadi kalau nggak ada air bagaimana bisa terjadi hujan?
    Atau karena gravitasi terus airnya nggak mengalir deras?.Coba lihat sungai , airnya mengalir bukan ? padahal terdapat gravitasi .
    Soal kapal yang nggak tenggelam ditarik oleh gravitasi .Itu karena ada tekanan ruang hampa.Tekanan kapal lebih kecil di banding tekanan air karena ada ruang hampa di kapal itu.Gravitasi itu ada coba saat kalian ke pantai silahkan berlari ke tengah pantai apakah kalian terapung( kecuali kalau memakai pelampung ).Pasti tenggelam bukan?.
    Jadi apakah bumi bulat / datar ?.Silahkan pesan tiket untuk naik roket . Untuk melihat bentuk asli bumi .Sekian............

    ReplyDelete
  59. Paling gampang buktiin bumi itu bulat atau datar liat pas gerhana bulan, liat itu jelas bayangan bumi itu bulat, gak masuk akal kalo bumi datar

    ReplyDelete
  60. Yang baca tulisan ini, ane ga bisa jawab satu persatu. ane agak males ngeladenin orang yang cuma mau menang sendiri. Ane hargai pendapat kalian mau percaya bulat kek, datar kek, terserah.

    Saya ga maksa situ mau percaya apa enggak, tulisan ini khusus buat mereka yg berpikiran terbuka..

    Udah ane bilang, kalo ini artikel pembodohan jangan dibaca!
    Kalo ga percaya yauda! :yaampun

    Kasihan buat yang komen negatif, lagian dah ketahuan sifat kalian kayak gimana :)

    "Ketika kamu menilai orang lain, kamu tidak menilai mereka melainkan kamu menilai diri kamu sendiri"

    Sifat seseorang bisa ditentukan dari bagaimana cara dia berbicara..

    Manusia itu tempatnya salah dan dosa..

    So, ane mau bilang JANGAN MUDAH PERCAYA. baik tulisan ini, ataupun yang lainnya. Soalnya orang yg mudah percaya adalah orang yg gampang kena fitnah. lebih baik bukti'in sendiri, terus kalo ga bisa bicara baik* lebih baik diam.

    Tulisan ini adalah perspektif dari pandangan saya, lagian saya juga bukan ilmuwan yang punya banyak modal buat ngebukti'in ini benar apa enggak dengan cara pergi ke luar angkasa. Jadi percaya apa enggak dikembalikan pada pribadi masing*,

    Makasih buat yang kasih pendapat positif :sipp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dengan Huan jr, jangan percaya dengan semua teori, semua yang didapat di sekolah itu pembodohan... lebih baik kita jangan sekolah seperti Huan jr sehingga bisa berfikir lebih bijaksana

      Delete
  61. Goblok kok dipelihara...klo gak mau ikut sains, ngapain lu mandi pake sabun,pake baju,nonton tipi,pake hp, update status fb
    Goooblllookkkk

    ReplyDelete
  62. Mau bumi bulat ato bumi datar itu ng ada masalah buat saya. Tapi disini yg menarik tentang arah kiblat. Kalau bumi datar maka arah kiblat tertuju hanya 1 arah

    ReplyDelete
  63. di Al Qur'an : “Dan (Ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat "bumi itu datar" dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” (Al-Kahfi: 47)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata (melihat "bumi itu datar") sudah sangat jelas itu adalah batas penglihatan manusia, karena semuanya terhampar rata.

      Tafsir Jalalain
      47.◄(Dan) ingatlah (akan hari yang ketika itu Kami perjalankan gunung-gunung) Kami lenyapkan gunung-gunung itu dari muka bumi, hingga gunung-gunung itu menjadi debu yang beterbangan. Menurut qiraat yang lain dibaca Tusayyaru. (dan kamu akan melihat bumi itu seperti datar) tidak ada sesuatu pun yang ada padanya, baik gunung maupun yang lain-lainnya (dan Kami kumpulkan seluruh manusia) baik mereka yang mukmin maupun mereka yang kafir (dan tidak Kami tinggalkan) Kami tidak membiarkan (seorang pun dari mereka.)►

      Delete
  64. di Al Qur'an : “Dan (Ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat "bumi itu datar" dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” (Al-Kahfi: 47) ...// manusia baru akan sadar apabila bumi kiamat, baru seluruh manusia akan di angkat rohnya dari bumi untuk dapat melihat kebenaran atas perselisihan mereka selama ini. NASA boleh jadi mengklaim diri mereka terbang dan membawa bukti yg benar, persoalannya kita tidak tahu apakah yg mereka klaim itu (klaim NASA) bukti atau "fitnah akhir zaman" yg bertujuan menciptakan lebih banyak prasangka agar kita saling bertengkar atau saling mentertawakan?

    ReplyDelete
  65. Solar System adalah pendapat yang absurd berdasarkan Al-Quran dan agama-agama samawi. Penjelasanya ada disini

    http://bakingbrain.blogspot.co.id/2016/08/benarkah-bumi-mengelilingi-matahari.html

    ReplyDelete
  66. Setelah wacana bahwa bumi itu datar sukses jadi trending topic dan perdebatan di dunia, akan ada lg perdebatan bahwa pusat bumi adalah kutub utara bukan ka'bah. (Kutub utara adalah pusat bumi,Dijelaskan di videonya kaum bumi datar)
    Hayo yg mana pusat bumi? Hahhaha kalian akan habis dalam wacana wacini, mending lo pada berbuat baik dan berdoa menurut kepercayaan masing masing.

    ReplyDelete
  67. Alhamdulillah ternyata pengakuan Nasa bahwa tidak pernah ada astronot astronot ke bulan.semua foto rekayasa CGI. Bumi ternyata datar.

    ReplyDelete
  68. Bumi bulat, cuma liat dari foto.
    Bumi datar, cuma liat dari video.
    Coba deh perhatiin di halaman ini paling atas, bumi bentuknya segitiga.

    ReplyDelete
  69. Jika bumi datar... apa yang ada di tepi bumi.. apakah luar angkasa.?

    ReplyDelete
  70. Sebaiknya jangan mudah mengumbar tulisan yang belum jelas kebenarannya apalagi dengan memakai ayat agama sebagai pembenarnya. Kasihan yang membaca akan tersesatkan, dan akan menjadi tanggung jawab moral penulis atas kesesatannya.
    Akan lebih bijak jika disajikan secara berimbang dari dua sudut pandang.

    ReplyDelete
  71. MAAF BANGET BOS YANG PINTAR DAN JENIUS SEBELUM MEMBUAT ATAU MENULIS ARTIKEL SEBAIKNYA BELAJAR DULU ITU BAWA BAWA ALQURAN SEBAIKNYA PELAJARI DULU BOS JANGAN MEMBACA SEPENGGAL SEPENGGAL DALAM ALQURAN , memang bumi di hamparkan dan memng bumi sebelumnya di satukan sama langit belajar dulu dah biar pinter dulu jangan bikin paradigma atau mencoba mengajak orang untuk memngikuti pardigma yg salah situ yang telah di cuci oraknya , ini artikel sesat yang bisa menjerumuskan orang

    BELAJAR DULU YA BOS JAMGAN SOK PINTER BARU LIAT ATAU BARU DENGER SUDAH TERBAWA BAWA PARDIGMA bos jiwa dan sifat lu masih terbawa apa yang baru BELAJAR DULU DEH

    ReplyDelete
  72. Mas bro profesor anda kuliah ga bos atau anda kuliahnya berangkat kalo ujian doang yah saran aku aja belajar aja dulu ya bos belajar lagi

    ReplyDelete
  73. HOAX, logika slama duduk dibangku kuliah dulu kalo bumi ini memiliki inti, dimana inti inilah yang menggerakkan lempeng yang ada di bumi, baik pergerakan lempeng divergent maupun convergent. Gimana kalo bumi datar? Dibagian mana lempeng bumi akan bertemu jika datar. Author nya siapa sih ini. Ligika sama perbandingan agamanya nda nyambung.

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. tolong dong buat yg percaya bumi bulat / profesor yg ngerti ?
    1. satelit kok gak jatuh ya ? padahal cuma di ketinggian 400km diatas bumi. sedangkan meteor yg berasal dari luar angkasa bisa jatuh kebumi -_-
    2. jika jarak bulan dan bumi memang benar kayak teori yg sekarang ada tapi kenapa kok bisa dilihat dengan jelas hanya menggunakan kamera digital teman saya sony p900 -_-
    3. kenapa bumi gak bergerak ya divideo felix baumgartner yg loncat dari ketinggian 39km ? kan katanya kecepatan putaran bumi itu 1400kmph -_-

    tolong dijawab ya, dan tolong jangan dibully.
    saya bertanya karna saya tidak tau :)
    ini akun gmail saya : dmild29@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpel aja mas bro,
      Karena selama ini kita di ajari teori palsu.
      Jadi otak manusia udah di cuci selama ini.
      Jadi, banyak sekali kepalsuan yang meraja lela didunia ini.

      Delete
  76. Kalau bumi bulat, kenapa sholat kita disuruh menghadap ke barat? kan kalau bulat kita menghadap timur juga pasti ketemu juga. kenapa harus ke barat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul,
      kalo bumi bulat pasti kiblat bisa dengan dua arah kan?

      Delete
    2. kiblat tidak harus barat bro...belajar lagi islamnya.

      Delete
  77. Itu semua adalah keajaiban yang maha kuasa, dan itu juga diluar nalar kita sebagai manusia, jd ya kita hidup aja sebagaimana mestinya dan tidak usah memikirkan hali itu.
    Di dunia ini ada hal ghaib, buktinya banyak banguna besar jaman dulu yang dibuat oleh manusia tanpa alat canggih seperti jaman k yang maha kuasasekarang, itu semua terjadi karena kehendak ya g maha kuasa, yang bisa melakukan apapun diluar nalar kita.
    Dan kalo BUMI DATAR, lalu KUBAH TIDAK BISA DITEMBUS dan TIDAK ADA YANG PERNAH KE LUAR ANGKASA, Lalu BAGAIMANA DENGAN JATUHNYA METEOR DAN ASTEROID KE BUMI DAN KEMANA PERGINYA ROKET YANG SELAMA INI DILUNCURKAN OLEH NASA, LALU BAGAIMANA DENGAN FENOMENA MUNCULNYA PLANET MARS DI LANGIT???

    ReplyDelete
  78. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  79. Apa anda seorang ahli tafsir al-Qur'an? Bagaimana anda bisa menafsirkan bahwa kandungan ayat-ayat tadi mengatakan bahwa bumi itu datar?

    ReplyDelete
  80. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  81. An-Nazi'at:30 "Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya".
    'Dahaha' memang artinya hamparan yang luas, tapi 'dahaha' juga bisa di artikan menjadi telur burung unta.
    Kalo saya baca baca, memang masuk akal juga kalo bumi itu datar, tapi kalo memang masih ambigu, lebih baik ditunggu aja kebenarnya. Kasus ini sama seperti teori darwin.
    Yosh makasih buat artikelnya kak, makin sukses yaaaaa:)

    ReplyDelete
  82. Maaf nih numpang komen walaupun udah agak basi karena kebetulan sy baru baca artikel ini. Saya sendiri termasuk salah satu YANG PERCAYA BAHWA BUMI ITU DATAR, BUKAN BULAT. Saya bukan anak kecil, juga bukan orang yg nggak berpendidikan karena dl sy kuliah di salah satu PT favorit di Jogja.
    Tidak perlu sy jelaskan secara njlimet alasan sy percaya bahwa bumi itu datar dan tetap (tidak berputar 1.600km/jam pada porosnya, seperti yg dulu diajarkan di SD dan SMP). Karena jika bumi berputar secepat itu, kita tidak mungkin akan berpijak pd tempat yg sama jika kita melompat (jawa: muluk/mumbul) ke udara, seharusnya kita akan jatuh 3,8 meter per detik sebelah timur dari tempat kita melompat td. Yg ke dua: katanya bumi berputar pd porosnya, dan poros itu ada di kutub utara dan kutub selatan. Coba bayangkan jika kita pergi ke kutub utara, lalu berdiri persis di tempat poros yg dimaksud, yg di situ pasti perputarannya jauh lebih cepat dr di tempat lain, jika bumi memang benar2 berputar 1.600km/jam pd porosnya, kita pasti sudah terlempar jauh dr tempat poros tersebut. Atau bahasa lucunya kita pasti ikut muter2 secepat 1.600km, bayangkan betapa puyengnya.

    ReplyDelete
  83. Maaf nih numpang komen walaupun udah agak basi karena kebetulan sy baru baca artikel ini. Saya sendiri termasuk salah satu YANG PERCAYA BAHWA BUMI ITU DATAR, BUKAN BULAT. Saya bukan anak kecil, juga bukan orang yg nggak berpendidikan karena dl sy kuliah di salah satu PT favorit di Jogja.
    Tidak perlu sy jelaskan secara njlimet alasan sy percaya bahwa bumi itu datar dan tetap (tidak berputar 1.600km/jam pada porosnya, seperti yg dulu diajarkan di SD dan SMP). Karena jika bumi berputar secepat itu, kita tidak mungkin akan berpijak pd tempat yg sama jika kita melompat (jawa: muluk/mumbul) ke udara, seharusnya kita akan jatuh 3,8 meter per detik sebelah timur dari tempat kita melompat td. Yg ke dua: katanya bumi berputar pd porosnya, dan poros itu ada di kutub utara dan kutub selatan. Coba bayangkan jika kita pergi ke kutub utara, lalu berdiri persis di tempat poros yg dimaksud, yg di situ pasti perputarannya jauh lebih cepat dr di tempat lain, jika bumi memang benar2 berputar 1.600km/jam pd porosnya, kita pasti sudah terlempar jauh dr tempat poros tersebut. Atau bahasa lucunya kita pasti ikut muter2 secepat 1.600km, bayangkan betapa puyengnya.

    ReplyDelete
  84. Saya kelas 2 SMP

    Saya hanya mau mengajukan pertanyaan yang sebenarnya mudah untuk dijawab. Anda pasti mengerti tentang Pasang Surut Air Laut. Pasang surut air laut disebabkan oleh gravitasi bumi, bulan dan matahari. Nah, jika memang bumi tidak memiliki grafitasi bagaimana fakta yg paling sering diulang diulang ini palsu?? Jika bumi tidak memiliki grafitasi dan hanya gravitasi bulan dan Matahari sudah seharusnya kita dari kemarin sudah terlempar keatas tertarik grafitasi bumi dan bulan

    Sekian Terima Kasih

    Saran saya jangan memaknai Makna Al-Qur'an dengan sesederhana itu mungkin anda harus memaknai makna surah An Naz'iat[79] ayat 30 dengan saksama

    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  85. Pendapat saya tentang artikel ini ialah bahwasanya saya percaya dengan artikel ini dan saya pro terhadap bumi ini datar. Anda semua mungkin mengatakan bumi ini bulat karena telah ini lah yang anda pelajari sejak tk sampai perguruan tinggi kan? Padahal anda sendiri tidak tahu apakah itu foto asli apa tidaknya foto yang menampakan bulat atau semacamnya. Dan asal anda tahu saja orang barat lebih ahli membuat kebohongan seperti alien lah ufo lah.. Nasa lah sebagai penelitinya lah, padahal anda hanya membaca buku hasil sains orang luar, menonton berita di tv, trus baca koran, padahal tidak pernah menggunakan akal dan logika untuk melihat kebenaran. Contohnya saja orang barat percaya kita berasal dari binatang (kera). Padahal sudah sangat dijelaskan bahwasanya orang pertama iyalah Nabi Adam As dalam Al-qur'an. Jadi coba renungi lagi, dan berfikir lah dengan logika. Coba difikirkan lagi seandainya teori bumi datar yang di ajarkan kita dari kita kecil apakah kita juga mudah percaya bahwa bumi itu bulat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia! Situ satu*nya pembaca yang memahami poin dari artikel ini. "Padahal anda sendiri tidak tahu apakah itu foto asli" kita sendiri aja ga tau itu benar apa ga tapi cuman langsung percaya gitu aja. Orang tipe gampang percaya gini adalah tipe orang yang mudah difitnah..

      Lihat aja semua yang komen disini sudah terlihat dan sedikit membuka nilai islam pada diri mereka. dan kasih tau kita kadar kepintaran mereka.

      Saya yakin, yang namanya PADI, "semakin berisi semakin merunduk".

      Masa sesama saudara sendiri aja debat dan berantem, adu argumen, adu ego, dsbnya.

      yaelah, sesama agama kan? beneran islam? apa cuman KTP?

      Padahal kan dripada ribut ga jelas mending kan bukti'in sama* biar kita sama* tau kebenarannya!!

      Anyway thanks dah berkunjung!!

      Delete
  86. Apa gw Harus Pergi ke Luar Angkasa trus gw foto Buminya, Biar pada Tau bentuknya Bulat atau Datar ?

    ReplyDelete


  87. Mohon Izin mas Admin mau iklan…
    Sebagai bahan perbandingan, bagaimana bentuk bumi dilihat dari kacamata sains (Fisika dsb) silakan kunjungi blog saya

    sakudin-fisika.blogspot.com

    Pembahasan meliputi
    – Teknik merasakan lengkungan bumi
    – Peta dan jalur penerbangan
    – Gravitasi
    – Gerak satelit
    – Perspektif
    – Ukuran dan ketinggian matahari di bumi datar

    dsb

    Mohon izin Mas Admin.
    Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan kita. Amin….

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih keren, pake dihitung dengan rumus segala :sipp hal kayak gini nih yang wajib didukung karena melakukan eksperimen sendiri.

      Delete
  88. Dalam ayat "Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya" mempunyai banyak makna tergantung dari mana anda menafsirkanya, jika anda mengartikan dihamparkan itu adalah datar pada kenyataannya bumi tidaklah datar, apakah gunung yg ada di depan mata anda berbentuk datar? Itu hanya istilah saja.

    Begitu pula pada ayat "Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan." Bisa saja yg disebut dlm ayat tersebut hanya manusia (tanpa pesawat, roket, baling2 bambu, pintu kemana saja, dll).

    Pertanyaannya apakah anda pernah melakukan penelitian ilmiah bahwa bumi itu datar, atau hanya sekedar copy-paste dari blog tetangga agar blog anda bayak pengunjungnya dan iklan anda dilihat banyak orang? Kalau benar demikian, jgn membawah nama Islam untuk artikel koyol seperti ini. Cepet tobat ya boss..
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JANGAN SOK TAU DEH GAN!! Komenan ente ini bikin saya gatel buat komen,,,
      Copy paste? coba deh liat, ini artikel dibuat tahun brp bulan brp? lagian emg ente temuin tulisan ini di blog lain?

      Malahan gw ngerasa banyak org yg baca ini trus tulis ulang artikelnya dan GA ngasih sumber balik lagi..

      GW DAH MENTION: kalo kamu percaya ini adalah artikel pembodohan. TOLONG JANGAN DIBACA, ..

      kalo situ percaya ini artikel konyol, knp dibaca?

      Ente sama aja kayak gini, bilang ke temen ente!!
      Ente: "eh bro, gw kalo di luar angkasa ga bisa nafas bro"
      Temen ente: "Ah, masa sih bro? tau darimana?"
      ENte: "Dari koran, tv, berita, dll"
      Temen ente: "yaelah! gw kirain ente ngalamin sendiri"

      Belum bukti'in sendiri tapi dah bilang gitu? kecuali
      kalo kayak gini bisa dipercaya.
      Ente: "eh bro, gw kalo di dalem air ga bisa nafas bro"
      Temen ente: "Yaelah bro!! Gw juga ga bisa nafas bro kalo di dalem air"
      Ente: "oh gitu ya broo"

      Soalnya apa? bisa dibukti'in sendiri.

      agar blog anda bayak pengunjungnya dan iklan anda dilihat banyak orang?

      Emg lo tau brp penghasilan blog ini? Emg lo tau gw berharap banyak kalo ini artikel dibaca banyak orang? Emg lo tau kalo iklan diliat doang bisa dapet duit??

      Sebelum ente komen kayak gini, coba tolong deh belajar lagi yg namanya SEO, belajar lagi soal iklan, dll biar ente ga kelihatan membuat bodoh diri ente sendiri.

      Yang tobat ente kali bos, daripada komen negatif lebih baik diam.

      ARtikel ini ga bakal lo temuin dimanapun, knp? karena gw terinspirasi dari video diatas dan gw tulis ulang dgn gaya bahasa gw sendiri karena di dalam video tsb isinya bagus. Ga nyuruh percaya kalo bumi itu datar tapi nunjukin fakta* yang membuat besar kemungkinan kalo bumi itu datar.

      No offense, disini bukan tempat debat!!

      Komen negatif = delete!!

      Delete
  89. Semua hukum dalam ilmu pengetahuan itu berasal dari ketetapan allah swt,kalo masih sebatas teori monggo di di pelajari lagi

    ReplyDelete
  90. postingan di blog saya sudah bertambah. silakan kunjungi sakudin-fisika.blogspot.com sebenarnya saya ingin menjelaskan di sini, tapi terlalu panjang dan tema-nya juga banyak.

    ReplyDelete
  91. Mohon maaf mas admin saya hanya ingin memberi masukan sedikit.
    Pijakan Mas admin keliru yaitu mempertentangkan sains dg agama.
    sains dan agama keduanya dari Tuhan jadi tidak mungkin bertentangan. peradaban Islam di abad pertengahan umumnya berpandangan geosentris di mana bentuk bumi adalah bulat dan sbg pusat alam semesta. Ulama sekaligus astronom islam semusal Albiruni, Alkhawarizmi, Alidris bahkan khalifah Alma'mun pun berpandangan bentuk bumi bulat. Dan tentu bagi mereka sains dan agama tidaklah bertentangan.

    jadi saran saya lebih baik belajar lagi dan jangan musuhi sains.
    apakah kita akan seperti ini,
    orang lain bisa pergi ke bulan kita cuma bisa membantah. Orang lain bisa tamasya ke satelit kita cuma bisa membantah. Orang lain bisa menerbangkan roket kita cuma bisa membantah. So, mari kita belajar lagi agar tidak menjadi hanya sekedar pembantah.
    Mohon maaf Mas Admin anggap saja sebagai motivasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kurang tepat deh sains dan agama, lebih tepatnya sih pengetahuan dan agama.
      Sains menurut saya = mempertanyakan segalanya kalo
      Agama = mempercayai segalanya.

      Kalo kita percaya dengan sains, apa hal yang tidak bisa dijelaskan dengan sains masih bisa kita percayai?? emg ada soal HANTU, makhluk Astral, Jin, malaikat dll di dunis sains?? Bisakah sains menjelaskan hal itu? kalo ga bisa bisakah kita percayai kalo sains aja ga bisa menjelaskan kalo pedoman kita itu pada sains?

      Padahal nyatanya di agama, hal tsb itu ada.


      Dari dulu kalo bahas masalah SAINS dan AGAMA ujung*nya pasti SARA. dan akhirnya berakhir pada perdebatan yang tak berujung.

      Maaf, bukan membantah tapi lebih ke mempertanyakan. Emang beneran org* itu pergi ke bulan?? Emg bener ada satelit?

      INTI JAWABAN ANE INI ITU:

      Jika ilmu sains itu sudah ga bisa dipercaya maka agamalah yang menjadi pedoman kita. dan SAINS Hanyalah untuk menambah luas wawasan kita. bagi saya sendiri: saya ga benci ilmu sains, saya ga mempertentangkan ilmu sains lagian saya juga dapet pengetahuan dari dunia sains dan malahan saya suka itu.

      Biasanya kalo saya jawab gini: Ujungnya ntar bakalan muncul jawaban* dari para retard dan ujungnya bakalan debat panjang, makanya saya lebih baik memendam pendapat saya. So kalo agan suka fakta bumi bulat yaa silahkan. It's up to you :sipp but thanks sudah mampir dan baca postingan saya.

      Delete
  92. Waduh . Ini cuman Pendapat kok banyak yang mencela ya? Tapi kalian berpendidikan kok gitu sih. Ketauan kalian cuman titel doang perpendidikan . Kalau anda cerdas pasti anda membalas artikel ini dengan bantahan yang sopan . Eleh . Aneh kali kalian . Sok sok an ngejudge orang . Padahal bahasanya lebih rendah daripada binatang ( maaf ) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! sayang disini ga ada tombol like. Padahal sudah saya mention, kalo ini artikel pembodohan jangan dibaca :yaampun tapi masih banyak org yg kek gitu. Masalahnya kita ga pernah tau bumi itu beneran datar atau bulat? Lha wong kita ga pernah lihat pake mata kepala sendiri. Nyatanya kita percaya sama bumi bulat gara* video dan foto yg beredar di google kan sama teori* yg kita pelajarin disekolah? Yg patut dipertanyaakan itu apa foto semua itu yg beredar itu asli?

      Delete
  93. Yaelah banyak banget yg mencela alqur'an pdhal bible sendiri juga mengatakan demikian, agama manapun mengatakan bumi itu datar. menurut sy bumi itu bulat atau datar tidak masalah dan tidak salah, bumi itu datar klo dilihat dri perspektif org di bumi dan bumi itu bulat kalo dilihat org dri luar angkasa jadi sains dan agama tidak ada yg salah, tahu nggak kalian yg komentar klo ilmuwan galileo dihukum mati digereja gara2 dia mengatakan matahari yg mengelingi bumi. menurut sy bumi atau matahari yg mengelilingi juga tdk ada yg harus diperdebatkan dan tdk ada yg salah krna klo kita lihat dri bumi memang bumi sprti mengelilingi matahari, dan juga sebaliknya klo dilihat dri matahari memang matahari sprti mengelilingi bumi. logika mengatakan demikian, tpi entah yg komen disini kyk cacing kepanasan -_-

    ReplyDelete
  94. Oon lo,kalo kaya gitu lo belajar geog ga pake globe ya,tp pake tampah.

    ReplyDelete
  95. klo bumi datar berarti proses prgantian siang ke malam tidak sprti yang kita lihat dari bumi??? yaitu terbit dari timur dan trbenam ke ufuk barat, melainkan memudarnya cahaya matahari karena bergerak smakin mnjauhi posisi kita, selain itu klo bumi datar diwilayah manapun akan tetap bisa melihat matahari karena tidak ada penghalang pandangan kita ke matahari. selain itu klo bumi datar berarti di sebagian wilayah matahari akan tampak muncul dari timur trus bergerak agak nyerong setelah itu akan menghilang ke arah utara (jika perputaran sprti arah jarum jam).

    ReplyDelete
  96. trus terang gue jadi bingung ,,pertanyaan kusus untuk bumi datar ,,semua soal pandangan melihat bumi dari pesawat dll dan bukti2 bumi selalu datar walaupun di lihat dngan jarak yang jauh. sekarang pertanyaanya kalau matahari di lihat dari bumi dengan jarak 5ribu km otomatis bagian bumi sebalah barat ada yang melihat matahari sliding atau belok ke utara trus kalaupun belok otomatis klo mau terbit dari timur lagi kan membutuhkan matahari jalan ketimur lalu belok keselatan belok lagi kebarat seperti yang kita lihat setiap hari ,,dan adakah mahluk bagian bumi yang paling ujung entah itu barat atau timur melihat matahari belok untuk selanjutnya terbit lagi dari timur ini pertanyaan untuk bumi datar ,,

    ReplyDelete
  97. Pemaparan menggunakan logika yang baik,selain itu hitungannya pasti dan pas... Apalagi soal arah kiblat dan perjalanan pesawat...
    Terimakasih pencerahannya...

    ReplyDelete
  98. Saya manusia bodoh yang diberikn pengetahuan oleh Alloh, percaya bahwa AL QURAN benar dan Muhammad utusan Alloh, sayan tidak meyakini 100% datar tapi saya percaya akan kebohongan nasa dan kaum elite.

    Tau engga? Nabi muhammad juga disebut gila, otak udang, kaya keledai, bahkan di lempari kotoran pada saat mengajarkan sistem hidup islam

    ReplyDelete
  99. artikel mu aj udah menunjukkan kalau kamu memaksa kami tuk percaya bahwa bumi itu datar tnpa toleransi sma sx.km ngotot berkali2 bahkan mengatai kami bodoh jika tidak percaya! jd Sbnrya siapa y bodoh? kl lamu benar keanapa baru kamu ungkap sekarang kenapa gak dari dulu2 jadi siapa yang bodoh???

    ReplyDelete
  100. artikel mu aj udah menunjukkan kalau kamu memaksa kami tuk percaya bahwa bumi itu datar tnpa toleransi sma sx.km ngotot berkali2 bahkan mengatai kami bodoh jika tidak percaya! jd Sbnrya siapa y bodoh? kl lamu benar keanapa baru kamu ungkap sekarang kenapa gak dari dulu2 jadi siapa yang bodoh???

    ReplyDelete
  101. artikel mu aj udah menunjukkan kalau kamu memaksa kami tuk percaya bahwa bumi itu datar tnpa toleransi sma sx.km ngotot berkali2 bahkan mengatai kami bodoh jika tidak percaya! jd Sbnrya siapa y bodoh? kl lamu benar keanapa baru kamu ungkap sekarang kenapa gak dari dulu2 jadi siapa yang bodoh???

    ReplyDelete
  102. Tapi kyk nya betul juga sih.. klo bumi adlah daftar dari cerita di AQur an, sy sih percaya karena setau sy yg ada tertulis di AQur an itu nyata dan terjadi, iya juga sih klo di pikir2 klo bumi itu bulat pasti lautan ada tanjakan naik dan turun nya, seperti naik gunung gitu turun naik.. tp nyatanya lautan itu daftar tdk ada tanjakan naik turun nya.. ap pun itu syukuri aja semua ciptaan allah swt......

    ReplyDelete
  103. Sebenarnya artikel diatas menarik,tp cara penyampaiannya tanpa sopan santun,bicara soal iman tanpa dibarengi akhlak yg baik apalah artinya,bukankah Rasul diutus utk menyempurnakan ahlak? Sains diotak,iman dihati,apa yg trjadi jika punya hati tanpa otak? Atau punya otak tanpa hati? Jika otak hati tak seimbang mk aplikasinya ke perbuatan buruk,akhlak buruk dll yg buruk".bumi bulat ataupun datar akan tampak menghampar luas,karna kita manusia kecil da trbatas kmampuannya,dan jangan meresa benar pendapat anda,apalagi memaksakan pendapat utk diyakini kbenarannya pada orang lain.

    ReplyDelete
  104. Itu baru dibilang soal bumi itu datar, orang2 udh pada nampak bego' nya. ..cemana lagi klo dibilang langit itu padat dan transparan? Apa gak tambah ribut....

    ï»­َﺑَﻨَï»´ْﻨَﺎ ﻓَï»®ْï»—َﻜُﻢْ ﺳَﺒْﻌًﺎ ﺷِﺪَاﺩًا
    dan Kami bina di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh,(An Naba'.12)

    Dan ketika tiba waktunya nanti langit itupun akan pecah belah seperti kaca yang pecah dan mengeluarkan kabut putih.

    ٱﻟﺴَّﻤَﺎٓØ¡ُ ﻣُﻨﻔَﻂِﺮٌۢ ﺑِﻪِÛ¦ ۚ ï»›َﺎﻥَ ï»­َﻋْﺪُﻩُÛ¥ ﻣَï»”ْﻌُﻮﻻً
    Langit(pun) menjadi pecah belah pada hari itu. Adalah janji-Nya itu pasti terlaksana.(muzzammil.18)

    Apa masih mau percaya sama media?

    ReplyDelete
  105. Ngga usah bingung.. kalau kita kuatir di kelabui NASA MIR-RUSIA SATELIT PALAPA sekarang secara pribadi setiap orang di dunia ini sudah bisa membuktikan sendiri apakah bumi bulat atau datar, kita secara pribadi sudah bisa lihat diatas lapisan bumi seperti apa bentuk bumi itu.. yaitu dengan menggunakan DRONE, di beberapa lokasi BUMI ini sudah ada DRONE yang diterbangkan bbrp kilometer melewati awan jelas sekali terlihat bahwa bumi itu bentuknya BULAT.. setidaknya hal ini menjelaskan bentuk bumi. Nah untuk menjawab kenapa air laut tidak tumpah sederhana saja kalau paham hukum fisika.. contoh air pasang laut yg ditarik oleh gravitasi bulan.. kemampuan gaya gravitasi harusnya dipelajari dahulu ketimbang langsung memvonis bahwa semua posisi ini terjadi karena berat jenis semata.. karena ketika kita bilang "berat jenis" kita sudah mengakui adanya gravitasi.. karena di hukum fisika "berat jenis" itu di ukur dengan efeknya sub partikel terhadap gaya gravitasi dan gaya nuklir lemah didalam struktur sub atom. Anda harus mencari tahu dahulu tepat atau tidaknya suatu kesimpulan yang anda dengar atau baca dari orang lain ketimbang salah menyebarkan kesimpulan tersebut kemana-mana karena itu artinya anda berperan dalam menyebarkan ketidak-tahuan kemana-mana.. mohon maaf kalau salah kata ya.

    ReplyDelete
  106. bumi itu bulat , dan kau itu yang sudah tercuci otaknya dengan video itu,..

    ReplyDelete
  107. sedatar anumu ahahaha fffffff

    ReplyDelete
  108. Bumi itu gak datar, yang datar itu penghasilan kalian para flat earthers yang membodohi orang secara masif lalu dapat keuntungan dari pageview atau view di website. Seneng ya punya duit dari cara membodohi orang?

    ReplyDelete
  109. dari sd udah diajari bumi itu bulat. sekarang datar. otak yang udah diajari sana sini jadi bingung sendiri. memang mungkin anda benar. tapi ada baiknya untuk tidak membuat otak seseorang itu kebingungan. soalnya murid sd dari kecil udah diajari bumi itu bulat. kalau tiba-tiba datar jadi stress ntar.

    ReplyDelete
  110. salam min...
    setahun lalu saya nyasar ke blog ini, itu baru awal mula pemgenalan saya pd bumi datar. seterusnya saya gali terus informasi tentang bumi datar, fakta atau hanya teori belaka..Alhandulillah saya menemukan bahwa bumi datar ini ada dlm Al-Qur'an, salah satunya surat Ar-rahman ayat 10.
    semoga selalu sehat walafiat ya min...

    ReplyDelete
  111. jawabanya gampang coy,, kenapa kapal tidak jalan sendiri.
    lo pake logija aja kenapa orang yg naik kereta atau pesawat terbang dgn kecepatan tinggi kok orangnya tidak mencelat ke bangku/gerbong belakang.

    ReplyDelete
  112. jawabanya gampang coy,, kenapa kapal tidak jalan sendiri.
    lo pake logika aja kenapa orang yg naik kereta api atau pesawat terbang dgn kecepatan tinggi kok orangnya tidak mencelat ke bangku/gerbong belakang.
    bahkan pramugarinya bisa jalan2 dalam pesawat dgn santainya tanpa takut bakal terlempar ke ekor pesawat..

    ReplyDelete
  113. Astagaaaaa.... jaman sudah hampir milenium ke 2 masih ada yang percaya bumi datar ......, apa logikanya sudah dicabut sama malaikat apa ya ..?... bagaimana kalau topiknya nanti menyinggung gravity dan micro gravity ...... bisa2 tambah stress dia .....wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. finah dhajal sudah masuk ke dirinya nih. wkwkwk maknya dia percaya bumi datar

      Delete
  114. Assalamu alaikum wr. wb
    Mohon izin mas Admin agak panjang….
    Allah SWT mewajibkan umat Islam untuk menuntut ilmu dari lahir hingga wafat. Dan Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan. Sejarah Islam yang gemilang mencatat bahwa sains dan peradaban Islam tidak mengajarkan bumi berbentuk datar. Seluruh ilmuwan dan astronom Islam pada masa keemasan Islam sepakat bahwa bentuk bumi adalah bulat tidak terkecuali Ibnu Sina. Bahkan di antara para ilmuwan tersebut sudah ada yang menyatakan bahwa bumi berotasi pada porosnya misalnya Al-Biruni pada abad 10 M. Jika di antara kita masih ada yang belum yakin silakan dicek pada seluruh literatur yang ada, bagaimana pandangan ilmuwan Muslim terhadap bentuk alam semesta.
    Saya prihatin jika ada sahabat Muslim yang masih ngotot bumi berbentuk datar, apalagi jika akibat terpengaruh oleh teori bumi datar saat ini. Teori bumi datar saat ini jelas bukan dari Islam, teori bumi datar saat ini bukanlan teori ilmiah tapi adalah teori konspirasi yang lahir di Barat. Kita tidak tahu ada agenda apa dibalik lahirnya teori konspirasi itu.
    Islam dan sains tidak mungkin dipisahkan, apalagi hal yang menyangkut astronomi. Umat Islam melaksanakan sebagian besar ibadah berdasarkan pada waktu-waktu yang sudah ditetapkan, misalnya shalat, puasa, zakat dan Haji. Puasa, zakat, dan haji waktunya ditetapkan berdasar hisab kalender hijriyah dan juga ditambah rukyatul hilal. Sementara waktu shalat ditetapkan berdasarkan pada kriteria ketinggian matahari. Jadi umat Islam tidak boleh mengabaikan sains.
    Dan satu hal yang sangat penting yang perlu diketahui oleh sahabat Muslim adalah bahwa “Tabel waktu shalat” yang biasa kita gunakan, dibuat berdasarkan pada perhitungan astronomi berdasar bumi bulat, berotasi dan mengelilingi matahari. Silakan dikonfirmasi ke Depag, MUI dan ormas Islam seperti PBNU, Muhammadiyah, Persis dll. Nah jika kita belum yakin dengan bentuk bumi yang bulat, bukankah berarti kita tidak yakin dengan waktu ibadah kita? Bagaimana hukumnya jika kita ragu dalam waktu ibadah?
    Sahabat yang masih belum yakin dengan bentuk bumi yang bulat menurut saya akibat gagal faham atau sulit memahami. Bantahan dari komunitas bumi datar justru menunjukkan bahwa mereka sedang bingung, misalnya masalah rotasi bumi, gravitasi, permukaan air, air laut tidak tumpah dsb. Padahal jika mau belajar dengan sungguh-sungguh Insya Allah akan diberi pemahaman terhadap hal-hal yang masih membingungkan itu. Sebab semua itu bisa dijelaskan secara mudah dengan sains terutama Fisika.
    Seperti yang disampaikan oleh kepala LAPAN, bahwa komunitas bumi datar tidak faham sains sehingga hal-hal yang sederhana saja tidak mengerti.
    Saya beri contoh hal yang amat sangat sederhana, ketika kita melihat matahari sedang tenggelam di laut. Jika bumi berbentuk datar berarti matahari ada di tepi bumi, mungkinkah? Bagaimana dengan teori matahari berjarak 5000km dari permukaan bumi datar? Bagaimana matahari bisa serendah itu jika posisinya selalu di atas? Bagi sahabat yang menganut bumi datar, silakan digambar secara geometri di mana posisi matahari pada bumi datar agar terlihat seperti tenggelam di laut. Bisakah?
    Dan lagi menurut teori bumi datar bahwa matahari menghilang secara persfektif, ini adalah teori yang super ngawur. Benda yang hilang dari pandangan secara persfektif akan memiliki ukuran kenampakan dari besar lalu berangsur-angsur mengecil sampai menjadi titik dan akhirnya menghilang. Faktanya dari terbit sampai terbenam ukuran matahari relatif sama. Jadi jelas persfektif matahari hilang adalah teori orang yang sama sekali tidak mengerti sains. Padahal ini adalah hal yang amat sangat sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok teori bumi datar bukan dari Islam? Semua Nabi adalah penganut bumi datar. Coba anda cari dalilnya disemua kitab suci dan hadits ada tidak Nabi yang mengatakan bumi ini bulat. Mulai dari Nabi Adam sampai dengan Nabi Muhammad.

