Artikel terbaru

Cara menggambar di corel draw x6

Cara menggambar di corel
Coreldraw merupakan aplikasi berbasis Vektor yang biasa digunakan untuk offset maupun printing, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menggambar di corel draw x6. Sebenernya bebas, mau x6, x4, x5, ataupun x3. karena X di coreldraw ga seberapa penting menurut saya, ini cuma alat/software yang dibutuhkan disini agar bisa menggambar yang bagus bukan seberapa update/seberapa bagusnya aplikasi kita melainkan seberapa hebatkah skill kita?

Bahkan ada orang yang bisa menggambar bagus hanya dengan bermodalkan aplikasi bawa'an windows seperti Paint atau Excel. What? Excel sama paint? Yap, coba aja kamu search di google tentang Microsoft Paint Art atau Microsoft Excel Art. Pasti kamu akan terkejut.

Cara menggambar di corel draw

Lanjut, saya asumsikan disini kamu sudah sedikit paham mengenai Tools, yang ada di Coreldraw. terutama Pen tool, jika kamu belum paham. Silahkan belajar dulu di artikel saya sebelumnya. Belajar menggunakan Pen tool.
Jika sudah sekarang buka Corel kamu. Siapkan gambar yang ingin kamu jadikan Vector lalu masukkan gambarnya pada workspace di Corel. caranya Drag & Drop gambar kamu di Corel atau bisa juga kamu masukkan Via Open.
Menggambar di corel draw x6
Diatas adalah gambar yang ingin saya jadikan Vector, karena gambar diatas memiliki Resolusi yang kecil jadi yaa mau ga mau harus dijadikan vector agar bisa dibuat Sablon atau sejenisnya.
menggambar di corel draw
Pilih Pen Tool, caranya tekan agak lama lalu pilih Pen Tool, perhatikan gambar diatas.
trace coreldraw
Jika sudah kita kecilkan ukuran Outlinenya, agar kita lebih mudah ketika kita mau Ngetrace gambarnya. lihat gambar diatas, cari gambar Pulpen diatas gambar berbentuk Cat.Pilih ukuran 0.1 mm, ukuran ini tergantung resolusi gambar kamu, semakin besar pixel yang dimiliki gambar kamu maka gunakan ukuran yang lebih besar juga atau kamu sesuaikan aja.
Pentool coreldraw
Jika sudah sekarang kamu pilih View lalu ubah tampilannya jadi Wireframe. Fungsinya agar gambar terlihat transparan da hitam Putih. Kalo mau balikin ke tampilan semula Pilih aja Enhanced, Normal atau Pixel. Pahami sendiri yaa bedanya :p disitu udah jelas kok.
Here We go, inilah fase yang paling membosankan :D antara gampang* susah.
menggambar mudah di coreldraw
Nah sekarang waktunya kita trace (jiplak/ngeblat) satu persatu, coba perhatikan gambar diatas. jika masih bingung coba kamu belajar pen tool dulu biar kamu paham saat di fase ini. Disini kamu harus trace satu persatu, tiap warna. Ini masih dua warna lho yaa? jadi masih mudah dan ga membingungkan.
Kalo sudah sekarang kamu kasih warna, pilih gambar kamu lalu klik ikon warna di samping kanan. Samakan warnanya dengan gambar kamu. Bisa juga pake color dropper tool cari disebelah kanan. Bila perlu saat menggambar agar proporsional dan bagus gunakan bantuan Line/garis. cara buat garis juga gampang kok, cukup arahkan kursor kamu ke arah garis dan tarik.
Air gear
Setelah agak lama, maka itulah hasilnya. Terlihat mudah bukan? Iya mudah yang diperlukan disini hanyalah kesabaran. buat satu gambar sederhana seperti itu aja butuh waktu 2-3 jam bahkan lebih. Sekarang tinggal kamu save jadi SVG, Png, Jpeg atau apapun. caranya Blok dulu semua lalu kamu Grup (Ctrl+G) trus pilih export. Sudah jadi deh :p

Jika dari artikel ini ada yang masih belum kamu pahami, saya rasa kamu perlu meningkatkan belajar kamu, karena ada hal-hal kecil yang memang ga saya jelaskan. terlampau sederhana, jadi saya sarankan pahami dulu dasar dari corel nanti pasti bisa kok bikin gambar yang bagus hanya dengan coreldraw :D


Post Comment

2 comments

Click here for comments
05 December, 2015 15:14 ×

Tutorialnya mudah dimengerti gan... Oh ya saya juga coba-coba bikin tutorial kartun model vexel. Kalo agan berkenan mohon kritik dan saran untuk tutorial saya. Monggo silahkan mampir. Ditunggu komentarnya. Terima kasih.

Balas
avatar
admin
05 December, 2015 17:37 ×

Makasih udah mampir, ^^

Udah cek gan, gambarnya bagus tapi utk tutorial kurasa kurang lengkap kalo buat newbie.
kayak di posterize, dulu saya pake cara agan bikin di photoshop tp pas dikasih tau di corel jg ada jd yaa mending pake posterizenya corel. Ga semua orang punya 2 aplikasinya gan :)

Cara bikin line artnya pula, yg newbie pasti bingung, gimana buatnya? kan ada 2 line? yaitu line yg nyambung dan line biasa yg ga bisa di warnain (kalo warnainnya pake klik kanan)

Disini sbnernya bnyak yg prlu dijelasin lho gan, kayak bikin matanya, bikin alis.

Trus pewarna'an, nah ini agak susah jg sih. Kayak milih warnanya mungkin agan bisa kasih contoh color palletenya. dan biar bagus bisa juga dijelasin fungsi level di posterizenya. Krn semakin besar kan semakin detail. Keren kalo pake 12, saya biasa/mastah lain biasanya pake 4/5 hehe.


Itu aja sih gan, semoga membantu ^^ kalo newbie pasti susah apalagi yg belum paham sama tools di coreldraw.

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment