Artikel terbaru

Kisah Urban Legend jepang yang menakutkan

Urban Legend jepang


Urban Legend merupakan sebuah kisah rakyat yang melegenda pada daerah-daerah tertentu, Sebenernya Urban legend ini sama halnya seperti dongeng. Namun bedanya Urban legend ini lebih Menuju ke arah Horror ataupun Creepypasta. Baiklah Kali ini saya akan membagikan beberapa kisah Horror yang terkenal di jepang. di Jepang sendiri kisah horror semacam ini memiliki nama lain yaitu Toshi Densetsu atau Japananese urban legend. Yaitu cerita legenda rakyat jepang yang beredar luas dimasyarakat modern, tentang mahluk spiritual yang disebut yokai (Iblis, hantu atau roh. Seperti di anime Ushio to Tora) yang selalu mengganggu atau mencelakai manusia yang tidak berdosa.

Sebagian Besar cerita didasarkan pada onryo yaitu hantu hantu yang arwahnya menyimpan dendam yang meyerang siapa saja yang mereka temui. kebanyakan hantu-hantu yang gentayangan ini memiliki suatu masalah yang tidak terselesaikan di dunia sehingga membuat arwah mereka tidak tenang (kayak di anime Angel Beats, Arwah yang belum merasakan kedamaian maka arwah itu tidak akan ditiadakan).

Kisah-kisah hantu seperti ini Biasanya banyak orang tua dijepang  yang menceritakannya kepada anak-anaknya agar supaya mereka tidak mengerjai atau menggertak teman mereka, berhati-hati jika berjalan sendirian dimalam hari, tidak sembarangan berbicara dengan orang asing.

Walaupun kebanyakan hanya rumor dan mengada-ngada Tetapi tidak sedikit juga masyarakat disana percaya dan menceritakannya bukan karena untuk menakuti tapi karena mereka betul-betul pernah bertemu dan melihat mereka. Masyarakat dijepang terus melestarikan cerita-cerita ini, Sehingga Menjadi turun temurun dan bertahan hingga saat ini.

Apa sajakah Urban legend jepang yang terkenal itu?

Urban Legend jepang

Aka manto jepang

 

 

 

 

 

 

 

 

 Aka Manto (Red Cloak)

Akamanto Adalah hantu lelaki yang berada ditoilet cewek, dia muncul mengenakan jubah berwarna merah dan memakai topeng putih untuk menutupi mukanya yang sangat tampan, Aka Manto biasanya bersembunyi di toilet wanita yang berada paling ujung, ketika kamu masuk dan menutup pintu, dia muncul secara tiba-tiba dan langsung bertanya "Mana yang kamu suka, Jubah Merah atau Biru?" Jika kamu mengatakan Merah, ia akan memotong tenggorokanmu sehingga kepalamu terlepas dan darah mengalir ke bawah punggungmu, sehingga terlihat seperti kamu mengenakan jubah merah. 

Jika kamu memilih Biru, maka ia akan mencekikmu sampai wajahmu membiru atau mati lemas. Bahkan jangan berpikir untuk bertanya mengenai warna ketiga atau yang lain, jika kamu melakukannya muncul sebuah lubang dan sepasang tangan putih pucat yang akan menarikmu kedalam neraka. Satu-satunya jawaban yang bisa menyelamatkan kamu adalah menolak apa saja yang ia tawarkan. Di Jepang hantu ini juga dikenal beragam yaitu "aka Manto", "Ao Manto" atau "Aka hanten, Ao hanten". Ada juga yang menceritakan selain jubah kadang juga ia menawarkan tissu toilet yang berwarna merah atau biru, Beberapa orang mengatakan bahwa, Jubah Merah adalah seorang pemuda yang begitu tampan dan setiap gadis akan langsung jatuh cinta kepadanya jika bertemu dengannya.. 

ia sangat menyukai Ketampanannya sehingga ia harus melindungi dan menyembunyikan wajahnya di balik topeng putih. Pada suatu saat , ia menculik seorang gadis muda yang cantik karena gadis tersebut menolak cintanya kemudian ia membunuh gadis tersebut dan tak lama kemudian dia ditemukan bunuh diri dengan menggorok lehernya sendiri dengan memakai mantel berwarna merah, beberapa orang mengatakan sebelum ia mati ia sempat memilih cara mengakhiri hidupnya dengan cara menggantungkan dirinya atau menggorok lehernya sendiri.


japanese urban legend















Kuchisake Onna (The Slit-Mouth Woman)

Adalah cerita legenda yang paling menakutkan tentang seorang wanita yang memakai masker bedah dengan membawa gunting yang besar dan sasarannya adalah anak-anak. Dibalik maskernya Dia memiliki sobekan luka dimulut yang sangat besar membentang dari ujung telinga hingga ke ujung telinga, ia mempunyai senyuman yang sangat mengerikan. 

Jika kamu berjalan pada senja hari, tiba-tiba dia akan muncul untuk menghentikanmu sambil memberikanmu pertanyaan, jika kamu salah menjawabnya. Akibatnya sangat buruk. Mulanya dia akan bertanya ("Watashi kirei?")"Apakah saya terlihat cantik?" jika kamu menjawab "ya" dia akan melepas maskernya, dan memperlihatkan wajahnya yang mengerikan. Kemudian dia akan berteriak ("Kore demo!!?")“Apakah Saya terlihat Cantik, Sekarang!”.Jika kamu mengatakan "Tidak", dia akan mengeluarkan sepasang gunting besar dan segera memotong kepalamu. Jika kamu mengatakan "Ya" untuk kedua kalinya, ia mengambil gunting dan mengiris mulutmu dari ujung telinga ke ujung telinga, membuatmu terlihat seperti dia. 

Jangan mencoba melarikan diri karena tak ada gunanya, ia berlari dengan sangat cepat diperkirakan 100 yard/3 detik, jika kamu melakukannya juga ia akan mengejar dan membunuhmu, dengan memotong sebahagian kepalamu dengan cepat. Untuk melarikan diri dari Kuchisake Onna yaitu janganlah panik kemudian berikanlah jawaban selain "Ya" dan "Tidak". Jawablah "biasa saja" maka dia akan bingung, memberikan kamu cukup waktu untuk melarikan diri, atau “kau masih terlihat cantik” ia akan segera pergi meninggalkanmu. Cara lain yaitu berikan kepadanya permen manisan Bekko Ame karena ia tak suka dengan permen tersebut. cara lainnya lagi yaitu menggunakan pomade (sejenis minyak rambut) bisa juga cukup meyebutkan pomade sebanyak tiga kali konon katanya Kuchisake Onna sangat membenci bau dari pomade karena bau itu mengingatkan dia pada dokter yang melakukan bedah plastik pada wajahnya. 

Menurut salah satu cerita, beberapa puluh - puluh tahun lalu, di Jepang, hiduplah seorang wanita yang sangat cantik ia slalu mementingkan wajahnya dan diri sendiri. Suaminya adalah orang yang sangat pencemburu, suatu saat dia dan suaminya bertengkar hebat karena sang suami menuduhnya selingkuh.

Sang suami mengambil pedang dan menebas mulutnya dari ujung telinga ke ujung telinga. sambil berteriak mengatakan “Siapa Sekarang yang akan mengatakan bahwa dirimu cantik” lalu pergi meninggalkannya. seorang dokter sempat berusaha untuk mengobati luka diwajahnya dengan melakukan operasi plastik namun sayangnya gagal, setelah itu dia menjadi depresi, kemana-mana ia slalu memakai masker bedah, para tetangga selalu menghinanya dan anak-anak mereka sering melemparinya dengan batu, tak lama kemudian akhirnya dia meninggal.

Kashima Reiko-san

Peringatan: Beberapa orang mengatakan bahwa setelah Anda mendengar cerita tentang Kashima Reiko-san, ia akan muncul dihadapanmu dalam waktu satu bulan. Jika kamu tidak ingin melihatnya, jangan membaca ini cerita ini. Kashima Reiko-san adalah sebuah cerita legenda masyarakat Jepang tentang hantu seorang wanita tanpa kaki yang menghantui kamar mandi sekolah. 

Ia tinggal di kota Hokkaido, di Jepang. Suatu malam, ia diserang oleh sekelompok orang. Mereka menyiksanya dan kemudian meninggalkannya. Dia mencoba meminta pertolongan tapi tidak ada yang mendengarkannya. Dia mencoba untuk menemukan seseorang untuk membantunya, karena ia terluka berat ia pun terjatuh di atas rel kereta api, ia berusaha merangkak ke jalur kereta tetapi karena terlalu lelah ia pingsan dan tak sadarkan diri. Kereta dengan kecepatan tinggi menggilas badannya sehingga terpotong tepat di pinggang menjadi dua bagian. 

Kisah ini hampir mirip dengan cerita legenda lainnya yaitu hantu Teke-Teke Sejak saat itu, hantu pendendam Kashima Reiko-san telah mengembara ke seluruh jepang, untuk mencari kakinya hilang. Dia muncul di kamar mandi pada saat tengah malam. Ketika kamu memasuki kamar mandi, dia akan mengajukan pertanyaan. 

Jika kamu tidak dapat menjawab pertanyaan itu dengan benar, dia akan mengambil kakimu. Jika dia bertanya "Di mana kaki saya?", kamu harus menjawab "Pada Expressway Meishin." kemudian Dia akan bertanya lagi "Siapa yang mengatakan itu padamu?" kamu harus menjawab "Kashima Reiko-san yang mengatakannya kepada saya" Dikatakan bahwa setelah Kamu membaca dan mengetahui cerita tentang Kashima Reiko-san, ia akan muncul dihadapanmu dalam waktu satu bulan.

Kisah hantu jepang
















Toire (no) Hanako-san (Hanako-San of Toilet)

Toire no Hanako-san adalah sebuah legenda yang terkenal terkait dengan sebuah sekolah dasar di Jepang. Banyak versi mengenai cerita legenda Hanako-san, salah satunya mengenai cerita seorang siswi yang bunuh diri karena intimidasi yang berlebihan oleh temannya. 

Versi lainnya menyebutkan bahwa Hanako adalah anak kecil yang tewas karena serangan udara Perang Dunia II, saat ia sedang bermain petak umpet bersama temannya dan bersembunyi di toilet. Hanako-san adalah sebuah legenda yang populer dan fenomenal di sekolah dasar di Jepang, hanako-san menghantui kamar mandi wanita dideretan keempat. Dia mengenaka seragam sekolah dengan rambut bob. Ditandai dengan Terbuka dan tertutupnya pintu kamar mandi, kran air terbuka sendiri dan dia akan muncul tepat berada didepanmu dan mengatakan "asobu" (ayo bermain).













Hitobashira (Human Pillars)

Untuk mendirikan tiang bangunan yang kokoh dibutuhkan bahan dengan kwalitas terbaik...tapi pernahkan kamu mengetahui jika untuk mendirikan tiang bangunan yang bisa bertahan selama beratus-ratus tahun diperlukan tubuh manusia untuk memperkokohnya. menurut cerita bahwa,pada jaman kerajaan dijepang, orang –orang dikorbankan dan disegel (dikubur/disemen hidup-hidup) ke dalam bangunan kerajaan sebagai pengorbanan, sebagai persembahan kepada para dewa untuk menjaga bangunan kerajaan agar dapat berdiri kokoh. Mereka yang dikorbankan disebut Hitobashira (Pilar Manusia). 

Pada tahun 1914 terowongan jomon dibangun di jalur utama Sekihoku (Hokkaido) dibangun dengan pilar pilar manusia. Pada Tahun 1968, terjadi gempa bumi dahsyat yang merusak bagian dalam dinding, setelah melakukan renovasi pekerja menemukan sejumlah kerangka berdiri tegak dan disegel didalam tembok dinding terowongan. 

Menurut cerita masyarakat disana arwah yang marah mengakibatkan gempa dashyat terjadi.Untuk menghormati para korban dibangun sebuah monumen penghormatan. Struktur terkenal lainnya dikabarkan memanfaatkan pilar manusia antara lain : jembatan Fukushima (Tokushima), saluran irigasi Imogawa (Nagano), dan tanggul Manda (Osaka).














Yuki Onna (Snow Woman)

Yuki-onna muncul ketika salju turun,ia berwujud sebagai wanita tinggi yang anggun dan cantik dengan rambut hitam panjang dan bibir biru. Kulitnya putih pucat. Terkadang ia memakai kimono putih, tetapi legenda lainnya menggambarkan dia tak memakai sehelai benangpun, Meskipun kecantikannya sangat mempesona, pandangan matanya bisa memancarkan ketakutan kepada orang yang menatapnya. 

Dia selalu melayang dibalik salju, tidak meninggalkan jejak kaki (beberapa cerita mengatakan ia tidak memiliki kaki), dan dia bisa berubah menjadi awan kabut atau salju. Sampai abad 18 Beberapa legenda mengatakan Yuki-onna, adalah roh seseorang wanita yang tewas akibat badai salju. Yuki-onna slalu digambarkan sebagai wanita yang tenang dan lembut, namun ia sangat tidak suka kalau ada orang yang menggodanya, ia langsung akan membunuh orang tersebut. 

Yuki-onna muncul jika melihat ada orang terjebak di badai salju, ia akan berpura-pura untuk minta tolong, karena ia sangat cantik banyak orang yang terlena dengan kecantikannya, jika orang tersebut menggodanya dan ingin berbuat jahat kepadanya maka ia akan menghembuskan napas esnya untuk membuat tubuh orang tersebut menjadi biru dan kaku, tetapi jika orang tersebut mempunyai niat baik dan tulus untuk menolong maka badai salju akan segera berhenti dan tubuh Yuki-Onna akan mencair.

Kuma Onna (She Bear)

Hati – hati terhadap kuma onna, beberapa poster atau artikel di tempel didinding terowongan yang sepi di jepang, banyak yang menganggapnya hanya rumor untuk menakuti para siswa yang sering pulang malam hari dan melewati di terowongan tersebut....apa atau siapa itu Kuma Onna? kuma onna adalah sesosok wanita yang memegang sebuah boneka beruang, didalam boneka beruang yang ia pegang terdapat berbagai macam perhiasan dan aksesoris yang berharga yang dia ambil dari korbannya...

Betul ia hanya ingin mengambil perhiasan yang terdapat ditubuhmu tapi sayangnya cara ia mengambil perhiasanmu dengan cara memotong bagian tubuhmu yang memakai perhiasan tersebut. Ketika ia memunculkan dirinya dan menentukan targetnya dia akan membacakan sebuah puisi yang bunyinya kurang lebih seperti ini :“anak sekolah memakai lipstik agar terlihat cantik...memasang pita berwarna merah didada mereka...

Mereka selalu berdusta dengan cara menangis seperti bayi...kepada kekasih atau orang tua mereka...memakai sesuatu sebagai tanda kesombongan...hanya untuk menuju kematian...” menurut salah seorang siswi yang pernah bertemu dengan kuma onna Satu-satunya cara untuk selamat yaitu melepaskan dan meninggalkan semua perhiasan atau aksesoris yang kamu kenakan, maka ia akan pergi sambil membawa perhiasan atau aksesoris yang tadi kamu tinggalkan.

Yaa itulah beberapa kisah Urban legend jepang yang terkenal disana, Sebenaenya masih banyak kisah* urban legend yang ada di jepang. Namun, karena untuk mempersingkat agar post ini tidak terlalu panjang maka akan saya lanjut pada postingan berikutnya di, Baca juga: kumpulan kisah seram bikin merinding

Post Comment

Thanks for your comment