Artikel terbaru

Pahlawan maho dalam penemuan komputer

pahlawan maho penemu komputer

Dibalik komputer yang kita pakai sekarang ada seorang pahlawan yang sangat berjasa dalam dunia penemu komputer, Siapakah dia? Dia adalah Alan turing yang memiliki nama lengkap Alan Mathison Turing yang lahir pada 23 juni 1912. Memang dia tidak serta merta menemukan Komputer yang kita pakai sekarang namun dia adalah Bapak dari komputer modern. 

Tidak banyak yang tau dia seperti halnya Dennis Ritchie yang merupakan penemu bahasa pemrograman C, Tanpanya dunia tidak mungkin seperti sekarang. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa Alan Turing dianggap sebagai pahlawan? Hmm, baiklah kita coba mundur berpuluh-puluh tahun, di masa perang dunia kedua.

Selama Perang Dunia II, Alan Turing bekerja untuk sebuah organisasi GCCS di Bletchley Park, sebuah pusat pengkodean di Inggris. Ia menjabat sebagai kepala Hut 8, yang memiliki tanggung jawab untuk pembacaan sandi angkatan laut Jerman. Dia berhasil menemukan sejumlah teknik untuk memecahkan algoritma Cipher Jerman, termasuk cara Bombe, sebuah mesin elektromekanis yang dapat memecahkan pengaturan untuk mesin Enigma Code.

Kode enigma

Alan turing merupakan sosok yang berhasil memecahkan kode enigma yang dikirimkan oleh NAZI.  Coba bayangkan jika tidak ada Alan turing enigma code mau jadi apa dunia ini? Berkat penemuan alang turing perang dunia kedua berhasil diundur selama 2 atau 3 tahun. Jadi, dibalik kemerdekaan RI ada sangkut pautnya dengan dia, alasannya dia bisa membaca pergerakan jerman pada waktu itu dan mencegah mimpi buruk terjadi.

Jika kalian ingin tahu mengenai jasa Alan turing kalian bisa melihat film Imitation Game, disitu diulas sedikit kisah dan perjalanan Alan turing. Meskipun pada akhirnya di dunia nyata alan turing meninggal dengan Kondisi Tragis. Dia mengakhiri hidupnya dengan memakan buah yang telah diberi sianida sehingga membuat dia keracunan, namun entalah apakah insiden kematian alan turing itu kecelakaan atau Bunuh diri?

Mungkin si alan turing depresi karena diadili pengadilan inggris atas perselingkuhan dia dengan seorang pria muda di inggris. Yaa, Homoseksual pada waktu itu merupakan hal illegal di inggris. Pemerintahan inggris pun memberi alan turing 2 pilihan, apakah dia dihukum mati atau dia rela disuntik Obat yang bisa meningkatkan Hormon heteroseksualnya (hormon penyuka sesama jenis). Akhirnya alan turing dengan terpaksa memilih Disuntik obat itu.

Namun dalam film Imitaion game tidak ada adegan itu, karena memang hal itu tidak diperlukan. Hidup singkat namun memiliki jasa yang besar hingga akhirnya pada tahun 2009 perdana mentri inggris meminta maaf atas kejadian yang menimpa alan turing. "I'm proud to say sorry to a real war hero" ungkap Gordon Brown.






Post Comment

Thanks for your comment