Thursday, February 4, 2016

Cara Ubah bahasa COC jadi bahasa Indonesia/jawa

Kamu pengen tau cara Ubah bahasa COC jadi bahasa Indonesia atau bahasa jawa? Setelah kemarin saya posting mengenai Misteri COC yaitu munculnya simbol illuminati di COC, sekarang saya akan posting tentang bagaimana cara mengubah Bahasa COC menjadi bahasa indonesia atau bahasa jawa. Sebenernya ga cuma bahasa indonesia aja, tapi bisa juga jadi bahasa sunda atau bahasa gaul seperti yang kamu inginkan.

Untuk merubah bahasa coc jadi bahasa indonesia caranya sangat mudah, semua orang bisa melakukannya termasuk kamu. Sumpah gampang banget! Nah penasaran kan bagaimana Cara ubah bahasa COC ? Silahkan disimak caranya dibawah ini.

Cara Ubah bahasa COC

Cara Ubah bahasa COC jadi bahasa jawa


Syarat wajib untuk bisa mengganti bahasa COC
  1. Software APK Root Explorer (Download disini)
  2. HH android yang sudah di Root (ga tau ini wajib apa enggak, soalnya HH saya sudah di Root. Buat yg belum dicoba aja )
  3. Software Office Suite Pro (Download disini), bisa juga pake software 920 Text editor tapi saran saya mending pake Office suite karena kalo pake 920 Text editor aplikasinya suka ngelag dan lama banget. Enakan pake Office suite.
  4. Texts.csv (Download disini)
  5. Kreativitas kamu
Cara ubah coc jadi bahasa indonesia


Jika semua sudah didownload. Ektrak dulu file texts.csv nya dan buka Root Explorer.

cara ubah bahasa coc


































Jika sudah tutup dulu COC kamu dari background atau pergi ke setting dan paksa berhenti.

Cara mengganti bahasa COC

































Kalo sudah silahkan Copy file Texts.csv dan paste di folder data/data/com.supercell.clashofclans/update
Paste disana. Sudah deh, itu kalo kamu pengen Ubah bahasa Coc jadi Bahasa Indonesia, kalo pengen jadi bahasa jawa silahkan edit sendiri dengan bahasa kamu.

Oh ya ga tau dimana folder data/data/com.supercell.clashofclans/update kalo ga tau keluarkan dulu Root Explorer dan buka lagi, nah disitu kan pas buka kita berada di folder ROOT, atau folder awal sebuah system. nah cari disitu deh.


Cara Edit bahasa COC

Kalo sekarang waktunya ngedit bahasa COC jadi bahasa jawa atau bahasa ALAy.
Buka dulu aplikasi Office Suite Pro. Lalu cari file Texts.csv dan buka deh
Cara mudah ubah bahasa COC

































Kalo muncul pesan kayak diatas tekan saja OKE.

Cara edit bahasa COC

































Silahkan diedit tuh :p

Gimana cara mengeditnya? Sama kayak ngedit di Excel, caranya klik dulu mana yang mau diedit lalu pilih tulisan yang ada logo FX diatas, edit kata* yang ada dibagian atas itu.

ganti bahasa coc

































Silahkan edit sesuka kalian. Jika sudah silahkan save dan lakukan cara yang tadi copy dan paste file texts.csv ke folder data/data/com.supercell.clashofclans/update kalo ada notif replace, replace aja..

Cara Ubah bahasa COC jadi bahasa jawa

Cara Ubah bahasa COC jadi bahasa jawa

Nah, Jadinya akan seperti gambar diatas. Gimana mudah bukan cara ubah bahasa coc ini? Silahkan baca juga yang lainnya: Cara edit BBM

Perhatian:

Masih kesulitan? tenang aja kok sudah ada cara mudahnya, silahkan baca artikel saya yang selanjutnya yang sudah saya share coc versi mod bahasa indonesia jadi nanti kamu tinggal install aja

Update 30 Juni 2016




Cara Mengubah Bahasa COC Terbaru

Saya tidak tau apakah cara ini masih bekerja apa tidak, soalnya beberapa waktu lalu sudah saya coba namun tidak bisa. Malah Aplikasi COCnya tidak muncul bahasanya. Apalagi pihak Clash of Clans juga sering melakukan update. Jadi, silahkan dicoba aja!



Tips Lain Mengganti Bahasa COC

Kalo cara diatas sudah tidak bisa saya ada tips lain untuk mengganti bahasa COC, yaitu caranya kamu save dulu COC kamu di Googleplay kalo sudah silahkan copot pemasangan coc yang lama itu lalu download ke versi yang paling terbaru. Kalo sudah silahkan di install seperti biasa, dan perlu di ingat. Sebelum Login pastikan kamu memakai IP indonesia dan android kamu juga dalam bahasa indonesia.

Saya tidak tau pasti mana faktor yang mempengaruhi perubahan bahasa, soalnya di android saya waktu itu setelah install coc yang terbaru tiba* aja otomatis bahasa COC saya sudah berubah ke dalam bahasa indonesia. Perlu di ingat, saya tidak mendownload COC melalu Playstore, melainkan melalui pihak ketiga yaitu apkpure, jadi silahkan coba download versi terbaru yang ada disana lalu install seperti biasa. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

19 comments

  1. Artikel copas dari sumber gembotastra ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Copas? @@, ane malah ga tau :3 itu situs kalo ente ga bilang, lagian bahasanya beda. Mungkin hanya kesama'an ide. Artikel disini ori semua gan Tulisan ane :p

      Delete
    2. Maksudnya gini gan,kan coc bahasa indonesia dari ide ane. Lah yg pertama post coc bahasa indonesia itu ane duluan.Dulu booming di fb dgn sumber blog ane,jdi ane duluan yg menemukannya:)

      Delete
    3. Oohh,, emg kalo ide pertama ane kurang tau sih.. soalnya udah ada bbrp blog yg posting yg sama..

      Ide pertama ente yg coc bahasa jawa bukan? Soalnya pas tak crosscheck yg bahasa jawa dibuat 19 januari, b.indo 21 januari buat blog ente trus yg 20 januari blog org...

      Siapin link artikelnya, sekalian nama yg mau dicantumkan.. ntar kalo smpet ngedit tak kasih credit ke blog agan :)

      Emg ga enak kalo artikel dicopas...

      Delete
  2. Gan, gua ga tau. Tolong dong jelasin di BBM ane 5D0C6685. Ntar langsung PING .ya

    ReplyDelete
  3. Postingan yang sangat mengagumkan bos sukses slalu buat blognya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan ente juga bagus kok :)
      Sampai jumpa di Search engine gan, wkwkw.

      Delete
  4. Replies
    1. Padahal sudah sangat jelas loh gan, intinya kita download file csv dulu trus edit file csvnya lalu file csv td kita letakin di bagian dalam folder tempat instalan COC kita. Cuman ngaruh buat yg udah ROOT. Buat yg blum root ga bisa masuk direktori folder (system) awalnya ntar..

      Delete
  5. mantaplah postingannya.. btw update bahasa daerah laennya yaa.. kayaknya seru nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya ane cuman bisa 3 bahasa doang gan, inggris dikit*, indonesia sama jawa. kalo bahasa lain ga ngerti :yaampun Mungkin agan bisa bantu ngedit, cz ngeditnya sih gampang cuman translasinya yg sulit, jadi musti orang lokal yg ngedit, misal, attack serang = jawa bisa aja bantai, hajar, dll. kalo misal bahaya aceh? balinya??. Ntar tak kasih link credit kalo mau. :sipp :huehehe

      Delete
    2. Typo,, *bahasa aceh? balinya??

      Delete
  6. Bingung gan cara download texts.csv nya tolong kasih tau download nya...

    ReplyDelete
  7. kok msh bhs inggris????udh ku edi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya sudah tak perbarui gan :) Sudah tak lengkapin sama video, kalo mau lihat dan ga percaya.. http://www.otodidaxx.com/2016/10/cara-mengganti-bahasa-coc-terbaru.html

      Delete
  8. dan udh ku salin ke data/data/com.superbla bla

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Hmm, agak susah sih gan... dulu cara ini masih bisa sebelum ada update... untuk sekarang sbnernya COC udah ada bahasa indonesianya tanpa edit apapun..

      Delete