Artikel terbaru

Penjara pikiran: Mental Block

Mental Block, anda tau apa itu Mental Block?
Kalo diterjemahkan satu persatu, Mental itu sendiri berarti kondisi psikis seseorang dan Block adalah Penghalang/Hambatan. Jadi Mental Block itu penghalang dari dalam diri sendiri. Oke, saya jelaskan lagi Mental Block adalah suatu bisikan-bisikan hati yang berisi sugesti yang bersifat negatif. Mental Block inilah yang menjadi penghalang kita dalam melakukan sesuatu.

Contohnya: Saat kita dapat skripsi, dan kita ingin mengerjakan skripsi itu tapi dalam hati terasa ga mood atau kita berpikir besok masih ada waktu. dan beribu alasan lainnya. itulah yang disebut Mental Block. Sebuah penghalang yang berasal dalal diri kita sendiri. Tidak cuma itu, Mental Block juga berasal dari orang lain yang secara ga langsung menjatuhkan Mental kita dan semangat kita.

Boleh saja sih minta saran kepada orang lain tapi orang lain belum tentu sependapat dengan kamu, meskipun teman dekat kamu. Yaa, kurasa hal terbaik adalah melakukan dengan cara kamu sendiri.

Jangan takut untuk mencoba, ambil langkah pertama. Kata-kata itu kudapat dari orang yang menginspirasiku, sebut aja kakakku. kakak jadi jadian maksudnya :p

Oke, balik lagi ke Mental Block. Memang rasa takut pasti ada tapi jangan sampai rasa takut itu menjadi penghalang buat kita untuk maju. Kamu tau Wright Bersaudara yang menemukan Pesawat terbang atau Thomas Alva Edison penemu lampu pijar. Apakah mereka tidak memiliki Mental Block? Jelas punya tapi mereka bisa mengatasinya. Kalo mereka tidak bisa mengatasinya kita pasti tidak bisa menikmati terangnya lampu di malam hari atau berpergian jauh lebih mudah dan cepat dengan adanya pesawat terbang.

Mental Block itu tercipta dari pikiran logis.. Tapi sayang, itu hasil dari pikiran logis yang masih dangkal. Belum mengkaji lebih jauh apakah gagasan otak kanan itu benar-benar bakal bikin kita gagal.

Sedangkan, Tuhan sudah menganugerahi otak kita dengan kemampuan yang sangat luar biasa. Terlalu naif kalo kita dengan mudah mengatakan "Aku nggak akan bisa, Aku nggak bakal sanggup, Itu mustahil". Komentar-komentar itu sama aja udah meremehkan anugerah Tuhan yang bernama otak.

Mungkin dulu saat Wright bersaudara bermimpi untuk bisa membuat manusia bisa terbang, mereka juga sempat dihajar sama Mental Block. Malah, mental blocknya bukan hanya dari diri mereka sendiri, orang-orang di sekitar juga pasti ada yang menganggap itu gagasan bodoh. Tapi endingnya? Sekarang kita bisa naik pesawat terbang berkat gagasan mereka itu. Satu-satunya orang yang bakal bener-bener jujur ke kita, ya diri kita sendiri.. So, kita harus percaya diri dong..

Bagaimana cara mengatasi Mental Block?

1. Bangun Kepercayaan diri dan penuhi pikiran dengan sugesti-sugesti positif. Tentu dengan mengubah kata hati menjadi sugesti positif juga

2. Jangan mengeluh dulu, Cukup lakukan. kalah sebelum mencoba?
" Try again, Fail again, Fail better" Lebih baik kita menjelaskan kenapa kita gagal daripada menjelaskan kenapa kita ga mencoba. Paling tidak kita pernah berusaha untuk mencoba..

3. Tuliskan mimpimu dalam sebuah kertas, tuliskan secara rinci dan awali dengan "Aku pasti bisa" atau "Aku punya" dan kata-kata positif lainnya, jangan gunakan kata-kata yang ga pasti contohnya "Aku mungkin", "Aku akan" dan juga tulis pake tangan, Oke?
karena secara ga sadar kita juga memasukkan kata-kata itu ke dalam alam pikiran bawah sadar kita, seperti yang kita tau, Alam bawah sadar80%  yang mengontrol diri kita

4.
Lakukan dan yang paling penting Berdo'a!!

Tuhan ga akan mengubah takdir umatnya kecuali umat itu yang mengubahnya.

Goodluck



Post Comment

Thanks for your comment