Artikel terbaru

Gorilla glass? teknologi pada layar smartphone

Gorilla glass
Coba lihat layar pada smartphone kalian?
Apakah smartphone kalian adalah smartphone dengan gorilla glass?
Lalu apa sih gorilla glass itu.

Well, mungkin bagi kalian yang selalu up to date dengan yang namanya teknologi. Kata Gorilla glass sudah tidak asing bagi kalian. Sebuh kaca ringan nan tipis dan juga kuat telah melapisi beberapa layar pada handphone masa kini. Yap, gorilla glass. Merupakan kaca anti gores atu kaca pelapis alat elektronik seperti notebook, laptop, tablet pc dan smartphone.


Gorilla glass? teknologi pada layar smartphone. Jika kalian mengatakan ini teknologi terbaru kalian salah besar. Kaca gorilla glass buatan Corning Inc Vendor asal amerika serikat ini sudah ada sejak
1960. Waktu itu Perusahaan Corning melakukan eksperimen pada kaca yang diperkuat dengan bahan kimia.

Proyek yang dinamakan "Project muscle" ini dalam beberapa tahun melahirkan kaca yang diberi nama Chemcor glass. Kaca chemcor glass inilah yang merupakan cikal bakal dari gorilla glass dan gorilla glass adalah hasil dari pengembangan kaca Chemcor glass.

Berhubung pada tahun 1960 Corning.Inc tidak menemukan penggunaan kaca Gorilla glass maka kaca itu tidak pernah diproduksi lagi, kecuali hanya diproduksi 100 buah untuk digunakan pada kaca mobil merk Race Car Dodge Dart dan Plymouth Barracuda.

Baru, pada tahun 2006 ketika Pendiri apple Steve Jobs mengembangkan model pertama iphone. Awalnya Iphone menggunakan layar dari plastik keras, baru diketahui ternyata prototipe ponsel tersebut memiliki kekurangan ketika steve jobs memasukkannya kedalam saku dan kunci miliknya menggores permukaan layar tersebut dan steve tidak nyaman dengan hal ini.

Akhirnya dia berpikir untuk mengatasi masalah tersebut dan menelpon CEO Corning Inc Wendel Weeks dan mengatakan "Apple" membutuhkan kaca yang ringan dan kuat yang akan digunakan pada layar Iphone nantinya.

Akhirnya wendell menceritakan pada steve jobs mengenai Gorilla glass dan akhirnya steve pun tertrik dan meminta wendell untuk memproduksi kaca tersebut yang akan digunakan untuk rilis iphone yang sempat tertunda.

Awalnya si wendell skeptis namun steve berhasil meyakinkan si wendel untuk segera memproduksi Gorilla glass tersebut. Dari sinilah cikal bakal Boomingnya teknologi gorilla glass pada smartphone.

Rahasia kaca anti gores gorilla glass ini terletak pada alkali-aluminosilikat yang telah mengalami pergantion ion dengan suhu 400°. Kini Corning telah mengeluarkan Gorilla glass 2 dan sekarang bahkan sudah ada Gorilla glass 3 yang katanya 20% lebih tipis dari versi sebelumnya namun memiliki kekuatan dan daya tahan yang sama terhadap goresan.

Itulah Gorilla glass? teknologi pada layar smartphone. Sudah ada beberapa smartphone dengan gorilla glass. Contohnya samsung yang tertarik memakai teknologi Gorilla glass ini.



Post Comment

Thanks for your comment