Artikel terbaru

Misteri ending tokyo ghoul kaneki (bunga kematian)

Misteri ending tokyo ghoul kaneki
Bunga kematian kaneki, Mungkin tidak banyak yang tau bahwa ending Tokyo Ghoul season 1 Episode 12, saat dimana kaneki di siksa dan di alam pikiran bawah sadarnya kaneki berada di sebuah taman yang dipenuhi dengan bunga. Ternyata, Bunga-bunga itu memiliki pesan dan arti tersembunyi yang merefleksikan tentang kaneki itu sendiri. Seperti yang kita tau bahwa komik Tokyo ghoul merupakan komik yang memiliki banyak makna dan permainan kata di dalamnya.


Sekarang saya akan membahas tentang Tokyo ghoul kaneki, lebih tepatnya tentang Bunga kematian kaneki.


Makna bunga tokyo ghoul kaneki

makna bunga tokyo ghoul

Mawar putih yang berubah jadi mawar merah

Mawar putih yang berubah warna menjadi mawar merah karena darah, Sebenernya ada yang bilang kalo bunga ini bukan bunga mawar melainkan bunga Anyelir putih. yaa memang sangat sulit memastikan apa ini bunga anyelir atau bunga mawar? tapi baik bunga mawar atau bunga anyelir keduanya tetap melambangkan hal yang sama.
Arti bunga anyelir putih: Lugu/polos dan Ingatan. Sedangkan
Arti bunga mawar: Hilangnya keluguan.

Pada awal anime ini kita sudah menyaksikan bahwa aktor utama kita si kaneki ini orangnya lugu, naif dan terlalu polos. Dia punya prinsip lebih baik dia menderita daripada menyakiti orang lain. nah mawar putih ini merupakan simbol kepolosan atau keluguan. hal ini merujuk pada Era Victoria bahwa mawar putih melambangkan kesucian dan kemurnian.

Layaknya seorang anak bayi yang masih polos dan tidak memiliki rasa bersalah apapun, bunga ini menunjukkan sifat dari kaneki yang lebih baik tersakiti daripada menyakiti. sebelum akhirnya disiksa si yamori dan bunga mawar itu ternodai dengan darah.

Bunga yang bernoda darah

Darah disini memiliki makna ganda, yaitu berarti secara harfiah menunjukkan penderitaan kaneki yang disiksa yamori dan juga tentang keinginan kaneki untuk membunuh (memangsa manusia) meski dia jadi ghoul tetap saja kaneki tidak mau memangsa manusia. Dan saat disiksa disitulah kaneki bertarung melawan rize tentang kelemahan kaneki. Akhirnya si kaneki sadar, dan  dia menodai tangannya.

Pada akhirnya dia memakan rize, meskipun maksud si rize adalah agar dia menyerah dan menerima dirinya (rize) sebagai ghoul (naluri ghoul).

Akhirnya mawar itu pun ternoda dengan darah dan menjadi bunga lily merah.
makna bunga lily

The flower of death (Bunga kematian spider lily)

Red Spider Lily atau Higanbana = bunga kematian, "Tidak akan pernah bertemu kembali", "kenangan yang terlupakan", "ditinggalkan".

Higanbana adalah bunga yang sangat terkenal di Jepang dan bunga ini memiliki arti terkait dengan kehilangan, kerinduan, penelantaran dan kenangan yang hilang. Hilangnya 'rasa manusia' pada diri kaneki, hilangnya kehidupan normal dia, temannya satu-satunya (si hide) dan orang tuanya. semuanya karena pada akhirnya dia menjadi Ghoul.

Sebenernya bunga ini di jepang memiliki banyak nama, diantaranya:

"Manjushage” (曼珠沙華) yang di ambil dari sutra Buddha, yang berarti bunga merah dalam bahasa sankskerta.  
higan-bana” (彼岸花) yang berarti bunga yang mekar ketika ekuinoks (musim gugur). 
doku-bana” (毒花) yang berarti bunga racun, karena bunga manjushage ini memang memiliki racun.  "kitsunebana"( 狐花(きつねばな)) yang berarti bunga serigala.  
shibito-bana” (死人花) yang berarti bunga kematian.  
"sanmaibana" (三昧花(さんまいばな) yang berarti bunga samadhi. 
"shitamagari" (したまがり)
"sutegobana" (捨子花(すてごばな)) yang berarti bunga anak yang dibuang.  
yuurei-bana” (幽霊花) yang berarti bunga hantu

Beberapa legenda juga mengatakan, apabila kalian bertemu dengan seseorang yang nantinya tidak akan pernah kalian temui lagi, higanbana akan berbunga di sepanjang jalan. Mungkin karena legenda-legenda menyedihkan inilah, orang-orang Jepang sering menggunakannya di upacara pemakaman. Nama "Higanbana (彼岸花)" sendiri secara harfiah berarti "bunga higan (pinggir Sungai Sanzu)", "menghiasi dan menyenangkan", serta "bunga akhirat di gokuraku jyōdo".


Yaa, itulah sedikit cerita Misteri ending tokyo ghoul kaneki, bisa saya katakan bahwa anime ini benar* sangat mengagumkan tak kalah dengan anime detektif seperti conan dan yang lainnya yang memiliki permainan kata dan makna di dalamnya. (baca juga misteri akun hantu COC)

Post Comment

1 comments:

Click here for comments
14 November, 2016 23:10 ×

Ho keren namun kaneki lebih sadis dibandingkan yg sekarang akibat rize

Selamat GO G dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment