Artikel terbaru

Macam macam layar ponsel

macam macam layar ponsel
Halo sobat, setelah kemarin mmbahas tentang jenis-jenis layar sentuh sekarang kita akan membahas jenis layar itu sendiri. Macam-macam layar ponsel, pernahkah kalian mendengar kata-kata TFT, Amoled, IPS Lcd, Oled dan monochrome? Pasti kalian pernah, karena itu adalah jenis-jenis layar lcd sekarang.

Mari kita bahas satu persatu mengenai macam-macam layar ponsel

Monochrome

jenis layar
Layar monochrome atau layar hitam putih :D ini adalah layar teknologi pertama. Layar ini sekarang sudah ga diproduksi lagi untuk handphone-handphone jaman sekarang. Layar monichrome adalah layar tipe jadul yang hanya pada hp-hp lawas, seperti nokia 3610. Kelebihn layar ini dalah lebih hemat daya dan ga boros baterai.


TFT (Thin Film Transistor)

Thin film transistor yaitu layar yang menekankan pada kualitas gambar. Teknilogi layar jenis ini dinamakan Active-Matrix Color Display. Yaitu dengan menempatkan satu transistor disetiap pixelnya. Kelebihan layar ini adalah gambar yang dihasilkan lebih tajam dan juga lebih terang. Kekurangan layar jenis ini adalah layar ini sangat boros dalam konsumsi baterai.

IPS LCD

Layar IPS LCD atau In-Plane Switching, merupakan pengembangan dari layar TFT. Yang menekankan pada reproduksi warna dan viewing angle, yaitu sudut penglihatan. Jika kalian melihat layar ini entah itu dari atas, bawah, kanan atau kiri. Gambarnya masih terlihat jelas. Ini adalah layar yang digunakan pada smartphone jaman sekarang. Layar ini menggunakan 2buah transistor di setiap pixelnya. Kualitas layar ini pun hampir sama dengan amoled.


Amoled

Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Layar ini merupakan gabungan dari layar TFT dan Oled.  Layar ini tidak menggunakan backlight sehingga keunggulan layar ini terletak pada konsumsi baterainya yang hemat. Layar ini jua cukup jelas ketika dilihat dari bawah sinar matahari.

OLED

Organic Light Emitting Diode, Oled, terbut dari bahan organik berbasis karbon yang akan menyala keyika dialiri listrik. Untuk layar jenis ini dalam konsumsi batetai pun juga lebih hemat. Layar ini juga memiliki keunggulan dibndingkan lcd karena layar ini tidak menggunakan backlight dan juga filter seperti halnyabpada lcd.

Bagaimana sudh tau kan Macam macam layar ponsel.

Saran saya adalah jangan membeli layar berjenis Oled atau Amoled karena lebih cepat burn-in. Belilah layar berjenis IPS Lcd meskipun sedikit boros baterai. Namun bukan berarti kalian tidak boleh membeli hp berlayar amoled karena rusak tidaknya suatu barang tergantung pemakaian kita.

Post Comment

1 comments:

Click here for comments
03 January, 2015 15:49 ×

kren info nya bro !!!

Selamat cunk berlabel dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment