Artikel terbaru

Cara Menyembunyikan File Media Gambar dan Video di Android

Pernah ga saat kamu ingin menyembunyikan gambar atau video di android dengan cara membuat folder berlapis* ehh malah di file galeri gambar atau Videonya malah kebaca. So, semua usaha kamu jadi percuma. Jadi, si Android ini menscan otomatis file di dalam tiap folder baik di External sd card maupun Internalnya. Walaupun kamu membuat 100 atau 200 folder di balik folder tetep aja file gambar atau video dalam folder itu akan muncul di media.

Jadi, bagaimana cara menyembunyikan file dari media di android? Nah, disini saya akan menjelaskan hal itu, bagaimana cara membuat trik menyembunyikan file folder dalam folder. So, kamu ga perlu takut lagi kalo file kamu akan muncul di media galeri video atau gambar.


Cara Menyembunyikan File Media Gambar dan Video di Android

Cara Menyembunyikan File Media Gambar dan Video di Android

Baiklah mari kita mulai cara membuat file baik gambar maupun video tidak terdeteksi di android. caranya sangat mudah, yaitu kamu hanya perlu membuat file baru dengan ekstensi .nomedia

membuat file tidak terdeteksi di android

















Untuk membuat file tersebut bisa menggunakan Root Explorer lalu pilih tanda + dan pilih File, jika sudah silahkan masukkan nama ".nomedia"  tanpa tanda petik dan harus memakai (titik). Jika sudah letakkan di direktori folder yang mau disembunyikan pada android kamu atau di direktori yang ada file* yang ga mau file tersebut terbaca di Galeri gambar maupun Video. gampang bukan?

Membuat file tidak terdeteksi di Media android

Nah, ini buat kamu yang ga punya Root Explorer, cukup download filenya di bawah ini.


Ukurannya kecil kok ga sampe 1kb, jika sudah silahkan ekstrak file tersebut. Disana ada 2 folder bernama otodidaxx 2 dan otodidaxx-hidden

otodidaxx-hidden: Disini sudah ada file dengan nama .nomedia jadi tinggal di pindah aja ke tempat direktori folder yang mau disembunyikan. Namun file tersebut tidak kelihatan jika kita lihat dengan File manager biasa soalnya statusnya Hidden.

otodidaxx 2: nah kalo yang ini ada file dengan nama __.mkv silahkan pindahkan file tersebut ke tempat file yang mau disembunyikan di android kamu. kalo sudah tinggal rename aja jadi .nomedia dan selesai deh tapi ntar abis di rename filenya bakal hilang alias ga kelihatan, soalnya file ini kayaknya emang selalu ga terlihat kalo di android.


Fungsi .nomedia sendiri adalah membuat sebuah file di dalam direktori yang ada file ini tidak akan terscan oleh aplikasi baik itu file musik, video maupun gambar aplikasi yang scan otomatis tidak akan bisa mendeteksi file yang ada ekstensi tersebut.

Disini sebenernya kamu ga perlu download file tadi tapi kamu hanya perlu mencari file .nomedia yang sudah ada di android kamu, biasanya ada di folder Android/data atau Android/obb lalu tinggal copy dan paste di tempat yang bersangkutan dan selamat file gambar, video atau musik kamu ga akan terdeteksi oleh aplikasi apapun. Untuk mengembalikannya tinggal hapus aja file tadi atau bisa juga pake cara saya di artikel yang sebelumnya berjudul: Cara menyembunyikan folder atau file video, gambar terlarang

Post Comment

Thanks for your comment