      Delete
  115. Dan satu lagi, cahaya matahari digambarkan seperti lampu senter. Ini benar-benar kebingungan akut. Jika cahaya matahari seperti sorotan lampu senter maka bentuknya tidak akan selalu lingkaran. Bentuk lingkaran hanya akan terjadi saat matahari tepat di atas ubun-ubun kita, sementara di posisi lain akan berbentuk elips. Ini dijelaskan dalam ilmu proyeksi. Masih ada yang percaya dengan model alam semesta yang super ngawur semacam ini?
    5 Abad sebelum Masehi manusia sudah mengerti bahwa bentuk bumi adalah bulat. Dan sejak saat itu tidak ada perdebatan bentuk bumi bagi ilmuwan dan orang yang mengerti astronomi. Sebab dengan melihat peredaran benda-benda langit seperti bintang, matahari dan planet-planet, serta fenomena gerhana dan fenomena kapal tenggelam di horizon maka akal sehat kita pasti akan mengatakan bahwa bumi tidak mungkin berbentuk datar.
    Ini tips dari saya buat yang ingin menyadarkan sahabat Muslim yang masih menganggap bentuk bumi adalah datar. Saat Adzan di Masjid atau Mushalla ajaklah sahabat kita untuk shalat berjamaah. Selesai shalat tunjukkan tabel waktu shalat yang biasanya ada di Masjid atau Mushalla ( saat ini Tabel waktu shalat biasanya sudah berbentuk elektronik digital dengan ornamen yang keren).
    Katakan padanya bahwa jadwal waktu shalat itu dibuat berdasarkan perhitungan astronomi bumi bulat ( silakan lihat artikel ‘Waktu shalat 212’ di blog saya). Kita harus yakin bahwa bentuk bumi adalah bulat sebab jika tidak yakin itu sama saja tidak yakin dengan jadwal waktu shalat tersebut. Dan konsekuensinya harus membuat jadwal waktu shalat sendiri berdasar pada bumi datar. Sudah adakah tabel waktu shalat versi bumi datar?
    Perlu diketahui juga bahwa tabel waktu shalat itu berbeda-beda untuk setiap wilayah. Untuk mendapatkan tabel pada wilayah tertentu kita harus memasukkan parameter posisi astronomi Lintang dan Bujur suatu wilayah ke dalam rumus-rumus astronomi. Bujur dan Lintang hanya ada di bola bumi. Apakah ada Bujur dan Lintang pada bumi datar?
    Nah itu tips dari saya semoga bermanfaat.
    Sahabat mari kita belajar agar menjadi faham. Saya sudah menulis di blog saya seri bumi datar? ( http://sakudin-fisika.blogspot.co.id/ ), saat ini sudah seri ke-37. Silakan bagi sahabat yang ingin berdiskusi, boleh di blog saya atau di blog ini (mohon izin mas Admin) atau email langsung ke saya sakudin@gmail.com.
    Mari kita belajar.

    Wassalamu alaikum wr. wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. slow bang.. orang ini kayanya sudah terkena finah dhajal. jadi mau nyesatkan orang. wkwkkw

      Delete
    2. Lucu amat yaa, wkwkwk. "Dan konsekuensinya harus membuat jadwal waktu shalat sendiri berdasar pada bumi datar. Sudah adakah tabel waktu shalat versi bumi datar?"

      Emang kalau bumi datar harus buat ulang jadwal sholat gitu? Padahal kalau di bumi datar itu sudah jelas, tiap tempat yg dilewati matahari itu tepat jam 12.

      Sepertinya pemahaman soal bumi datar dan bulat harus dibenerin lagi, soalnya jgn mencampur adukkan bumi datar dengan bumi bulat :)

      Contohnya seperti ini:

      https://static.independent.co.uk/s3fs-public/styles/article_small/public/thumbnails/image/2018/02/03/16/flat-earth-stock.jpg

      Siapa yg bilang bumi datar itu artinya buminya melayang-layang di angkasa berbentuk datar gitu. wkwkwk

      Delete
  116. kalau matahari dan bulan seperti itu. bagaimna bisa terjadi gerhana bulan gerhana matahari. bulan sabit bulan cincin.. aneh lue

    ReplyDelete
  117. Yang kocak itu yg pemahaman kalau sholat versi bumi bulat itu loe menghadap matahari penyembah matahari

    Kalau flat earth karna datar loe pas tepat nyembah ka'bah

    Naaah kocaknya si bumi bulat orang sholat d tuduh menyembah matahari.

    Teman gwe sholat d ruang kamar tidurnya.. dia sholat menghadap komputer...depan nya pas komputer.. ngga sekalian loe salahin nyembah matahari trus teman gwe menghadap kiblat d kamar berhadapan ama komputer (nyembah komputer)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logika yg lucu. hahahaha

      Saya ga bilang menyembah matahari..

      Di tulisan saya ada komanya lhoo..
      Saya bilang
      "jika bumi bulat maka akan sangat sulit untuk menghadap ke kiblat."

      Tulisan tsb yg saya maksud kalau bumi memutari matahari adalah logika kaum penyembah matahari.

      Delete
  118. kelihatan banget orang jahil (BODOH) dan alim (BERILMU) dalam berkomentar he... he..

    ReplyDelete
  119. ingatlah KASUS Musa ketika hendak menemui Tuhannya di Bukit Tursina, yang menitipkan umattnya kepada adiknya Nabi Harun, begitu hebatya fitnah yg dilontarkan Dajjal (Samiri) yg mengakibatkan sebagian besar umat Musa SESAT oleh bunyi Patung Sapi buatan samiri! padahal didampingnya ada seorang NABI (HARUN). mereka lebih memilih patung sapi buatan samiri ketimbang nasehat HARUN.

    di akhir zaman ini terjaedi lagi, begitu banyaknya orang terlena (tertipu) sejak di hadirkannya NASA (pengganti Patung SAPI Samiri).

    sebagian besar manusia sudah terkena MUGEN SUKOYOMI (pinjam istilah anime naruto).

    dan betul pula kata nabi kita Muhammad S.A.W. kita dianjurkan menjauh dari hiruk pikuk dunia di akhir zaman ini, karena begitu hebatnya fitnah yg dilancarkan (TV terutama), malah level mu'min sekalipun bisa sesat jadi pengikut dajjal, apa lagi yang level2 kutu kupret ini he.. he .. he...

    gunakan akal kalian... buka mata lebar2 " apakah Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu itu hanya bisa membuat Planet termasuk bumi ini BULAT doang???

    dan apa kata-Nya ;
    ... dan surga yang luasnya "SELUAS" LANGIT dan BUMI ... (QS.al-Hadiid:21)

    mana ahli bahasa nih.... pengertian SE-LUAS = LANGIT sama LUAS dengan BUMI

    contoh "piring seluas lapangan sepak bola" artinya "piring gedenya segede sepak bola"

    pakai akalnya dikit aja ga usah banyak2, kebanyakan ntar hank (versi PC) / bootlop (versi android).

    ReplyDelete
  120. kalo bumi datar, berarti harusnya bulan dan matahari juga datar dong, seperti koin. Coba deh pandangin bulan, bulat atau datar? bulat kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bumi datar, matahari dan bulan ga boleh bulat gitu?

