Artikel terbaru

Rahasia dibalik Cerita Spirited Away

JAV spirited Away
Kalian suka anime jepang?

Sudah lihat Spirited Away belum? Kalo belum film ini mungkin bisa jadi daftar film yang wajib kalian lihat. Film ini diproduksi oleh Studio Ghibli dan disutradarai oleh Hayo Miyazaki, seorang mangaka Jepang yang sekaligus pendiri dari Studio Ghibli, yang terkenal melalui film-film buatannya yang banyak menggunakan tema hubungan manusia dengan alam dan teknologi, serta sulitnya menjaga etika perdamaian.

Cerita film ini berawal dari perjalanan Chihiro sang gadis kecil berusia 10 tahun dengan kedua orang tuanya saat pindah ke kota lain. Mereka tidak sengaja menemukan sebuah tempata yang sudah tidak terawat. Dengan penuh keingintahuan mereka pergi melihat-lihat tempat  tersebut yang syarat akan nuansa sepi, terpencil dan sedikit aneh dan juga mistis. Keanehan muncul saat kedua orang tua Chihiro menemukan restoran dengan sajian makanan yang banyak karena mungkin rasa lapar atau rasa keingintahuan orang tua chihiro akhinya orang tua chihiro mencoba mencicpi makanan tadi. Karena kemistisan tempat tersebut akhirnya kedua orang tua chihiro pun kalap dan ga bisa berhenti makan

Lalu karena kedua orang tua Chihiro tidak berhenti makan maka mereka berdua pun berubah menjadi BABI daaan......

Tonton sendiri aja kelanjutannya :p

disini saya hanya akan membahas rahasia dibalik film ini, Fil ini penuh syarat akan makna. Btw film ini juga mendapat oscar Academy Award for Best Animated Feature lhoo.

Hmm, Tapi taukah kamu rahasia dibalik fim ini?
film Spirited Away

Coba kamu perhatikan simbol yang ada di pintu masuk rumah pemandian itu “ゆ” (dibaca “yu”)

Bagi kalian yang sedang mempelajari bahasa jepang mungkin sedikit tau arti simbol ini. simbol ゆ"Yu"
merujuk pada 温泉 (onsen: pemandian air panas) dan 銭湯 (sento: Pemandian umum) atau tempat pemandian jepang.

Kata "Yu" memiliki arti "Air panas" jadi ga heran kan kalo itu memang tempat pemandian?
  
Tapii,  Selama periode Edo, rute pemandian umum menjadi populer untuk laki-laki karena perempuan yang mulai bekerja di pemandian umum ini, tugasnya mencuci (memandikan) laki-laki dan menjual seks. Rumah-rumah mandi ini disebut "yuna baro". Para wanita dikenal sebagai Yuna, atau "yuna ". ini langsung diterjemahkan menjadi  "wanita air panas ". Jadi pada dasarnya, mereka adalah Tuna susila (Maaf: pelacur) Coba tebak wanita yang menjalankan rumah mandi ini akan dipanggil apa?

 ゆばば。 Yubaba. (diterjemahkan langsung menjadi "Wanita Tua Air Panas")  Yubaba adalah nama dari wanita yang menjalankan rumah mandi di Spirited Away. Jika Anda menonton Spirited Away, para pekerja perempuannya disebut sebagai yuna. Chihiro terpaksa mengubah namanya menjadi Sen agak seperti nama julukan penari telanjang.

カオナシ/ No-Face makhluk/Hantu tanpa wajah ini terus menawarkan Chihiro uang. Dia "ingin dia (Chihiro)". dan setelah membaca interview dengan miyazaki. semua cerita itu dibuat dengan sengaja. Yaa, seperti yang kita tahu Cerita Miyazaki yang berkelok-kelok dengan tema yang berbeda dan bebagai metafora. Ia mengatakan ia menanggulangi masalah akan industri seks yang berkembang pesat di Jepang, dan bahwa anak-anak yang terkena dampak itu pada usia dini tersebut adalah suatu masalah.

 Hal ini membuat saya mengagumi sosok miyazaki lebih dari seorang pembuat film, masterpiece of animator. membuat film yang mengandung banyak sindiran.

Yaa, bagi kalian yang akan melihat film ini lagi atau ingin melihat film ini mungkin kalian sedikit frustasi karena akan kehilangan banyak makna tersirat ketika diterjemahkan.

dan untuk orang tua kenapa jadi babi karena mungkin Babi suka melihat pasangannya di setubuhi orang lain, malah justru membantunya. 

Yaa, entalah menyangkut hal ini benar atau tidak semua kembali pada diri kalian masing-masing. Yang jelas jepang memang sudah terkenal akan industri JAV nya.dan kalo memang benar kita patut mengacungi jempol sang pembuat film masterpiece ini Miyazaki. Sindiran untuk pembuat film ikeh ikeh kimochi :D




 

Post Comment

8 comments

Click here for comments
Anonymous
11 April, 2015 22:43 ×

Agak aneh gan, bukan wanita yg berlari kayanya...
Tapi lebih ke menjalan kan nya...

Kalo dalam, bahasa inggris bener a woman who running onsen
Tapi translate indo nya
Wanita yang menjalankan (mengatur) onsen

Balas
avatar
admin
12 April, 2015 16:56 ×

Udah diedit gan, thanks masukannya.

Balas
avatar
admin
05 April, 2017 11:30 ×

Berulang kali lihat Spirited Away, selalu penasaran siapa sebutan untuk no-face spirit, cuma kata "Eh" doang yg membenak.

Balas
avatar
admin
01 May, 2017 16:15 ×

Ceritanya masih gantung ya spirited away ini? 😧

Balas
avatar
admin
01 May, 2017 16:31 ×

Gantung gmn? Kan udah kluar dari tmpat itu..

Balas
avatar
admin
01 November, 2017 09:07 ×

Seandainya di remake ke film yg dibintangi manusia nyata...kerenn

Balas
avatar
admin
01 November, 2017 10:57 ×

Trgantung malah kadang anime dijadi'in live action tambah jelek. hehehe

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment