Artikel terbaru

Cerita dibalik permainan Batu-Gunting-Kertas

Permaianan tradisional
Cerita dibalik permainan Batu, Gunting, Kertas.

Siapa coba yang ga tau permainan ini, rata-rata semua orang tau permainan tradisional ini. permainan yang cukup menyenangkan ketika aku masih kecil :p
Permainan ini banyak dimainkan oleh anak-anak jaman dulu tapi ga tau kalo sekarang mungkin uda jarang yang memainkan ini. kebanyakan anak sekarang lebih suka bermain dengan Gadget mereka. Semuanya sudah tergantikan oleh teknologi.

Oia, sebelum ke topik utama alangkah baiknya kalian mengenal asal-usul dan sejarah permainan ini
Batu-gunting-kertas itu permainan dua orang, yang make hand gestures untuk melambangkan tiga elemen, gunting, batu, sama kertas. Biasanya permaianan ini dimainkan ketika mau nyari siapa yg menang/yang jaga kalo dalam permaianan  Singitan (Petak Umpet) Jadi pemenangnya nanti ditentukan oleh tiga elemen ini, Batu kalah sama kertas, kertas kalah sama gunting, dan gunting kalah sama batu. Intinya kayak siklus gitu yang berkesinambungan.
Oia ada lagi tuh permaian suit lainnya, itu tuh yang pake kelingking (semut), telunjuk (manusia) sama jempol (gajah). Menurut dari apa yang gw baca (tepatnya disini ("‾▽‾)-σ WIKIPEDIA) yang katanya mainan ginian udah ada sejak Dinasti Han di China, atau bahkan lebih. Tapi pertama kali ditemukan di buku Wuzazu (五杂组), yang nulis si Xie Zhaozhi (谢肇淛) di era Dinasti Ming. Di buku ntuh, mainan ini disebutnya shoushiling (手势令) ato menurut translate tuh "perintah/sinyal/kode tangan". Nah, tapi ada lagi di bukunya si Li Rihua (李日华), judulnya Note of Liuyanzhai (六砚斋笔记), yang menyebut mainan suit ini shoushiling (手势令), huozhitou (豁指头), dan huoquan (豁拳).

Sistemnya sama kayak suit modern (ato malah suit jaman sekarang sama kek yang dulu), dimana kalo A ngalahin B, B ngalahin C trus C ngalahin A. Di China tempoe doeloe itu pake tiga jari, jempol ngelambangin katak, ngalahin kelingking yang ngelambangin keong/bekicot/siput (tapi ada yang bilang Centipede), yang ngalahin telunjuk yang ngelambangin ular, nah ularnya/telunjuknya ngalahin jempol si katak.

Dan dibalik permainan ini ada cerita yang agak tragis sih menurutku, yaitu tentang Persahabatan, Pembunuhan dan pembalasan dendam.


Cerita dibalik permainan Batu-Gunting-Kertas


Ceritanya ada  2 sahabat baik, Batu dan kertas. mereka itu sahabat yang sangat akrab. saking akrab dan eratnya persahabatan mereka sampe-sampe membuat iri seseorang. Gunting, nah karena hal inilah si gunting punya niat jahat.

Dia berusaha mendekati si kertas dan berusaha menjadi sahabat si kertas lalu saat uda dekat dengan si kertas dan memiliki kesenpatan trus si Gunting merobek-robek (membunuh) si kertas dan akhirnya si kertas pun mati, mengetahui hal ini si Batu pun ga terima karena sahabat baiknya di bunuh oleh si gunting dan si Batu pun balas dendam ldengan memukul si Gunting sampai mati.

Asal-usul permainan batu gunting kertas
Nah lho, tragis kan?

Kalo boleh diamsusikan ke dunia nyata, si kertas itu bisa di wakilkan dengan si cewek, yang Ramah dan lemah dalam artian kalo dibandingkan dengan cowok lho yaa.

karena kelemahan dan kelembutan si kertas ini kadang dia dimanfaatkan oleh si gunting, dan selalu disakiti. untuk gunting bisa aja di ibaratkan dengan cowok yang terkadang semena-mena sama kaum cewek ini.

Karena hal itu harusnya batu yang bisa melindungi si kertas (Batu = orang tua) Itulah peran yang harus bisa dilaksanakan oleh si Batu untuk melindungi kertas dari gunting.

Oia, Untuk si Batu, bisa juga di ibaratkan orang yang bisa menjaga si kertas yaa mungkin aja si "Cowok tepat" yang ga selalu merendahkan status cewek.

dan gunting adalah sosok yang selalu menyakiti si kertas, ga semua cowok kayak gunting kok, contohnya aku :p (eaa :v)

Dan ini mungkin sebatas cerita hanya sebatas rekaan aja sih jadi percaya atau tidak diserahkan ke pribadi masing-masing, ambil aja sisi positifnya, cerita diatas/permainan Batu-Gunting-Kertas ini mengajarkan untuk tidak boleh iri dan memendam benci pada seseorang.

Ada sifat yang bisa diambil dari 2 sosok diatas, contohnya aja si batu emang sih, Balas dendam itu ga baik tapi Batu juga punya peran untuk melindungi si kertas. si kertas yang lembut dan polos yang mau berteman dengan siapa saja, yaa meskipun kita juga harus pilih-pilih teman.

Pilih-pilih yang dimaksud disini adalah bukannya kita ga boleh berteman dengan siapa aja tapi kalian boleh berteman dengan siapapun asalkan teman kalian ga menusuk kalian dari belakang nantinya.Ga mau kan punya teman kayak gitu, bertemanlah pada seseorang yang bisa membuatmu melakukan hal-hal positif.

Sulit memang punya teman yang bisa dipercaya dan benar-benar baik

Semoga bermanfaat! Itulah Cerita dibalik permainan batu gunting kertas  ^_^

Baca juga yang lainnya: Rahasia dibalik film spirited away


Post Comment

Thanks for your comment