      Delete
  121. Halo semua, terlepas dari semua keyakinan yang ada, kalau memang science modern ini adalah yang paling maha benar, kenapa pengetahuan teori bumi bulat tidak pernah ada sebelum masa para Nabi. Apakah para Nabi tidak tahu bentuk bumi? Atau anda tidak percapa sama para Nabi?
    Nabi Adam contohnya, dia diturunkan dari Surga menuju Bumi. Pada saat dia turun tentu dia bisa melihat bentuk bumi yang bulat dan kecil. Dan hal ini disampaikan ke anak-anak cucunya. Begitu pula untuk Nabi penutup Rasulullah SAW, pada saat mi'raj ke langit ke 7,tentu Beliau akan melihat bentuk bumi yang sebenarnya dan disampaikan ke para sahabat. Tetapi sejarah mencatat pada saat masa para nabi, manusia beranggapan bahwa bumi itu datar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Q: kenapa pengetahuan teori bumi bulat tidak pernah ada sebelum masa para Nabi
      A: Hal tsb yg patut dipikirkan, jangan*??

      Intinya sih sains masa kini mencoba menjauhkan kita dari ketuhanan..

      Delete
  122. kalau memikirkan bentuk bumi kepala ku jadi pusing .... karena pelajaran ilmu falak (astronomi ) seperti menghitung waktu solat , lama siang dan malam setiap negara , perbedaan waktu .... bumi nya itu bulat.... tapi setelah nonton flat eart ternyata masuk akal juga .... dan aku bingung mau percaya yg mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini.. wkwkwk.

      Terserah percaya mana, yg jelas. Bumi ini indah :)

      " karena pelajaran ilmu falak (astronomi ) seperti menghitung waktu solat , lama siang dan malam setiap negara , perbedaan waktu .... bumi nya itu bulat"

      Statement ini, keduanya hanya masalah sudut pandang. Soalnya pada intinya ilmu tsb menghitung brdasarkan pergerakan benda langit.

      Delete
  123. Jadi gini,kalau anda cuma ngandalin ilmu agama anda gk akan bisa
    Kita gk akan mengetahui sesuatu dari percaya melainkan lewat melihat
    Sampai saat ini saya belum tahu pasti bentuk bumi
    Oleh karna itu saya ingin mengamati bentuk bumi secara langsung,karena kalau kita tahu hanya dengan percaya itu sama aja gk tau,harus tabbayun dlu
    Saya percaya bumi bulat 80%
    Bumi datar 20%
    But ingat
    Ilmu tanpa agama memang buta
    Tapi agama tanpa ilmu lumpuh !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya lanjutkan, silahkan riset sendiri dan buktikan sendiri jgn percaya tulisan disini :)

      Delete
  124. Kalau bumi memang datar kok pada malam hari aq g lihat matahari yg lagi bersinar di daerah lain yg beda waktunya cuma sekitar 1 jam (jam 7 di daerahku dan jam 6 daerah lain).begitupun pd saat lagi diatas pesawat kebetulan uda jam 6.45 (uda gelap) tapi ddaerah lain yg lagi jam 5.45 berarti masih sore,tapi matahari yg menyinari daerah tsb tdk terlihat.seperti contoh misalnya lampu jalan itu matahari yg walaupun kita uda jauh dari lampu jalan tapi kita masih bisa melihat lampu jalan tersebut menyala.Truz satu lagi..kalau proses gerhana bulannya gmn ya..!bulan ketutup apa ya..!masa ketutup matahari..,jadinya terang dong yg lagi malam.(bulannya malah nampak kelihatan cerah,tdk gelap dan harus pakai kacamata gelap lagi supaya bisa lihat bulan tsb krn sinar matahari yg menyilaukan mata)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Q: Kalau bumi memang datar kok pada malam hari aq g lihat matahari
      A: Itu soal perspektif, mata kita punya batasan penglihatan. ketempat datar, suruh temen buat pergi sejauh 5 km. Masih bisa lihat ga?

      Q: proses gerhana bulannya gmn ya
      A: Berhubung kita* tidak diberi budget jadi belum tau pasti ketutup apa, bisa jadi bulan punya sinar sendiri.

      Delete
  125. hahahaha jangan bawa2 ayat Al Qur'an kalau situ tidak tahu ilmu tafsir nya. cobalah baca denga lengkap surat itu dan maknai seluruhnya jangan cuma sepotong. hahahaha kenapa saya merasa bodoh sekali. haha ya sudahlah. timbul satu pertanyaan bagaimana terjadinya gerhana bulan ataupun matahari dengan teori bumi datar ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lihat video ini buat memahami terjadinya gerhana matahari..

      https://youtu.be/VyOtIsnG71U?t=281

      Delete
  126. Susah Amat , Mau Bentuk nya Segi Lima Kek Segi 8 kek, itu Urusan Antariksawan, yang penting kita Jangan Berantem Pada Hal yang bukan Terlalu penting bagi kita, Toh bumi mau bentuknya apa Kita masih Hidup kok ,Yang penting kumpulin pahala Banyak banyak biar masuk Surga ,OKE?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg jadi masalah bagaimana kalau antariksawannya anti ketuhanan? Gimana kalau mereka memang mencoba menjauhkan kita dari ketuhanan dengan teori teori mereka tanpa kita sadari?

      COba hitung berapa banyak penemu-penemu hebat yg religius dari kalangan muslim? Harusnya kalau di sejarah banyak ilmuwan muslim yang benar* religius bukan sekedar muslim "ktp" otomatis teori misleading gini ga bakal ada.

      Delete
  127. dari pada perdebatan ini ga ada habisnya, bagaimana kalau kita langsung praktek saja? coba tancapkan 1 lidi diatas tanah (pastikan kena langsung diatas matahari).. lalu setiap 1 jam sekali lihat apakah bayangannya akan tetap sama di satu tempat atau berubah.. Apabila tetap ada disatu tempat berarti bumi ini rata.. apabila bayangannya berpindah, maka bumi itu bulat.. Terima kasih~

    ReplyDelete
  128. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  129. tidak perlu mempermasalahkan bumi itu bulat atau datar, sebab kemampuan ilmu manusia itu terbatas,
    hanya saja coba renungkan arah kiblat yang letaknya di mekah (ka'bah) jika bumi itu bulat kenapa ketika orag yang berada di bagian yang dibawah mekah arahnya tetap ke utara tidak berarah ke bawah? dan kenapa arah mata angin itu berbentuk dua dimensi yaitu utara rimur barat selatan, tidak ada arah atas atau bawah.
    lalu ketika pesawat diterbangkan kenapa pesawat itu saat mencapai ketinggian tertentu tidak menjauh dari bumi, seandainya bumi bulat pastilah pesawat itu akan semakin menjauh dari bumi.
    dan masih banyak lagi
    silahkan direnungkan

    ReplyDelete
  130. Bang, minta video yg diatas, soalnya udh kehapus semua

    ReplyDelete