Artikel terbaru

Cara menggunakan Remote desktop windows 7 dan XP

Remote PC
Remote Desktop Protocol atau biasa disebut dengan RDP merupakan suatu protocol yang sudah ada ketika pertama kali menginstall OS Windows, baik itu Windows 7 maupun Windows XP. Ini yang sudah saya pakai dan sepertinya di windows Vista pun juga ada. Fungsi dari RDP sendiri adalah me-remote pc melalui jaringan internet. Kalo di Windowsnya sendiri dinamakan Remote Desktop Connection.

RDP ini biasa digunakan perusahaan-perusahaan besar yang memiliki fungsi utama untuk file sharing, dulu di perusahaan saya juga menggunakan ini. kali ini saya akan sharing cara menggunakan RDP, hal paling penting yang harus kalian tau agar bisa melakukan Remote adalah kalian harus tau alamat IP yang ingin kita remote dan juga user beserta pass dari group komputer target.

So, cekidot tapi alangkah baiknya jika kalian ga tau IP komputer target kalian bisa menggunakan yang namanya Team Viewer karena operasinya lebih mudah. Kita tinggal memberi USER+PASS yang sudah digenerate Team Viewer tersebut.

Cara menggunakan Remote desktop windows 7 dan XP

Pertama saya asumsikan disini kalian sudah tau Alamat IP, user dan pass komputer target. jika sudah silahkan Buka Start > All Program > Accecories > Remote Desktop Connection
cara emnggunakan rdp

















Atau cara mudahnya dengan cara Klik Tombol jendela windows+R (melalui task RUN) lalu ketik "mstsc" tanpa koma dan enter.

Nanti akan terbuka seperti ini.
cara emnggunakan rdp windows 7











Lalu isi alamat IP komputer target pada kolom yang tersedia dan tekan Options.
cara emnggunakan rdp windows xp

















Lalu akan muncul seperti gambar diatas, jika sudah Isi bagian Computer dengan IP target lalu User name dengan User komputer target. Centang Always Ask for credential. lalu klik Connect.
Cara remote pc

















Tunggu sebentar, RDP sedang menyambungkan.
remote desktop via internet





















Jika sukses nanti akan seperti gambar diatas, Isi bagian paling atas dengan User dan bagian bawah dengan Password/kata sandi komputer target. Berhubung yang buat saya praktek ini adalah bahasa cina jadi lalu klik yang kotak merah. Kalo kalian pake komputer RDP bahasa inggris klik aja login, jika tidak ada gunakan insting kalian.
remote desktop komputer






















Kalo sudah nanti akan muncul seperti itu, dan kita sudah berhasil meremote pc orang lain :D
remote komputer














Sekarang terserah mau kalian apakan komputer target, entah mau download, upload ataupun lihat film juga boleh. Hak penuh milik kalian sekarang :p ubrak-abrik deh, hehe. Oh ya, satu lagi. RDP ini ga bisa digunakan login secara bersamaan karena jika ada orang lain yang login, maka koneksi orang yang sebelumnya login akan terputus. Makanya jika untuk keperluan bisnis ataupun meeting ada baiknya menggunakan Team Viewer. Itulah Cara menggunakan Remote desktop semua windows

Sekian dulu cara menggunakan RDP ini, hal ini bisa dipraktekan pada beragam Sistem Operasi berbasis windows karena pada dasaranya ini adalah aplikasi bawa'an windows. Baca juga: Cara internetan tanpa modem

Post Comment

Thanks for your comment